Oatmeal dicampur 1 bahan pemanis ini bisa atasi jerawat meradang, begini cara membuat dan memakainya

16 Oktober 2024 09:30 WIB

Brilio.net - Jerawat meradang terjadi ketika folikel rambut terinfeksi oleh bakteri dan tersumbat oleh minyak serta sel-sel kulit mati. Proses ini seringkali dipicu oleh perubahan hormonal, stres, atau penggunaan produk perawatan kulit yang tidak tepat.

Umumnya, gejala ini menunjukkan adanya kemerahan pembengkakan, dan nyeri pada area yang terkena. Jerawat meradang lebih parah dibandingkan jerawat biasa, dan dapat menyebabkan bekas luka jika tidak ditangani dengan baik.

Sebagian orang mungkin mengalami flare-up setelah mengonsumsi makanan tertentu, seperti makanan tinggi gula atau lemak. Selain itu, stres juga menjadi salah satu pemicu timbulnya jerawat, karena dapat meningkatkan produksi hormon yang merangsang kelenjar minyak.

Meski umumnya dialami oleh remaja, tak menutup kemungkinan jerawat meradang juga dialami oleh orang dewasa. Tentu saja hal ini dapat menurunkan kepercayaan diri seseorang, sehingga membuat mereka mencari cara untuk segera mengatasinya. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan bahan-bahan alami.

Oatmeal dicampur 1 bahan pemanis bisa atasi jerawat meradang
TikTok/@thandyd_

Seperti yang dibagikan oleh pengguna TikTok dengan nama akun @thandyd_, yang memakai oatmeal dicampur 1 bahan pemanis. Bahan pemanis yang dimaksud adalah madu. Yuk, simak cara membuat dan memakainya berikut ini, yang briliobeauty.net lansir pada Rabu (16/10).

Bahan:

- 1 cup oatmeal
- Madu secukupnya
- Air secukupnya

Oatmeal dicampur 1 bahan pemanis bisa atasi jerawat meradang
TikTok/@thandyd_

Cara membuat dan memakai:

1. Haluskan oatmeal menggunakan blender
2. Pindahkan pada wadah bersih
3. Tambahkan madu dan air
4. Aduk bahan-bahan tersebut sampai tercampur merata dan teksturnya seperti pasta
5. Aplikasikan pada wajah yang sudah bersih secara menyeluruh
6. Diamkan selama 20 menit atau sampai kering
7. Bilas menggunakan air sampai bersih
8. Lakukan cara ini dengan rutin 2-3 kali seminggu untuk mendapatkan hasil yang optimal.

Oatmeal dicampur 1 bahan pemanis bisa atasi jerawat meradang
TikTok/@thandyd_

Kandungan oatmeal untuk mengurangi jerawat meradang di wajah.

Oatmeal dapat mengurangi jerawat meradang di wajah karena memiliki sifat anti-inflamasi yang membantu menenangkan kulit yang teriritasi. Kandungan avenanthramides dalam oatmeal bekerja untuk mengurangi kemerahan dan pembengkakan, sementara sifat antibakterinya dapat membantu melawan bakteri penyebab jerawat.

Manfaat madu untuk meredakan peradangan akibat jerawat.

Madu dapat meredakan peradangan jerawat di wajah karena memiliki sifat antibakteri dan anti-inflamasi yang efektif. Senyawa seperti peroksida hidrogen yang terdapat dalam madu membantu membunuh bakteri penyebab jerawat, sementara sifat anti-inflamasinya dapat mengurangi kemerahan dan bengkak pada area yang meradang.

(brl/ola)