Solusi saat produk habis, dokter ini bagikan cara membuat pasta gigi dari 1 jenis minyak

04 / 06 / 2024 19:10 WIB

Brilio.net - Menjaga kesehatan mulut dengan menggunakan pasta gigi merupakan hal yang wajib kamu lakukan. Pasalnya pasta gigi ini punya beragam manfaat salah satunya menyegarkan nafas dan mencegah munculnya penyakit. Memberikan sejumlah manfaat, pasta gigi mempunyai kandungan fluorida yang bisa mengurangi risiko karies gigi.

Fluorida membantu melindungi gigi dari asam yang dilepaskan bakteri saat memakan gula. Selain itu, fluorida punya dua cara kerja yaitu membuat enamel gigi lebih kuat dan bisa memineralisasi kembali daerah yang mulai membusuk, sehingga kerusakan tidak cepat terjadi.

Sifat abrasif dalam pasta gigi bisa menghilangkan kotoran dan noda pada permukaan gigi. Sedangkan adanya perasa dalam pasta gigi membuat produk perawatan punya rasa yang lebih baik.

Punya banyak manfaat untuk jaga kesehatan mulut, membuat pasta gigi selalu digunakan setiap hari, tak heran jika pasta gigi cepat habis. Sebenarnya kamu bisa membuat pasta gigi sendiri di rumah dengan bahan alami untuk situasi mendesak. Untuk bahan-bahan membuat pasta gigi, kamu bisa menyimak informasi yang dibagikan seorang dokter dengan akun TikTok @dokterawetmuda.

Lewat unggahan video di akun TikToknya, ia memanfaatkan virgin coconut oil (VCO), garam laut, baking soda, dan minyak peppermint. Semua bahan tersebut punya banyak manfaat untuk kesehatan mulut. Virgin Coconut Oil atau VCO punya kandungan antimicrobial yang diklaim membunuh bakteri di dalam mulut. Kandungan antimicrobial bisa menghilangkan plak pada gigi. Selain itu, kandungan anti bakteri dapat mengatasi bau mulut.

Sementara itu, melansir dari hickdentalgroup.com, Selasa (4/6) himalayan salt ini punya kandungan antibakteri yang dipercaya bisa membunuh bakteri. Seperti halnya VCO, garam himalaya juga bisa menghilangkan plak dan bau.

Bahan berikutnya ada baking soda yang punya sifat abrasif ringan yang mampu menghilangkan noda pada permukaan gigi. Namun penggunaan baking soda ini perlu hati-hati. Tak cuma itu, baking soda juga punya sifat antibakteri dan antimikroba yang bisa membunuh semua kuman penyebab bau mulut. Walaupun punya banyak manfaat bagi kebersihan mulut, baking soda jangan digunakan secara berlebihan karena bisa bikin enamel gigi terkikis.

Dengan menggunakan bahan-bahan di atas, apakah kamu tertarik membuat dan menggunakan pasta gigi alami? Bagi kamu yang ingin coba, yuk simak informasi di bawah ini sebagaimana briliobeauty.net rangkuman dari TikTok @dokterawetmuda, Selasa (4/6).

Bahan:

foto: TikTok/@dokterawetmuda

- 4 sendok makan virgin coconut oil (vco)
- 1 sendok teh garam laut
- 1 sendok teh baking soda
- 20 tetes minyak peppermint.

Cara membuat:

foto: TikTok/@dokterawetmuda

1. Siapkan mangkuk bersih
2. Masukkan VCO
3. Tambahkan baking soda
4. Tuangkan beberapa tetes minyak peppermint
5. Aduk semua bahan hingga tercampur rata dan larut
6. Tunggu selama 15 menit dan pasta gigi alami bisa kamu gunakan.

Cara menggunakan:

foto: TikTok/@dokterawetmuda

1. Gunakan sikat gigi yang biasa kamu gunakan
2. Ambil ramuan secukupnya
3. Gunakan untuk menyikat gigi selama beberapa menit
4. Kumur-kumur dengan air biasa.

Bahan alami pengganti pasta gigi.

Menjaga kebersihan mulut tidak cuma pakai pasta gigi. Kamu juga bisa pakai bahan alami lainnya sebagai solusi penggantinya. Nah, ada beberapa bahan alami antara lain:

Pertama yaitu kayu manis dengan kandungan sifat antimikroba dan antiradang. Semua kandungan tersebut diklaim bisa membunuh bakteri atau kuman. Kayu manis juga bisa kamu kombinasikan dengan pasta gigi.

Bahan alami kedua yaitu tanah liat kaolin. Bahan alami ini punya kandungan mineral yang bisa meningkatkan kandungan mineral pada gigi.

Kemudian bahan yang ketiga ada charcoal atau arang. Bahan alami ini bisa kamu gunakan sebagai pengganti pasta gigi lantaran sifat abrasifnya. Sifat abrasif dipercaya bisa hilangkan noda pada gigi.