Pakai sunscreen buat lindungi kulit dari sinar matahari, wanita ini alami alergi hingga wajah memerah

20 Juli 2024 23:59 WIB

Brilio.net - Penggunaan sunscreen pada wajah begitu penting lantaran agar wajah selalu sehat dan bebas masalah kulit. Apalagi paparan sinar matahari yang mengenai kulit secara langsung bisa mengakibatkan sejumlah masalah pada wajah. Mulai dari sunburn, jerawat, berminyak, dan pemicu penuaan dini.

Perlu kamu ketahui, penggunaan sunscreen atau tabir surya yang mengandung sunblock, bisa melindungi kulit dari paparan sinar UVA dan UVB. Meski punya kegunaan yang begitu penting, bagi sebagian orang sunscreen bisa menyebabkan terjadinya reaksi alergi.

Reaksi alergi pada setiap orang berbeda. Ada yang mengalami iritasi, beruntusan, hingga jerawatan. Reaksi alergi ini seperti yang terjadi pada wanita bernama Emily Jacobs. Lewat unggahan video di akun TikTok @emilyjacobs44, ia membagikan pengalamannya menggunakan produk sunscreen yang tak cocok.

"Ini wajah ku setelah terkena reaksi alergi terhadap tabir surya," kata Emily.

foto: TikTok/@emilyjacobs44

Lewat unggahan yang berdurasi beberapa detik, Emily mengungkapkan pagi hari setelah menggunakan sunscreen, bagian dahi dan bawah mata seperti mengalami kemerahan. Pembengkakan dan kemerahan ini menyebar hampir ke seluruh wajah. Beberapa hari kemudian pembengkakan pada wajah Emily mulai menghilang, namun tidak dengan kemerahannya.

"Tapi itu sangat kasar dan tidak begitu terlihat pada kamera. Tapi ada ratusan beruntusan sangat kecil seperti whiteheads (tipe jerawat atau acne vulgaris)," ujarnya.

foto: TikTok/@emilyjacobs44

Wajahnya yang beruntusan membuat Emily tak tahan untuk mengelupasnya dengan tangan. Aksinya itu tentu berisiko, lantaran ada berbagai kotoran yang menempel pada tangan.

Akibatnya tidak hanya terjadi pada wajah saja, namun beruntusan juga muncul pada leher hingga meninggalkan noda.

"Iya ini dari tabir surya Biosance. Mereka (ganti rugi) mengembalikan uangku," ujarnya.

foto: TikTok/@emilyjacobs44

Mengalami reaksi alergi pada produk sunscreen, membuat Emily berpikir bahwa ada yang salah dengan produk kecantikan itu. Untungnya selama beberapa hari kini wajahnya sudah kembali normal. Tidak diketahui pasti apakah Emily mengambil tindakan perawatan atau membiarkannya saja sampai hilang.

Sementara itu, unggahan reaksi alergi yang dialami Emily menuai berbagai komentar dari netizen. Video-nya sudah ditonton lebih dari 157 ribu kali.

"Saya juga punya masalah yang sama, tapi ini dikarenakan kulit yang terbakar sinar matahari" ujar akun @asiya.

"Itulah yang terjadi pada saya! Apakah sudah kadaluwarsa? Tapi kamu juga bisa terkena alergi " timpal Emily.

"apakah ada yang bisa membantu!? saya mempunyai reaksi yang sama persis + bengkak pada sunbum face suncream apakah ada yang membantu!?!?" Tanya akun @ella.

"Ya, pergilah ke toko dan dapatkan krim cortizone 10! Itu sangat membantu dengan sangat cepat. Hanya saja, jangan menggunakannya lebih dari 4 hari." Jawab Emily.

(brl/psa)