Nggak perlu lemon, TikToker ini bagikan cara atasi flek hitam akibat pigmentasi pakai 1 jenis buah

01 / 05 / 2024 10:45 WIB

Brilio.net - Permasalahan kulit wajah seperti jerawat, kulit kusam, komedo, hingga pigmentasi kulit cukup menganggu penampilan. Apalagi pigmentasi adalah salah satu masalah kulit yang ditandai dengan munculnya bercak atau flek di beberapa area wajah yang menyebabkan warna kulit jadi tidak merata. Biasanya, tanda-tanda awal pigmentasi adalah munculnya flek pada wajah di area dahi, hidung, dan pipi.

Flek yang memiliki warna cokelat kehitaman ini akan muncul semakin banyak jika tak segera diatasi dengan perawatan yang tepat. Umumnya masalah ini disebabkan oleh paparan sinar matahari yang berlebih, apalagi jika wajah tak terlindungi dengan penggunaan tabir surya. Pasalnya, sinar UV matahari akan memicu produksi melanin yang berlebih, sebagai upaya perlindungan alami kulit dari efek buruk sinar matahari.

Nah, melanin yang berlebih inilah yang akan menghasilkan flek hitam atau hiperpigmentasi. Tak hanya itu, pigmentasi kulit juga bisa disebabkan oleh faktor lain, seperti paparan polusi, penggunaan makeup atau skincare yang tidak cocok, hingga efek penuaan dan genetik. Meski tidak menyebabkan masalah kesehatan, namun flek hitam akibat pigmentasi cukup mengganggu penampilan.

Karena itulah, tak heran jika banyak yang mencari cara untuk memudarkan flek hitam lewat perawatan medis, penggunaan skincare khusus pigmentasi, hingga penggunaan bahan-bahan alami. Salah satu bahan alami yang dikenal ampuh pudarkan flek hitam adalah lemon. Padahal, masih ada bahan-bahan alami lainnya yang punya manfaatkan sama, lho.

Seperti yang dibagikan oleh seorang TikToker melalui akun pribadinya @cadittas pada 6 Maret 2023. Bukan dengan lemon, pemilik akun tersebut justru menggunakan pepaya dan tambahan susu untuk memudarkan flek hitam akibat pigmentasi.

Kandungan pepaya untuk memudarkan flek hitam di wajah

foto: TikTok/@cadittas

Pepaya memiliki berbagai kandungan aktif, seperti halnya enzim yang disebut papain. Enzim ini dapat berperan sebagai agen pengelupasan kulit yang sangat baik, karena membantu regenerasi sel kulit baru. Selain itu, kandungan vitamin C yang berperan sebagai antioksidan juga efektif membantu mengurangi pigmentasi kulit dan merangsang terbentuknya kolagen.

Vitamin C di dalamnya juga mampu mencerahkan kulit wajah yang kusam dan tidak merata akibat hiperpigmentasi. Vitamin A yang cukup tinggi dalam pepaya juga merupakan nutrisi penting lain bagi kulit membantu meningkatkan produksi sel kulit baru sekaligus mengurangi flek hitam, noda, dan bekas luka.

Manfaat susu untuk mengatasi pigmentasi kulit wajah

Susu adalah bahan alami yang mengandung berbagai manfaat untuk kulit, seperti vitamin A, vitamin D, dan asam laktat. Kandungan asam laktat pada susu ini banyak dipercaya mampu mencerahkan kulit dan menyamarkan noda hitam akibat hiperpigmentasi. Inilah mengapa ada banyak produk pencerah kulit yang menggunakan susu sebagai agen pencerahnya.

Dilansir dari laman Healthline, susu memiliki kandungan asam laktat yang ampuh mencerahkan wajah dari noda kusam dan flek. Hanya dengan dua bahan tersebut, kamu bisa membuat masker wajah yang dipercaya efektif untuk memudarkan flek hitam akibat pigmentasi kulit. Penggunaan yang rutin akan membuat wajah jadi lebih cerah merata dan bebas flek hitam.

Berikut cara membuat dan menggunakannya seperti yang telah briliobeauty.net lansir dari akun TikTok @cadittas, Selasa (30/4).

Bahan:

foto: TikTok/@cadittas

- 1-2 sendok makan pepaya halus (haluskan dengan menggunakan blender)
- 2 sendok makan susu cair murni

Cara membuat dan menggunakan:

foto: TikTok/@cadittas

1. Tuangkan bahan-bahan pada wadah
2. Aduk keduanya sampai tercampur merata
3. Cuci wajah terlebih dahulu dan pastikan bersih dari kotoran serta makeup yang masih menempel
4. Aplikasikan masker pada wajah secara menyeluruh
5. Diamkan selama 15-20 menit
6. Bilas menggunakan air sampai bersih
7. Lanjutkan dengan penggunaan moisturizer
8. Lakukan cara ini dengan rutin 2-3 kali seminggu untuk mendapatkan wajah yang cerah merata tanpa flek hitam.