Nggak perlu beli mouth spray, ini cara atasi bau napas tidak sedap cuma pakai 1 jenis daun

10 / 05 / 2024 13:10 WIB

Brilio.net - Terdapat berbagai permasalahan gigi dan mulut yang cukup mengganggu penampilan dan kenyamanan penderitanya. Sebut saja gigi kuning, gigi berkarang, radang gusi, caries gigi, hingga bau napas yang tidak sedap.

Tak sedikit orang yang kurang menyadari bahwa dirinya sedang mengalami bau mulut yang tidak sedap. Meskipun sudah berpenampilan menarik, memiliki bau mulut yang tidak sedap bisa menurunkan kepercayaan diri. Bau mulut tak sedap ini juga disebut dengan halitosis dalam istilah medis.

Kondisi ini umumnya disebabkan oleh kebiasaan jarang menyikat gigi dan kurangnya menjaga kebersihan mulut. Seperti yang dikutip dari Healthline, bau mulut yang tidak sedap umumnya disebabkan oleh bakteri yang tumbuh karena sisa makanan tersangkut di gigi. Sisa makanan tersebut kemudian melepaskan senyawa belerang berbau busuk.



Jika terus dibiarkan, bakteri penyebab bau mulut akan berkembang biak semakin banyak, hingga membentuk plak dan menghasilkan karang gigi. Tak cuma itu saja, bakteri yang terus berkembang tersebut juga bisa membuat gusi jadi infeksi dan menyebabkan sakit gigi serta radang gusi.

Ketika itu terjadi, bau yang muncul bisa lebih parah dan berkepanjangan. Bahkan saat kamu sudah rajin menyikat gigi. Oleh karena itu, rutin membersihkan gigi sangatlah penting guna menjaga kesehatan dan kebersihan mulut. Selain karena tidak menjaga kebersihan mulut, ternyata bau mulut tidak sedap juga bisa disebabkan oleh beberapa faktor, seperti merokok, makan makanan beraroma kuat, penyakit pencernaan, hingga kondisi medis yang serius.

Untuk mengatasi kondisi ini, banyak orang yang memanfaatkan mouth spray sebagai upaya untuk mengurangi bau mulut yang tidak sedap. Namun cara ini tidaklah efektif, karena kamu hanya bisa menyamarkan bau mulut yang tidak sedap tanpa membunuh bakteri yang berkembang.

Solusinya, kamu bisa memanfaatkan bahan-bahan alami seperti yang dibagikan oleh salah satu pengguna TikTok dengan nama akun @herbalist.page, yang memakai 1 jenis daun untuk mengatasi bau napas tidak sedap. Daun yang digunakan adalah daun sage. Pemilik akun juga menambahkan bahan lain yaitu garam.

foto: TikTok/@herbalist.page

Kandungan daun sage untuk mengatasi bau mulut tidak sedap.

Tak hanya digunakan sebagai bumbu dapur, daun yang masih satu keluarga dengan daun mint ini juga bisa digunakan sebagai obat atau ramuan herbal karena kandungan berbagai senyawa alami di dalamnya. Tak hanya itu saja, daun sage juga mengandung zat bersifat antimikroba yang bermanfaat dalam mencegah terbentuknya plak gigi, sebagai salah satu penyebab bau mulut tidak sedap.

Dilansir dari laman Healthline, daun sage memiliki efek antimikroba, yang dapat melindungi terhadap mikroba yang menyebabkan plak gigi. Bahkan daun ini juga terbukti efektif membunuh bakteri Streptococcus mutans, yang terkenal menyebabkan gigi berlubang dan masalah mulut lainnya, termasuk napas yang berbau tak sedap.

Manfaat garam untuk menyegarkan napas.

Bahan paling sederhana yang dapat mengatasi masalah bau mulut yang tidak sedap adalah garam. Bahan dapur yang satu ini mengandung antimikroba alami yang dapat menyingkirkan bakteri penyebab bau mulut. Tak hanya itu saja, garam ternyata juga efektif untuk mengikis plak dan merontokkan karang gigi, yang menjadi salah satu penyebab bau mulut.

Dua bahan tersebut bisa kamu jadikan sebagai obat kumur alami yang dipercaya efektif untuk menghilangkan bau mulut tidak sedap. Bahkan obat kumur ini juga ampuh mencegah pertumbuhan bakteri penyebab berbagai permasalahan gigi dan mulut. Ini cara membuat dan menggunakannya, seperti yang telah briliobeauty.net lansir dari akun TikTok @herbalist.page, Jumat (10/5).


foto: TikTok/@herbalist.page

Bahan:

- 4-5 lembar daun sage
- Sejumput garam
- 1 cup air

Cara membuat dan menggunakan:

1. Cuci daun sage sampai bersih
2. Potong-potong daun sage menjadi bagian yang lebih kecil
3. Masukkan kedalam panci lalu tambahkan garam dan air
4. Rebus sampai mendidih atau sekitar 5-6 menit
5. Diamkan sampai dingin
6. Saring dan ambil airnya saja
7. Gunakan untuk berkumur-kumur selama 1-2 menit
8. Lakukan cara ini setiap hari setelah menyikat gigi.

foto: TikTok/@herbalist.page