Sudah ditonton 9,1 juta kali, wanita ini bagikan trik angkat komedo di hidung pakai 1 jenis buah

10 / 05 / 2024 08:25 WIB

Brilio.net - Permasalahan kulit wajah tak hanya terbatas pada jerawat, karena ada masalah lain yang juga cukup meresahkan. Sebut saja komedo. Masalah kulit wajah ini biasanya ditandai dengan munculnya bintik-bintik hitam atau putih yang tampak di beberapa area wajah, seperti hidung, dagu, dahi, dan terkadang di pipi.

Selain bikin wajah kusam, bertekstur, dan warnanya tidak merata, komedo juga bisa menjadi pemicu munculnya jerawat meradang. Bukan tanpa alasan, masalah kulit ini terbentuk ketika pori-pori kulit tersumbat oleh sebum yang berlebih, sel kulit mati, dan kotoran (seperti sisa makeup dan hingga debu).

Tak hanya itu, komedo juga bisa muncul akibat beberapa faktor lain, seperti perubahan hormonal, penggunaan produk perawatan kulit yang menyumbat pori-pori, serta ketidakseimbangan nutrisi dalam tubuh akibat terlalu sering mengonsumsi makanan yang banyak mengandung lemak.

Di area wajah, komedo paling sering muncul di bagian hidung. Pasalnya, hidung adalah area T-zone wajah yang memiliki produksi sebum lebih banyak dibandingkan area lain, sehingga lebih mudah mengalami sumbatan pori-pori. Jika tak segera dibersihkan, sumbatan pori-pori tersebut akan berubah menjadi komedo.

Untuk mengatasi masalah komedo, ada berbagai cara yang bisa kamu lakukan. Seperti menjaga kebersihan kulit dengan rajin mencuci wajah secara teratur, menghindari produk yang dapat menyumbat pori-pori, dan menjaga pola makan yang seimbang.

Tak hanya itu, kamu juga bisa menggunakan berbagai produk skincare, melakukan perawatan di klinik kecantikan, dan memanfaatkan bahan-bahan alami. Nah, salah satunya bisa kamu simak dari video yang dibagikan seorang wanita melalui akun TikTok pribadinya @kim_sohan10. Dalam video unggahan tersebut, ia menggunakan lemon dan pasta gigi untuk menghilangkan komedo di hidung.

Kandungan lemon untuk mengangkat kotoran penyebab komedo di wajah.

Lemon adalah buah asam yang tinggi akan kandungan vitamin C. Kandungan vitamin tersebut memiliki beragam manfaat untuk kecantikan kulit. Salah satunya adalah untuk mengatasi masalah komedo di area hidung. Asam sitrat di dalam lemon juga berfungsi mengecilkan dan membersihkan pori-pori penyebab munculnya komedo. Bahkan lemon efektif untuk membersihkan pori-pori secara mendalam, sebagai upaya untuk mencegah munculnya komedo.

Manfaat pasta gigi untuk membersihkan komedo di hidung.

foto: TikTok/@kim_sohan10

Pasta gigi nyatanya tak hanya digunakan sebagai pembersih gigi, namun juga efektif untuk membersihkan komedo di area hidung. Melansir Derm Collective, pasta gigi membantu menghilangkan komedo dengan cara pengelupasan. Pasalnya, pasta gigi memiliki efek antibakteri dan antiinflamasi yang bisa jadi andalan untuk mengangkat kotoran penyebab komedo. Tak hanya itu, pasta gigi juga menjadi eksfoliator yang ampuh membersihkan kotoran di pori-pori secara mendalam.

Hanya dengan dua bahan tersebut, kamu bisa membuat scrub yang diklaim mampu mengangkat komedo di wajah, khususnya hidung. Scrub wajah ini juga dipercaya mampu mengecilkan ukuran pori-pori kulit. Ini cara membuat dan menggunakannya, seperti briliobeauty.net lansir dari akun TikTok @kim_sohan10, Kamis (9/5).

foto: TikTok/@kim_sohan10

Bahan:

- Pasta gigi secukupnya
- 1/2 buah irisan lemon

Cara membuat dan menggunakan:

1. Cuci wajah terlebih dahulu sampai benar-benar bersih dari kotoran serta sisa makeup.
2. Keringkan wajah menggunakan handuk.
3. Ambil pasta gigi secukupnya lalu aplikasikan ke seluruh bagian hidung secara merata.
4. Gosok-gosok menggunakan buah lemon di area yang sudah diaplikasikan pasta gigi.

foto: TikTok/@kim_sohan10

5. Lakukan gerakan memutar selama 1-2 menit.
6. Lap menggunakan tisu lalu bilas menggunakan air sampai bersih.
7. Lanjutkan dengan penggunaan moisturizer.
8. Lakukan cara ini dengan rutin 2-3 kali seminggu untuk mendapatkan wajah yang mulus bebas komedo.