Produk olahan susu ini bisa pudarkan pigmentasi di wajah, begini cara meracik dan memakainya

22 Juli 2024 10:25 WIB

Brilio.net - Pigmentasi kulit menjadi salah satu masalah kulit yang ditandai dengan munculnya bercak pada kulit dan menyebabkan warna kulit tidak merata. Biasanya, kondisi ini paling sering muncul di area wajah.

Masalah kulit yang satu ini terjadi karena tubuh memproduksi terlalu banyak melanin atau pigmen kulit yang dipicu oleh paparan sinar UVA dari matahari, gaya hidup, polusi, permasalahan hormonal, pemakaian pil KB, serta masalah kesehatan lainnya.

Tak hanya itu saja, pigmentasi kulit juga terkadang muncul akibat efek penuaan. Pasalnya, ketika seseorang menua, maka kemampuan kulit dalam meregenerasi diri mulai mengalami perlambatan.

Nah, jika kamu mengalami permasalahan ini, tak perlu risau, karena kamu bisa melakukan berbagai perawatan untuk mengatasi pigmentasi yang muncul di wajah. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan bahan-bahan rumahan yang ramah di kantong dan efektif jika digunakan secara rutin.

Seperti halnya yang dibagikan oleh salah satu pengguna TikTok dengan nama akun @camy.hati, yang memakai produk olahan susu, yaitu yoghurt untuk memudarkan pigmentasi wajah. Tak hanya itu saja, dia juga menambahkan bahan lain yaitu bubuk kunyit dan madu.

Produk olahan susu bisa pudarkan pigmentasi di wajah
TikTok/@camy.hati

Setelah mengetahui bahan-bahannya, yuk, simak cara meracik dan memakainya, yang telah briliobeauty.net lansir dari akun TikTok @camy.hati, Senin (22/7).

Bahan:

- 1 sendok teh bubuk kunyit
- Madu secukupnya
- 1 sendok teh yoghurt plain

Produk olahan susu bisa pudarkan pigmentasi di wajah
TikTok/@camy.hati

Cara meracik dan memakai:

1. Tuangkan bahan-bahan pada wadah bersih
2. Aduk ketiga bahan tersebut sampai tercampur merata dan teksturnya seperti pasta
3. Cuci wajah terlebih dahulu dan keringkan
4. Aplikasikan masker pada wajah secara menyeluruh
5. Diamkan selama 10 menit atau sampai kering
6. Bilas menggunakan air sampai bersih
7. Keringkan wajah menggunakan handuk
8. Lanjutkan dengan penggunaan moisturizer
9. Lakukan cara ini dengan rutin 2-3 kali seminggu untuk mendapatkan hasil yang optimal.

Produk olahan susu bisa pudarkan pigmentasi di wajah
TikTok/@camy.hati

Kandungan bubuk kunyit untuk menghilangkan pigmentasi wajah.

Dilansir dari laman Healthline, manfaat kunyit untuk kecantikan, diperoleh berkat komponen bioaktif kurkumin yang terkandung di dalamnya. Kurkumin memiliki sifat antiinflamasi dan antioksidan, sehingga dapat menangkal radikal bebas penyebab pigmentasi wajah. Tak hanya itu saja, kunyit juga mengandung vitamin yang mampu mencegah pembentukan melanin dan menunda penuaan kulit.

Manfaat madu untuk mengatasi pigmentasi wajah.

Kandungan gula yang tinggi pada madu dipercaya mampu berperan sebagai eksfoliator kulit. Madu juga memiliki senyawa antioksidan, sehingga dapat membantu mengatasi berbagai macam masalah kulit, salah satunya adalah pigmentasi kulit. Sifat eksfoliator tersebut juga diklaim mampu meratakan warna kulit wajah, dan membuatnya lembap serta cerah merata.

Yoghurt efektif memudarkan tampilan pigmentasi di kulit wajah.

Yoghurt mengandung asam laktat yang bekerja dengan menghambat produksi enzim tirosinase. Tirosinase sendiri merupakan enzim yang bertanggung jawab memproduksi melanin, yakni pigmen yang membuat warna kulit berbintik hitam dan tampak lebih gelap. Ketika produksi melanin terhambat, maka kulit gelap, pigmentasi, dan kusam dapat berubah jadi tampak cerah dan sehat. Sifat pencerahnya juga efektif memudarkan tampilan pigmentasi di kulit wajah, lho.

(brl/ola)