Nggak perlu beli nose strip, cewek ini bagikan cara hilangkan komedo di hidung pakai 1 bahan dapur

29 / 04 / 2024 19:25 WIB

Brilio.net - Komedo menjadi salah satu masalah kulit wajah yang tak kalah meresahkan dari jerawat. Masalah kulit wajah ini biasanya ditandai dengan munculnya bintik-bintik hitam atau putih yang tampak di beberapa area wajah, seperti hidung, dagu, dahi, dan terkadang di pipi. Selain bikin wajah kusam, bertekstur, dan warnanya tidak merata, komedo juga bisa menjadi sumber munculnya jerawat meradang.

Masalah kulit ini terbentuk ketika pori-pori kulit tersumbat oleh sebum (minyak alami kulit), sel kulit mati, dan kotoran (seperti sisa makeup dan hingga debu). Terdapat beberapa faktor yang memengaruhi munculnya komedo, mulai dari produksi minyak atau sebum yang berlebihan, perubahan hormon tubuh, penggunaan produk perawatan kulit yang menyumbat pori-pori, serta ketidakseimbangan nutrisi dalam tubuh akibat terlalu sering mengonsumsi makanan berlemak.

Di area wajah, komedo paling sering muncul di bagian hidung. Pasalnya, hidung adalah area T-zone wajah yang memiliki produksi minyak atau sebum lebih banyak dibandingkan area wajah yang lain, sehingga lebih mudah mengalami sumbatan pori-pori. Jika tak segera dibersihkan, sumbatan pori-pori akan berubah menjadi komedo.

Untuk mengatasi masalah komedo, ada berbagai cara yang bisa kamu lakukan, seperti menjaga kebersihan kulit dengan mencuci wajah secara teratur, menghindari produk yang dapat menyumbat pori-pori, dan menjaga pola makan yang seimbang. Tak hanya itu, kamu juga bisa menggunakan berbagai produk skincare, melakukan perawatan di klinik kecantikan, dan memanfaatkan bahan-bahan alami.

Salah satu produk skincare yang umum digunakan untuk mengatasi komedo adalah nose strip. Produk skincare ini adalah plester yang ditempelkan ke hidung untuk mengangkat komedo. Produk ini bisa diandalkan untuk menghilangkan komedo secara instan.

Tapi sebenarnya ada cara alami yang tak kalah efektif dan lebih ekonomis dari nose strip lho. Seperti cara yang dibagikan seorang cewek melalui akun TikTok pribadinya @bustle pada 28 Juni 2020, yang hanya menggunakan 1 bahan dapur, yaitu baking soda.

"Make sure you moisturize after and only do it once a week! (Pastikan kamu melembapkan setelahnya dan hanya melakukannya seminggu sekali!)," kata sang cewek yang telah briliobeauty.net kutip dari akun TikTok @bustle, Senin (29/4).

foto: TikTok/@bustle

Kandungan dan manfaat baking soda untuk menghilangkan komedo di hidung.

Baking soda atau natrium bikarbonat memang biasa ditemukan di dapur untuk bahan pengembang kue, tetapi sebenarnya baking soda memiliki manfaat lain termasuk untuk kulit wajah. Di Korea Selatan, sudah banyak skincare yang mengandung baking soda agar wajah tampak mulus dan bebas noda.

Bahan dapur ini merupakan garam yang bersifat basa sehingga dapat menetralkan asam. Tak heran bahan ini mampu mengontrol produksi minyak berlebih dan mencegah pertumbuhan bakteri penyebab jerawat, P acnes. Selain itu, buliran baking soda juga cukup lembut untuk digunakan sebagai eksfoliator guna mengangkat sel kulit mati penyebab komedo di sekitar hidung.

Hanya dengan baking soda saja kamu bisa membuat masker atau scrub wajah yang dipercaya efektif untuk menghilangkan komedo di area hidung. Penggunaan yang rutin juga akan membuat wajah lebih halus dan bebas jerawat. Yuk, simak cara membuat dan menggunakannya berikut ini.

foto: TikTok/@bustle

Bahan:

- 1 sendok makan baking soda
- Air secukupnya

Cara membuat dan menggunakan:

1. Tuangkan baking soda pada wadah lalu tambahkan air.
2. Aduk keduanya sampai berbentuk seperti pasta.
3. Cuci wajah terlebih dahulu dan pastikan bersih dari kotoran serta sisa makeup.
4. Aplikasikan masker pada area hidung secara menyeluruh.

foto: TikTok/@bustle

5. Gosok-gosok dengan lembut selama 5 menit.
6. Bilas menggunakan air sampai bersih.
7. Lanjutkan dengan penggunaan moisturizer untuk mencegah iritasi kulit.
8. Lakukan cara ini dengan rutin seminggu sekali untuk mendapatkan wajah yang mulus bebas komedo.