Sempat dikira kurang minum, cewek ini bagikan kisah penyebab bibirnya bengkak sampai berdarah

20 Agustus 2024 22:11 WIB

Brilio.net - Selain bibir kering dan gelap, ada masalah lain yang bisa membuat kesehatan bibir jadi terganggu. Salah satunya adalah bibir bengkak hingga berdarah. Biasanya kondisi tersebut merupakan efek dari kulit yang dehidrasi, sehingga membuat kulit bibir jadi bersisik dan mengelupas, hingga membuatnya bengkak serta berdarah.

Selain itu, dehidrasi juga dapat mengurangi sirkulasi darah dan mempengaruhi proses penyembuhan alami kulit. Kekurangan cairan mengganggu kemampuan tubuh untuk menjaga keseimbangan elektrolit dan hidrasi sel, yang dapat menyebabkan bibir membengkak akibat penumpukan cairan yang tidak tepat atau inflamasi.

Meski begitu, ternyata bibir bengkak dan berdarah tak hanya disebabkan oleh masalah dehidrasi atau kurang minum saja, karena ada faktor lain yang juga bisa membuat bibir bermasalah. Seperti kisah yang dibagikan oleh pengguna TikTok dengan nama akun @rad.naibaho, yang mengalami bibir iritasi hingga membengkak dan berdarah karena alergi lipstik.

"di pause aja biar ke baca. Gw nyari foto lama g ketemu cm ini doang," tulis pemilik akun dalam keterangan video unggahan, yang briliobeauty.net kutip dari akun TikTok @rad.naibaho, Selasa (20/8).

foto: TikTok/@rad.naibaho

Kisahnya berawal saat pemilik akun tersebut mengenakan lipstik yang baru ia beli. Setelah beberapa saat penggunaan lipstik tersebut, bibirnya jadi terasa sangat kering dan membengkak. Ia akhirnya memutuskan untuk pergi ke dokter guna memeriksa kondisinya tersebut.

"Setiap gw berobat, mereka bilang kurang minum, kurang buah, karena faktor lain. Cuma di kasih salep, supplement dan obat ctm. Ketika semua abis, gejala ini balik lagi!" kata pemilik akun.

foto: TikTok/@rad.naibaho

Alhasil, pemilik akun tersebut mencoba mencari tahu sendiri kondisi bibirnya dengan membaca sejumlah artikel. Rupanya, ia memiliki alergi dengan kandungan zat aktif dalam produk lipstik yang ia pakai. Zat aktif yang ia maksud adalah paraben. Ternyata efeknya memang membuat bibir kering, gatal, dan mengelupas.

"Ternyata allergy bahan paraben pada lipstick. Dan susahhhnya hampir semua brand kosmetik dan skincare yg kita pake mengandung itu," lanjutnya.

foto: TikTok/@rad.naibaho

Seiring waktu, kondisi bibirnya malah semakin buruk, pasalnya bibir jadi kering dan tampak menghitam. Kemudian, pemilik akun mencoba menggunakan produk lipstik yang diklaim keseluruhan bahannya menggunakan bahan alami. Namun ternyata, bibirnya tetap bengkak dan terasa kering.

Parahnya, ia juga sampai melewati fase bibirnya terasa kaku, sangat kering, pecah-pecah hingga berdarah. Alhasil, pemilik akun tersebut jadi kesulitan untuk berbicara, karena terasa sangat perih. Sampai akhirnya, kini bibirnya sudah membaik setelah memilih produk lipstik yang bebas paraben.

foto: TikTok/@rad.naibaho

Nah, karena kondisinya tersebut, ia mengingatkan untuk lebih berhati-hati sebelum menggunakan produk makeup, terutama bagi orang yang memiliki kulit sensitif.

"Jadi, yg punya kulit sensitive sebelum pakai kosmetik diliat dulu kandungannya. Biar ga salah," pungkasnya.

(brl/wen)