Nggak perlu petroleum jelly, ini cara bikin kuku panjang dan antirapuh pakai 1 jenis rempah dapur

7 Agustus 2023 17:10 WIB

Brilio.net - Kuku merupakan salah satu bagian tubuh yang tidak disadari memiliki manfaat dalam kehidupan. Bayangkan ketika semua pekerjaan di kantor maupun di rumah dilakukan tanpa adanya kuku di setiap jari-jari, pastinya sangat nggak nyaman bukan? Apalagi, tanpa adanya lapisan kuku, semua polusi dan debu mudah menempel di bagian dalam jari-jari kamu, sehingga jadi mudah infeksi.

Makanya menjaga kesehatan kuku itu termasuk cukup penting, lho. Meskipun terlihat keras dari luar, pada dasarnya kuku rentan rapuh dan patah karena beberapa alasan yang terkadang tidak disadari. Pertama, kegiatan sehari-hari yang melibatkan paparan air, seperti mencuci hingga mandi terlalu sering dapat membuat kuku jadi cepat kering dan membuat lapisan kuku melemah dan mudah patah.

Selain itu, kebiasaan buruk seperti menggigit kuku juga dapat membuat kuku terlihat rapuh dan jelek. Tidak hanya itu, kekurangan asupan zat besi, kalsium, vitamin D, dan protein juga dapat melemahkan potensi pertumbuhan kuku yang lebih kuat. Bagi kamu yang punya masalah kuku yang rentan patah dan rusak, kamu bisa memanfaatkan berbagai bahan alami di sekitar.

Salah satunya adalah dengan memanfaatkan campuran bawang putih, lemon, dan minyak jarak seperti yang diperagakan oleh @mysha_beauty_queen di Instagram sebagaimana dilansir briliobeauty.net pada Senin (6/8). Kandungan senyawa sulfur, selenium, dan biotin dalam bawang putih dapat meningkatkan produksi keratin sebagai protein yang penting untuk kesehatan kuku.

foto: freepik.com

Selain itu, bawang putih juga memiliki sifat antioksidan dan antijamur yang dapat melindungi kuku dari infeksi dan kerusakan, sehingga juga mengurangi potensi kerapuhan. Selain itu, adanya ekstrak lemon juga dapat menjadi solusi efektif dalam mengatasi kuku rapuh dan mudah patah. Pasalnya, lemon mengandung asam sitrat yang membantu membersihkan kuku dan mencegah peradangan.

foto: freepik.com

Selain itu, kandungan vitamin C dalam lemon berperan penting dalam produksi kolagen yang diperlukan sebagai salah satu bahan penyusun struktur kuku. Stimulasi kolagen akan membantu proses dari pertumbuhan kuku yang kuat tersebut. Sementara minyak jarak yang diekstraksi dari biji tanaman jarak, memiliki kandungan yang kaya akan asam lemak dan vitamin yang bermanfaat bagi kesehatan kuku.

foto: freepik.com

Asam lemak berupa asam ricinoleat yang terkandung dalam minyak jarak dapat merangsang pertumbuhan kuku yang sehat dengan memberikan kelembapan alami pada kuku dan menjaga elastisitasnya. Minyak jarak juga mengandung vitamin E, protein, dan mineral sebagai komponen yang membantu memperkuat struktur kuku.

Selain itu, sifat antimikroba dan antiinflamasi pada minyak jarak turut mengurangi potensi kerusakan dan kerapuhan pada kuku. Nah, ketiga bahan di atas ini bisa kamu manfaatkan dengan cara sebagai berikut.

Alat dan bahan:

1. Bawang putih secukupnya
2. 1/2 potong buah lemon
3. 1 sendok teh minyak jarak
4. Alat parut
5. Wadah atau jar kecil

Langkah pengerjaan:

foto: Instagram/@mysha_beauty_queen

1. Ambillah beberapa bawang putih dan parutlah hingga halus dalam sebuah wadah kecil
2. Peraslah 1/2 potong buah lemon dan masukkan perasannya ke dalam wadah tadi
3. Tambahkan 1 sendok teh minyak jarak setelahnya
4. Aduk hingga seluruh bahan tercampur rata
5. Oleskan ke bagian kuku yang bermasalah sekali sehari sembari dipijat
6. Diamkan selama semalaman, lalu bilas di pagi harinya.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Mysha beauty queen (influencer) (@mysha_beauty_queen)

(brl/mal)