Nggak pakai tomat, ini cara memuluskan tekstur wajah kasar dalam waktu singkat pakai 2 jenis minuman

20 September 2023 11:10 WIB

Brilio.net - Beberapa orang harus menghabiskan waktunya di luar ruangan, biasanya ini merupakan tuntutan pekerjaan atau memang senang berada di luar ruangan untuk mengeksplor diri. Berada di luar ruangan jelas membuat mereka menjadi rentan terpapar sinar matahari yang bercampur debu dan polusi. Apabila aktivitas tersebut tidak disertai dengan perlindungan yang tepat, tentu akan berpengaruh pada kesehatan kulit, biasanya kulit terasa lebih kasar.

Mengapa hal tersebut dapat terjadi? Tekstur kulit sehat sejatinya sangat dipengaruhi oleh tingkat produksi kolagen dan elastin sebagai protein penyusun struktur kulit. Di sisi lain, produksi kolagen dan elastin juga sangat dipengaruhi oleh kadar air dan kelembapan alami yang ada dalam kulit.

Terpapar sinar matahari, debu, dan polusi terlalu sering dapat merusak skin barrier yang menjaga kelembapan kulit. Dalam prosesnya, kedua faktor penyusun sel-sel kulit tadi tidak akan beregenerasi dengan baik sehingga kulit pun akan terasa kasar ketika dipegang.

Jika kamu mengalami masalah di atas, nggak perlu khawatir. Selain kini setiap orang bisa membeli beberapa produk skincare yang diformulasikan untuk mengatasi kondisi kulit tersebut, kamu juga bisa memanfaatkan berbagai bahan alami sebagai solusi alternatif yang nggak kalah efektif lho. Salah satu contohnya seperti menggunakan campuran bubuk kopi, susu, dan madu sebagaimana dilansir oleh briliobeauty.net pada Selasa (19/9) dari Instagram @ruchita.ghag.

wajah kasar dalam waktu singkat
freepik.com

Bubuk kopi pada dasarnya kaya akan senyawa antioksidan, seperti asam klorogenat dan asam ferulat, yang dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas. Bubuk kopi juga memiliki sifat eksfolian alami yang efektif membantu mengangkat sel-sel kulit mati. Penggunaan bubuk kopi ini dapat membuat permukaan kulit menjadi lebih halus dan bercahaya.

wajah kasar dalam waktu singkat
freepik.com

Susu merupakan minuman yang kaya akan senyawa asam laktat - dapat membantu proses regenerasi kulit dengan mengelupas sel-sel kulit mati dan merangsang pertumbuhan sel kulit baru. Hal ini dalam prosesnya akan melahirkan kulit dengan tekstur yang lebih lembut. Plus, kandungan susu seperti protein dan vitamin E juga sangat bagus dalam membantu proses meremajakan dan melembapkan kulit agar mencegah efek kasar kedepannya.

wajah kasar dalam waktu singkat
freepik.com

Madu di sisi lain memiliki sifat antibakteri dan antioksidan yang kuat. Kandungan humektan dalam madu membantu menarik dan mengunci kelembapan ke dalam kulit. Artinya, kemampuan hidrasi dari madu ini akan membuat kulit lembap dan kenyal. Selain itu, madu juga membantu mempercepat proses regenerasi sel kulit sehingga membantu mengurangi tekstur kulit kasar dan meningkatkan elastisitasnya.

Nah, ketiga bahan di atas bisa kamu manfaatkan dengan cara sebagai berikut.

Alat dan bahan:

1. 1 sendok makan bubuk kopi
2. 1 sendok makan susu murni
3. 1 sendok makan madu murni
4. Wadah kecil

Langkah pengerjaan:

wajah kasar dalam waktu singkat
Instagram/@ruchita.ghag

1. Masukkan 1 sendok makan bubuk kopi dalam sebuah wadah kecil
2. Tuangkan susu dan madu murni masing-masing 1 sendok makan setelahnya
3. Aduk seluruh bahan hingga tercampur rata dengan konsistensi baik
4. Oleskan campuran ini ke wajah yang telah dibersihkan sebelumnya, lalu diamkan selama 5 menit
5. Setelahnya, gosoklah campuran tersebut dengan lembut selama 2-3 menit
6. Diamkan kembali campuran tersebut selama 10 menit lagi
7. Bila dirasa cukup, bilas dengan air hingga bersih dari sisa residu
8. Lakukan sebanyak 1-2 kali seminggu untuk mendapatkan hasil terbaik

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Ruchita Ghag | Skincare Haircare Beauty (@ruchita.ghag)

(brl/ola)