Sunscreen dulu atau skincare dulu? Ini urutan pemakaian perawatan wajah untuk sehari-hari

9 Agustus 2024 21:25 WIB

Brilio.net - Menggunakan produk perawatan kulit dengan urutan yang benar adalah kunci untuk mendapatkan hasil maksimal dari setiap langkah skincare routine kamu. Salah satu pertanyaan yang sering muncul adalah, "Sunscreen dulu atau skincare dulu?" Artikel ini akan membahas urutan pemakaian perawatan wajah yang tepat, termasuk di mana sunscreen seharusnya digunakan dalam rutinitas harian.

Urutan pemakaian skincare sangat penting karena setiap produk memiliki fungsi yang berbeda dan harus diaplikasikan dengan benar agar bisa bekerja secara optimal. Jika kamu menggunakan produk dalam urutan salah, kulit mungkin tidak dapat menyerap bahan aktif secara maksimal, atau lebih buruk lagi, beberapa produk bisa saling bertentangan dan mengurangi efektivitas satu sama lain.

Berikut urutan penggunaan skincare yang benar, seperti dilansir briliobeauty.net dari berbagai sumber, Kamis (8/8).

1. Pembersih wajah (Cleanser).

sunscreen dulu atau skincare dulu
freepik.com

Langkah pertama dalam rutinitas skincare adalah membersihkan wajah. Pembersih wajah berfungsi untuk menghilangkan kotoran, minyak, dan sisa makeup yang menempel di kulit. Pembersihan yang tepat akan mempersiapkan kulit kamu untuk menyerap produk skincare berikutnya dengan lebih baik.

2. Toner.

Toner membantu mengembalikan pH kulit yang mungkin terganggu setelah mencuci muka, serta mempersiapkan kulit untuk menyerap produk perawatan selanjutnya. Toner juga dapat memberikan hidrasi tambahan dan menghilangkan sisa kotoran atau minyak yang tertinggal.

3. Serum.

Serum adalah produk yang memiliki konsentrasi bahan aktif tinggi untuk mengatasi masalah kulit tertentu seperti penuaan dini, hiperpigmentasi, atau dehidrasi. Serum biasanya memiliki tekstur yang ringan sehingga bisa meresap lebih dalam ke dalam kulit. Pilih serum yang sesuai dengan kebutuhan kulit kamu dan aplikasikan setelah toner.

4. Pelembap (Moisturizer).

Pelembap adalah langkah penting untuk mengunci kelembapan dan menjaga skin barrier tetap sehat. Semua jenis kulit, termasuk yang berminyak, membutuhkan pelembap untuk menjaga keseimbangan kelembapan. Moisturizer juga membantu menciptakan lapisan pelindung di kulit yang melindungi dari faktor eksternal seperti polusi.

5. Sunscreen.

Sunscreen adalah langkah terakhir dalam rutinitas perawatan kulit di pagi hari. Fungsi utama sunscreen adalah melindungi kulit dari bahaya sinar UV yang bisa menyebabkan penuaan dini, hiperpigmentasi, dan bahkan kanker kulit. Sunscreen harus digunakan setelah pelembap, sebagai lapisan pelindung terakhir sebelum kamu beraktivitas di luar ruangan. Jangan lupa untuk memilih sunscreen dengan SPF minimal 30 dan pastikan untuk mengaplikasikannya secara merata di seluruh wajah dan leher.

Sunscreen dulu atau skincare?

sunscreen dulu atau skincare dulu
freepik.com

Untuk menjawab pertanyaan "sunscreen dulu atau skincare dulu?", jawabannya adalah skincare dulu, baru sunscreen. Sunscreen harus selalu menjadi langkah terakhir dalam rutinitas pagi hari kamu karena fungsi utamanya adalah sebagai pelindung. Jika kamu mengaplikasikan sunscreen sebelum produk lain, maka efektivitas sunscreen dalam melindungi kulit dari sinar UV bisa berkurang.

Sebaliknya, jika kamu menggunakan skincare seperti serum atau pelembap setelah sunscreen, produk-produk ini mungkin tidak dapat menembus lapisan sunscreen dengan efektif. Ini dapat mengurangi manfaat yang kamu peroleh dari produk-produk perawatan tersebut.

Mengapa sunscreen sangat penting?

sunscreen dulu atau skincare dulu
freepik.com

Sunscreen adalah salah satu produk skincare yang paling penting dalam rutinitas perawatan kulit, tetapi sering kali diabaikan. Menggunakan sunscreen setiap hari, bahkan saat cuaca mendung atau saat berada di dalam ruangan, adalah kunci untuk melindungi kulit dari efek buruk sinar UV.

Menurut dermatologis, paparan sinar UV adalah salah satu penyebab utama penuaan dini dan masalah kulit lainnya seperti flek hitam dan kerutan. Dengan menggunakan sunscreen setiap hari, kamu membantu mencegah kerusakan kulit yang bisa berdampak jangka panjang.

Tips memaksimalkan penggunaan sunscreen.

sunscreen dulu atau skincare dulu
freepik.com

Pastikan kamu menggunakan sunscreen dengan jumlah yang cukup, yaitu sekitar satu sendok teh untuk seluruh wajah dan leher. Penggunaan yang terlalu sedikit tidak akan memberikan perlindungan yang memadai.

Sementara itu, jika kamu beraktivitas di luar ruangan atau terkena air, aplikasikan ulang sunscreen setiap dua jam untuk menjaga perlindungan kulit.

Kemudian pilih sunscreen yang tepat. Ada berbagai jenis sunscreen, seperti chemical dan physical sunscreen. Pilih yang sesuai dengan jenis kulit, seperti physical sunscreen yang lebih cocok untuk kulit sensitif.

(brl/ola)