Nggak perlu suntik whitening, ini cara atasi kulit kusam agar kembali glowing pakai 1 jenis buah

30 Agustus 2023 16:10 WIB

Brilio.net - Wajah kusam membuat penampilan menjadi kurang maksimal. Pasalnya, kondisi kulit ini membuat seseorang terlihat kurang segar. Penyebab utama kulit kusam adalah adanya penumpukan sel kulit mati, polusi, dan kotoran di permukaan kulit. Selain itu, kurangnya hidrasi juga membuat kulit kusam terlihat lebih kering.

Sementara itu, kondisi kulit kusam akan semakin terlihat jika kulit terlalu sering terpapar sinar matahari. Paparan sinar UV diketahui dapat merusak protein di dalam kulit, seperti kolagen dan elastin. Akibatnya, penuaan dini pada kulit mulai muncul. Tidak hanya itu, paparan sinar matahari juga dapat merangsang produksi melanin. Maka dari itu, membuat warna kulit menjadi tidak merata dan menyebabkan noda hitam.

Agar kulit kusam kembali cerah dan glowing, kamu bisa mulai merawat dengan berbagai cara. Ada yang menggunakan cara instan seperti suntik whitening di klinik kecantikan. Ada pula memakai treatment kecantikan yang memanfaatkan bahan-bahan alami.

Selain aman untuk digunakan, bahan alami juga cukup ramah dikantong. Kamu bisa memanfaatkan satu jenis buah, seperti kiwi yang dibuat menjadi krim. Buah ini mengandung vitamin C yang merangsang produksi kolagen, menjaga elastisitas, dan mencerahkan. Adanya vitamin K, E, dan A ini mampu menyehatkan kulit secara keseluruhan.

Sementara itu, bahan tambahan yaitu kentang, mengandung vitamin B kompleks dan vitamin C. Kandungan tersebut mampu mencerahkan secara alami dan meredakan peradangan. Adanya kandungan antioksidan dan asam salisilat di dalam lidah buaya dapat menghilangkan sel kulit mati. Bahkan bisa merangsang pertumbuhan sel kulit baru.

Lantas bagaimana cara membuat krim dari bahan-bahan di atas? Yuk, simak tutorial yang dibagikan oleh pengguna YouTube Aromatalks, Rabu (30/8).

Bahan-bahan:

cara atasi kulit kusam agar kembali glowing
YouTube/aromatalks

1. 1 buah kentang
2. 1 buah kiwi
3. 1 sendok makan lidah buaya
4. 1 kapsul vitamin E

Cara membuat:

cara atasi kulit kusam agar kembali glowing
YouTube/aromatalks

1. Kupas buah kiwi terlebih dahulu
2. Potong-potong buah kiwi menjadi beberapa bagian
3. Bersihkan kentang dan cuci hingga bersih
4. Parut kentang tersebut dengan tekstur halus
5. Masukkan ke dalam saringan dan peras hingga keluar sarinya
6. Haluskan kiwi dan peras
7. Campurkan lidah buaya dengan sari kentang dan buah kiwi
8. Masukkan vitamin E ke dalam wadah tersebut
9. Aduk semua bahan hingga tercampur rata
10. Simpan krim tersebut ke dalam jar skincare.

Cara menggunakan:

cara atasi kulit kusam agar kembali glowing
YouTube/aromatalks

1. Pastikan wajah dan leher bersih terlebih dahulu
2. Oleskan krim tersebut secara merata
3. Biarkan beberapa menit
4. Bilas dengan menggunakan air biasa.

(brl/ola)