Rempah dapur ini bisa segarkan mulut bau asam, begini cara mengolah dan menggunakannya

26 Juni 2024 11:10 WIB

Brilio.net - Masalah di area mulut tak hanya berhenti pada gigi kuning dan radang gusi saja. Salah satu masalah mulut lainnya yang juga sering dialami oleh kebanyakan orang adalah bau mulut yang tak sedap. Kondisi ini biasanya terjadi pada orang yang kurang menjaga kebersihan mulut dengan baik.

Dikutip dari laman Healthline, bau mulut yang tak sedap biasanya disebabkan oleh bakteri yang tumbuh karena sisa makanan tersangkut di gigi. Sisa makanan tersebut kemudian berubah menjadi plak gigi dan melepaskan senyawa belerang yang menyebabkan mulut jadi berbau asam.

Jika terus dibiarkan, bakteri penyebab bau mulut tersebut akan berkembang biak semakin banyak, hingga membentuk karang gigi. Selain itu, bakteri yang terus berkembang tersebut juga bisa membuat gusi jadi infeksi dan menyebabkan nyeri atau sakit gigi.

Jika kamu mengalaminya, tak perlu khawatir. Karena kamu bisa mengatasinya dengan memanfaatkan bahan-bahan alami. Bahkan kamu bisa menemukannya di dapur lho. Seperti unggahan yang dibagikan oleh salah satu pengguna TikTok dengan nama akun @syrahabdrahman, dia memakai rempah dapur untuk segarkan mulut bau asam.

Rempah dapur cengkeh bisa segarkan mulut bau asam
TikTok/@syrahabdrahman

Rempah dapur yang dimaksud adalah cengkeh. Dia juga menambahkan bahan lain yaitu jeruk nipis. Yuk, simak cara mengolah dan menggunakannya, seperti yang telah briliobeauty.net lansir dari akun TikTok @syrahabdrahman, Rabu (26/6).

Bahan:

- 5 biji cengkeh
- 2 irisan jeruk nipis
- Segelas air

Rempah dapur cengkeh bisa segarkan mulut bau asam
TikTok/@syrahabdrahman

Cara mengolah dan menggunakan:

1. Masukkan bahan-bahan pada wadah yang tahan panas
2. Panaskan bahan-bahan tersebut menggunakan api kecil selama 7-8 menit
3. Matikan kompor lalu tuangkan pada gelas
4. Saring dan ambil airnya saja
5. Tunggu sampai agak dingin atau terasa hangat
6. Minum ramuan penghilang bau mulut asam ini secara rutin setiap hari saat pagi atau malam hari.

Rempah dapur cengkeh bisa segarkan mulut bau asam
TikTok/@syrahabdrahman

Kandungan cengkeh untuk menghilangkan bau mulut tak sedap.

Cengkeh mengandung antifungal, antiseptik, serta antibakteri untuk mengurangi bakteri dan jamur yang berkembang di mulut. Kandungan antibakteri alami dalam cengkeh akan membasmi bakteri penyebab bau mulut terasa asam sehingga nafas lebih segar. Tak hanya itu saja, cengkeh juga efektif mengurangi pembentukan plak dan karang gigi penyebab bau mulut yang tak kunjung hilang.

Manfaat jeruk nipis untuk bikin mulut auto segar.

Kandungan minyak limonoid dalam jeruk nipis memiliki aroma khas yang dapat menghilangkan bau mulut tak sedap. Selain itu, buah ini juga mengandung vitamin C yang dapat menciptakan lingkungan yang tidak disukai bakteri. Alhasil, mulut jadi terasa lebih segar dan bebas bau. Jeruk nipis juga mampu merangsang produksi air liur yang berfungsi sebagai antiseptik dan pembersih mulut alami.

Jeruk nipis yang identik dengan rasa asamnya ini ternyata juga bisa menghilangkan karang gigi lho. Kadar asam pada jeruk nipis bisa membantu untuk membersihkan plak pada gigi.

(brl/ola)