Nggak perlu pakai lemon, cara putihkan gigi dan cegah napas bau ini cuma pakai 1 bahan alami

14 / 05 / 2024 18:10 WIB

Brilio.net - Tak sedikit orang yang mengabaikan kebersihan serta kesehatan mulutnya. Padahal mulut adalah bagian tubuh yang rentan mengalami masalah, karena menjadi tempat masuknya berbagai makanan dan minuman. Oleh karena itu, perlu menjaga kebersihannya agar terhindar dari masalah gigi dan napas yang kurang sedap.

Beberapa masalah gigi dan mulut yang cukup sering dialami oleh kebanyakan orang adalah gigi kuning, karang gigi, karies gigi, radang gusi, hingga bau napas yang kurang sedap. Meski begitu, gigi kuning menjadi masalah paling ringan namun dapat berdampak buruk jika terus dibiarkan.

Seiring bertambahnya usia, enamel luar gigi mulai menipis, sehingga kedua lapisan tersebut menjadi terlihat lebih jelas, sehingga gigi jadi kelihatan kuning. Selain faktor usia, kebiasaan minum kopi atau teh, malas menyikat gigi, merokok, serta penumpukan plak dan karang pada gigi juga bisa menimbulkan kesan kekuningan pada gigi.

Tak hanya itu, beberapa kebiasaan tersebut juga membuat napas jadi kurang sedap. Namun jangan khawatir dengan masalah mulut ini, karena ada beberapa cara untuk mengatasinya, yakni dengan menyikat gigi dua kali sehari, menggunakan obat kumur, dan membersihkan sela-sela gigi dengan benang gigi atau dental floss.

Tak hanya itu saja, kamu juga bisa memaksimalkan perawatan dan kebersihan mulut dengan memanfaatkan bahan-bahan alami. Lemon menjadi salah satu bahan alami yang cukup sering digunakan untuk memutihkan gigi dan menghilangkan bau mulut yang kurang sedap. Meski begitu, ternyata ada bahan lain yang tak kalah ampuh dari lemon, lho.

Salah satu pengguna akun TikTok dengan nama @iamomarelka membagikan sebuah video yang menampilkan cara mencerahkan gigi dan cegah napas bau dengan memanfaatkan satu bahan dapur. Dalam video tersebut, bahan dapur yang digunakan adalah garam. Tak perlu bahan tambahan lain, garam ini hanya dimanfaatkan dengan tambahan air hangat.

foto: TikTok/@iamomarelka

Kandungan garam untuk mengatasi gigi kuning dan bau napas kurang sedap

Garam adalah bahan dapur yang kaya akan kandungan mineral, kalsium, fosfor, dan fluor. Berbagai kandungan tersebut dipercaya mampu membantu menjaga kesehatan gigi dan mulut. Garam juga merupakan antiseptik alami yang dapat membasmi bakteri. Bahkan garam juga dapat membantu melepaskan partikel makanan dan kotoran di sela-sela gigi yang menjadi tempat berkembangnya bakteri.

Kandungan antimikroba alami di dalamnya juga dapat menyingkirkan bakteri penyebab bau napas yang kurang sedap. Tak hanya itu saja, garam ternyata efektif untuk mengikis plak dan merontokkan karang gigi yang menjadi salah satu penyebab bau mulut.

Cukup dengan garam saja, kamu bisa membuat obat kumur yang diklaim efektif untuk mengurangi dan mencegah gigi kuning. Tak hanya itu saja, obat kumur ini juga ampuh untuk menghilangkan bau napas yang kurang sedap. Berikut cara membuat dan menggunakannya, seperti briliobeauty.net lansir dari akun TikTok @iamomarelka, Selasa (14/5).

Bahan:

foto: TikTok/@iamomarelka

- 1 gelas air hangat
- 1 sendok makan garam

Cara membuat dan menggunakan:

foto: TikTok/@iamomarelka

1. Tuangkan garam pada gelas yang berisi air hangat
2. Aduk-aduk hingga garam larut
3. Gunakan untuk berkumur-kumur selama 1 menit
4. Lakukan hingga 2-3 kali
5. Ulangi cara ini dengan rutin setiap hari setelah menyikat gigi.