Produk pelembap ini bisa atasi komedo membandel di hidung, begini cara pakainya

20 Agustus 2024 17:11 WIB

Brilio.net - Komedo merupakan masalah kulit yang sering kali mengganggu penampilan dan kepercayaan diri banyak orang. Terutama pada area hidung, komedo dapat menjadi perhatian khusus karena posisinya yang mencolok dan mudah terlihat.

Masalah kulit wajah ini menjadi bentuk awal dari jerawat, yang terjadi ketika pori-pori kulit tersumbat oleh sebum (minyak alami kulit), sel-sel kulit mati, dan kotoran. Hidung merupakan area dengan produksi minyak yang relatif tinggi, komedo sering kali menjadi masalah yang mencolok.

Penyebab utama komedo meliputi produksi minyak yang berlebihan, penumpukan sel-sel kulit mati, serta faktor-faktor hormonal seperti perubahan hormon selama masa pubertas atau menstruasi. Selain itu, penggunaan produk perawatan kulit yang tidak sesuai dengan jenis kulit juga dapat memperburuk kondisi ini.

foto: TikTok/@boxycharm

Cukup mengganggu penampilan, banyak orang mencari cara untuk menghilangkan komedo di area hidung. Salah satunya seperti yang dibagikan oleh pengguna TikTok dengan nama akun @boxycharm, yang menggunakan produk pelembap untuk mengatasi komedo di area hidung.

Produk pelembap yang dimaksud adalah petroleum jelly. Penasaran dengan cara meramunya kan? Yuk, simak cara pakainya, yang telah briliobeauty.net lansir dari akun TikTok @boxycharm, Selasa (20/8).

Bahan:

- Petroleum jelly secukupnya
- Plastik wrap

foto: TikTok/@boxycharm

Cara memakai:

1. Cuci wajah terlebih dahulu dan pastikan bersih dari kotoran serta sisa makeup
2. Keringkan wajah dengan menggunakan handuk
3. Oleskan petroleum jelly ke area hidung secukupnya
4. Tutup dengan plastik wrap dan diamkan selama 15-30 menit
5. Buka plastik wrap lalu lap hidung menggunakan tisu
6. Bilas wajah menggunakan air hangat sembari gosok-gosok hidung dengan lembut, hingga tak ada sisa petroleum jelly di wajah
7. Lakukan metode ini dengan rutin 2-3 kali seminggu untuk mendapatkan hidung yang bebas komedo.

foto: TikTok/@boxycharm

Kandungan dan manfaat petroleum jelly untuk menghilangkan komedo di hidung.

Petroleum jelly sering kali dianggap sebagai solusi sederhana untuk berbagai masalah kulit, termasuk komedo di hidung. Mekanisme kerjanya yang terkenal adalah memberikan lapisan pelindung pada kulit yang bisa mengunci kelembapan. Namun, dalam hal mengatasi komedo, petroleum jelly berfungsi dengan cara yang sedikit berbeda.

Ketika petroleum jelly dioleskan pada area yang memiliki komedo, ia menciptakan lapisan tebal yang mencegah kotoran dan minyak baru menempel pada kulit. Selain itu, penggunaan petroleum jelly juga dapat memudahkan proses eksfoliasi. Tak heran jika bahan pelembap ini juga efektif untuk menghilangkan komedo di area hidung.

(brl/lea)