Perjuangan cewek berwajah iritasi dan mengelupas akibat salah pakai retinol bikin takjub, ini triknya

12 Agustus 2024 09:23 WIB

Brilio.net - Retinol adalah bentuk vitamin A yang sering digunakan dalam produk skincare. Retinol berfungsi meningkatkan kesehatan dan penampilan kulit, terutama untuk perawatan antiaging. Retinol bekerja dengan merangsang produksi kolagen dan mempercepat pergantian sel kulit, sehingga membantu mengurangi tampilan garis halus, keriput, dan hiperpigmentasi.

Selain itu, retinol juga efektif mengatasi tekstur kulit dan pori-pori yang membesar dengan mengelupas sel-sel kulit mati secara lembut. Penggunaan retinol secara rutin dapat meningkatkan kecerahan kulit dan memberikan tampilan lebih halus sekaligus awet muda.

Namun, karena retinol dapat menyebabkan sensitivitas kulit, penting untuk menggunakannya dengan hati-hati. Jangan lupa pula untuk melindungi kulit dari sinar matahari dengan sunscreen. Pasalnya, jika penggunaannya tak sesuai aturan, berisiko merusak kulit dan berakibat pada iritasi.

Sama seperti yang dialami oleh pengguna TikTok dengan nama akun @thessya173_, yang mengalami iritasi dan mengelupas usai salah menggunakan retinol. Meski begitu, ia memiliki trik sampai berhasil menyembuhkan iritasi di wajahnya, hingga kulit wajahnya kembali mulus dan sehat.

foto: TikTok/@thessya173_

"STOP PAKE RETINOL KALAU g PAHAM ILMUNYA," katanya dalam keterangan unggahan, yang briliobeauty.net kutip dari akun TikTok @thessya173_, Senin (12/8).

Lewat unggahannya, pemilik akun yang diketahui bernama Thessya itu awalnya berniat untuk memakai skincare dengan kandungan retinol. Namun sayangnya, karena kurang pengetahuan, ia memakai retinol dua kali sehari saat pagi dan malam hari. Tak hanya itu saja, ia juga memakainya selama 3 hari berturut-turut. Padahal penggunaan retinol hanya dianjurkan sebanyak 1-2 kali dalam seminggu.

Alhasil, wajahnya jadi iritasi hingga kemerahan. Thessya juga merasakan perih dan panas di wajahnya. Untuk mengurangi rasa perih dan panas, Thessya sampai menggunakan calming spray yang disemprotkan di kapas, lalu menempelkannya di wajah.

foto: TikTok/@thessya173_

Setelah menggunakan calming spray tersebut, kemerahan di wajahnya mulai memudar. Namun wajahnya justru terasa kebas dan kulitnya mengelupas. Selang beberapa lama, iritasi di wajahnya berkurang dan mulai membaik. Tak sampai di situ saja, setelah salah menggunakan retinol, wajahnya juga mudah terbakar dan tampak kemerahan jika terkena sinar matahari.

"Oh ternyata gara2 produk skincare baru aku ada kandungan merkuri, maybe," katanya.

foto: TikTok/@thessya173_

Karena hal itu, Thessya akhirnya memutuskan untuk berhenti menggunakan skincare paketan yang ia pakai, dan beralih menggunakan basic skincare saja. Basic skincare yang ia maksud adalah facial wash, calming spray, toner dengan kandungan hyaluronic acid, serum wajah yang gentle, pelembap, dan sunscreen.

Thessya juga turut merawat wajahnya dengan menggunakan masker wajah yang memiliki efek pencerah, calming, dan kandungan yang gentle. Alhasil, wajahnya kembali sehat, cerah, dan bebas dari iritasi.

foto: TikTok/@thessya173_

(brl/lut)