Nggak perlu beli krim pemutih, begini cara bikin wajah cerah merata pakai 1 jenis biji-bijian

9 November 2023 13:11 WIB

Brilio.net - Memiliki wajah yang kusam memang dapat mengurangi kepercayaan diri. Wajah kusam ditandai dengan kondisi kulit yang tampak lebih gelap, kehilangan cahaya alaminya, kurang fresh, dan terlihat lebih tua dari usia yang sebenarnya.

Banyak faktor yang menjadi penyebab wajah kusam. Seperti seringnya beraktivitas di luar ruangan tanpa memakai tabir surya, sel kulit mati yang menumpuk, polusi, merokok, gaya hidup, stres, dan kurangnya melakukan perawatan pada wajah.

Paparan sinar UV dari matahari adalah penyebab wajah kusam yang paling umum. Pasalnya kulit wajah akan secara otomatis memproduksi melanin sebagai perlindungan alami dari dampak buruk sinar matahari. Hal ini lah yang membuat kulit jadi tampak lebih gelap. Penumpukan sel kulit mati juga menjadi penyebab umum wajah kusam.

Sel kulit mati yang menumpuk akan menghambat kulit dalam melakukan regenerasi, sehingga wajah akan tampak kurang fresh dan kehilangan cahaya alaminya. Masalah kulit ini akan sangat mengganggu penampilan. Maka tak heran banyak yang mencari solusi untuk mengatasi masalah kulit kusam dan membuat wajah jadi cerah merata.

Mulai dengan melakukan perawatan di klinik kecantikan, menggunakan krim pemutih, hingga perawatan dengan bahan-bahan alami. Seperti unggahan dari akun TikTok @erajzaidi1 pada 11 Oktober 2023, membagikan tentang cara bikin wajah cerah merata pakai 1 jenis biji-bijian.

Biji-bijian yang dimaksud adalah biji chia atau chia seed. Ramuan alami ini juga menambahkan bahan lain yaitu susu cair.

"Viral korean skin brightening mask (Masker pencerah kulit korea yang viral)," tulisnya sebagai keterangan video unggahan, yang briliobeauty.net lansir dari akun TikTok @erajzaidi1, Kamis (9/11).

foto: freepik.com

Biji chia atau chia seed memang banyak digunakan sebagai bahan makanan. Hal ini karena manfaatnya yang sangat baik untuk kesehatan tubuh, khususnya untuk pencernaan.

Selain itu, biji chia ternyata juga banyak dimanfaatkan untuk perawatan kulit lho. Salah satunya adalah untuk memutihkan dan meratakan warna kulit.

Hal ini berkat kandungan penting pada chia seed seperti vitamin C, vitamin A, asam folat, besi, dan kalium yang dipercaya dapat meningkatkan elastisitas pada kulit dan membuat wajah terlihat lebih sehat, cerah, serta glowing. Kandungan asam lemak dan antioksidan di dalamnya juga efektif untuk merawat skin barrier.

Susu memang menjadi salah satu bahan alami yang banyak digunakan untuk merawat kulit. Banyak produk skincare yang menggunakan susu sebagai bahan utamanya. Terutama untuk mencerahkan dan memutihkan kulit.

Kandungan asam laktat pada susu diklaim ampuh mengangkat sel kulit mati dan membuat wajah jadi lebih cerah. Bahkan antioksidan dan asam laktat-nya juga efektif dalam melembapkan, memudarkan noda hitam, dan meratakan warna kulit.

foto: TikTok/@erajzaidi1

Kedua bahan itu bisa kamu olah menjadi masker wajah yang ampuh dalam mencerahkan dan meratakan warna kulit. Tanpa membeli krim pemutih, kamu bisa mendapatkan wajah yang tampak lebih cerah merata, glowing, antikusam, dan awet muda. Yuk, simak cara membuat dan mengaplikasikannya.

Bahan:

1. 1-2 sendok makan biji chia
2. Susu cair secukupnya

foto: TikTok/@erajzaidi1

Cara membuat dan mengaplikasikan:

1. Tuangkan biji chia pada wadah
2. Tambahkan susu cair lalu aduk sampai tercampur merata dan teksturnya mengental seperti pasta
3. Cuci wajah terlebih dahulu dan pastikan benar-benar bersih dari kotoran
4. Aplikasikan masker pada wajah secara menyeluruh
5. Diamkan selama 10 menit
6. Scrub wajah secara perlahan sembari dibilas menggunakan air sampai bersih
7. Lanjutkan dengan penggunaan moisturizer
8. Gunakan masker pemutih wajah ini secara rutin 1-2 kali dalam seminggu untuk hasil yang optimal.

(brl/lea)