Putih dalam 7 hari, begini trik kembalikan kulit kusam jadi cerah hanya pakai 2 jenis makanan

27 Oktober 2023 10:10 WIB

Brilio.net - Kulit kusam merupakan istilah yang menggambarkan kondisi ketika kulit tampak kurang cerah dan tidak segar. Masalah kulit kusam bisa muncul di wajah hingga area kulit lainnya seperti tangan dan kaki. Salah satu faktor yang paling berpengaruh terhadap munculnya masalah tersebut adalah faktor lingkungan, seperti paparan sinar matahari dan polusi.

Hal ini disebabkan baik polusi maupun sinar ultraviolet dari matahari tidak hanya merusak struktur kolagen kulit, namun juga memicu penumpukan pigmen warna yang memicu hiperpigmentasi. Dalam prosesnya, hal ini akan mengurangi tingkat kecerahan alami kulit dan memberi kesan kotor.

Selain faktor lingkungan, gaya hidup yang tidak sehat sejatinya juga dapat memengaruhi tingkat kecerahan kulit. Konsumsi makanan berlemak dan tinggi gula, stres, minim istirahat, dan kurang olahraga sekalipun dapat menyebabkan tubuh sulit menyuplai nutrisi baik pada kulit. Akhirnya, hal ini lama-kelamaan akan merusak kulit dari dalam dan membuat berbagai masalah muncul, termasuk kondisi kulit kusam tadi.

Untuk menghindari kondisi kulit dari kusam, kamu nggak perlu ribet sampai melakukan perawatan mahal kok. Soalnya, ada bahan-bahan alami yang bisa kamu manfaatkan untuk mencapai kulit yang sehat dan cerah. Salah satunya seperti yang dibagikan oleh @wulan_bahtiar di Instagram sebagaimana dilansir briliobeauty.net pada Jumat (27/10) yang menggunakan campuran oats dan mentimun sebagai solusinya.

foto: freepik.com

Oats merupakan sejenis makanan alternatif yang kaya akan senyawa bernama avenanthramides yang memiliki sifat anti-inflamasi. Hal ini membuat oats bisa membantu mengurangi peradangan pada kulit dan mengurangi risiko hiperpigmentasi akibat paparan sinar matahari maupun radikal bebas. Selain itu, sifat eksfoliatif ringan dari tekstur oats dapat membantu menghilangkan sel-sel kulit mati sekaligus memperbaiki tekstur dan mengurangi flek hitam yang menutup kecerahan alami kulit.

foto: freepik.com

Mentimun adalah buah yang banyak mengandung air dan nutrisi penting seperti vitamin C dan K, asam folat, dan mineral. Hal ini membuat timun efektif dalam memberi efek menyegarkan dan menghidrasi kulit. Selain itu, vitamin C dan caffeic acid di dalamnya memiliki sifat antioksidan yang mampu mengurangi efek penggelapan pada kulit.

Kedua bahan di atas ini bisa kamu manfaatkan dengan cara sebagai berikut.

Alat dan bahan:

1. 1/2 potong buah mentimun segar
2. Oats secukupya
3. Wadah kecil
4. Alat pemarut

foto: Instagram/@wulan_bahtiar

Langkah pengerjaan:

1. Potonglah 1/2 buah mentimun segar, lalu parut hingga membentuk buliran halus.
2. Tambahkan oats secukupnya dalam wadah berisi buliran timun tadi.
3. Aduk keduanya hingga tercampur rata.
4. Aplikasikan campuran ini pada wajah dan kulit badan yang telah dibersihkan sebelumnya.
5. Gosoklah dengan lembut campuran tadi selama beberapa menit, lalu diamkan sebelum dibilas hingga bersih.
6. Gunakan secara rutin untuk mendapatkan hasil maksimal.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Mama Rezky (@wulan_bahtiar)

(brl/wen)