Sudah ditonton 1,9 juta, emak-emak ini tunjukkan cara cerahkan wajah kusam pakai 1 jenis tepung

06 / 05 / 2024 14:12 WIB

Brilio.net - Keinginan memiliki wajah yang cerah dan bersinar adalah impian bagi banyak orang. Namun, berbagai faktor seperti polusi, gaya hidup yang tidak sehat, dan kekurangan perawatan kulit dapat menyebabkan kulit wajah terlihat kusam. Kebiasaan buruk seperti tidur tanpa membersihkan wajah, penggunaan produk perawatan kulit yang tidak cocok, atau kurangnya pelembap dapat menyebabkan penumpukan sel-sel kulit mati dan ketidakseimbangan pH kulit.

Selain faktor tersebut, kekurangan nutrisi juga bisa bikin kulit kamu jadi terlihat kusam. Asupan nutrisi yang tidak seimbang, seperti kekurangan vitamin C dan E, serta asam lemak omega-3, dapat menyebabkan kulit kehilangan kecerahan alaminya.

Nah, agar kulit kusam kembali cerah alami, langkah awal yang perlu kamu lakukan adalah melakukan perawatan wajah secara rutin. Salah satunya adalah menggunakan masker yang terbuat dari bahan alami. Langkah ini seperti yang dilakukan oleh emak-emak yang mengunggah triknya di media sosial Instagram @hanissyazrinaa. Dalam unggahan short video yang ditonton sebanyak 1,9 juta, emak-emak itu memanfaatkan tepung beras dan madu.

Tepung beras memiliki tekstur yang halus dan butiran yang lembut, sehingga sangat efektif sebagai agen eksfoliasi alami. Menggunakan tepung beras sebagai scrub wajah dapat membantu mengangkat sel-sel kulit mati dan kotoran yang menumpuk di permukaan kulit.

Tepung beras mengandung zat pemutih alami yang membantu mengurangi hiperpigmentasi, dan memudarkan noda hitam atau bintik-bintik gelap pada kulit wajah. Penggunaan rutin tepung beras sebagai masker dapat membantu mencapai kulit yang lebih cerah dan merata.

Sementara itu, madu adalah pelembap alami yang kaya akan nutrisi dan memiliki sifat humektan. Penggunaan madu dalam masker wajah dapat menjaga kulit tetap lembap, terhidrasi, dan memberikan kulit yang lebih halus dan kenyal.

Nah, kombinasi tepung beras dan madu dapat meratakan warna kulit dan mengurangi ketidaksempurnaan seperti bintik-bintik gelap atau kemerahan. Madu mengandung sifat antiinflamasi dan antioksidan yang membantu menyembuhkan dan menenangkan kulit, sementara tepung beras bekerja sebagai agen pemutih dan eksfoliasi.

Keduanya mengandung antioksidan yang dapat melawan radikal bebas dan melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan sinar UV dan polusi lingkungan. Antioksidan membantu meremajakan kulit dengan mendorong regenerasi sel-sel kulit baru, sehingga memberikan kulit yang lebih sehat dan bercahaya.

Nah, itulah manfaat dari masing-masing bahan yang bisa kamu dapatkan. Lantas bagaimana cara membuat masker dari kedua bahan alami untuk cerahkan wajah kusam? Berikut ini tutorial yang bisa kamu dapatkan, sebagaimana briliobeauty.net rangkum dari Instagram @hanissyazrinaa Senin (5/6).

Bahan:

emak-emak tunjukkan cara cerahkan wajah
Instagram/@hanissyazrinaa

- 2 sendok makan tepung beras
- 1 sendok makan madu
- Air putih secukupnya.

Cara membuat:

emak-emak tunjukkan cara cerahkan wajah
Instagram/berbagai sumber

1. Siapkan wadah bersih.
2. Masukkan tepung beras.
3. Tuangkan madu murni.
4. Tuangkan air putih secukupnya.
5. Aduk semua bahan hingga tercampur rata.
6. Masker siap kamu gunakan.

Cara menggunakan:

emak-emak tunjukkan cara cerahkan wajah
Instagram/berbagai sumber

1. Pastikan wajah kamu bersih terlebih dahulu.
2. Oleskan masker pada permukaan wajah secara merata.
3. Tunggu selama 15 hingga 20 menit.
4. Bilas masker menggunakan air biasa.
5. Ulangi penggunaan masker setidaknya dua hingga tiga kali dalam seminggu.

Tepung beras bisa bikin wajah bebas minyak dan jerawat.

Tepung beras tidak hanya digunakan untuk campuran makanan saja. Bahan alami ini juga punya manfaat lebih bagi kecantikan, salah satunya adalah membuat wajah bebas minyak dan jerawat.

Dilansir dari bebeautiful.in, Senin (5/6), tepung beras memiliki kemampuan menyerap minyak berlebih di kulit, sehingga membantu mengontrol kilap dan memberikan tampilan kulit yang lebih segar dan tidak berminyak. Perlu kamu ketahui, minyak berlebih dapat menyebabkan pori-pori tersumbat serta menyebabkan tanda-tanda penuaan seperti jerawat dan komedo.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Hanis Syazrinaa (@hanissyazrinaa)