Tak banyak yang tahu, ini fungsi lain micellar water selain untuk membersihkan makeup di wajah

5 Agustus 2024 17:10 WIB

Brilio.net - Micellar water merupakan produk pembersih wajah dengan kandungan partikel mikroskopis yang disebut micelles. Kandungan tersebut berfungsi untuk mengangkat kotoran, minyak, dan makeup dari wajah. Micelles adalah molekul yang memiliki struktur khusus, dengan bagian hidrofobik (takut air) di tengah dan bagian hidrofilik (menyukai air) di luar.

Struktur ini memungkinkan micellar water untuk menarik dan mengikat kotoran dan sisa makeup yang ada di permukaan kulit, sehingga memudahkan pembersihan saat dihapus dengan kapas atau tisu.

Keunggulan micellar water terletak pada kemampuannya untuk membersihkan kulit dengan lembut tanpa memerlukan bilasan, membuatnya sangat praktis untuk digunakan dalam rutinitas kecantikan harian. Selain itu, micellar water seringkali diformulasikan tanpa alkohol dan parfum, menjadikannya pilihan yang cocok untuk kulit sensitif.

Selain untuk membersihkan makeup atau kotoran yang menempel di wajah, ternyata micellar water memiliki fungsi lain yang tak banyak orang tahu lho. Salah satunya seperti yang dibagikan oleh salah satu pengguna TikTok dengan nama akun @iampuputri, yang memanfaatkan micellar water untuk membersihkan puff makeup.

Fungsi lain micellar water selain membersihkan makeup di wajah
TikTok/@iampuputri

"Life hacks membersihkan puff," tulis pemilik akun dalam video unggahan, yang briliobeauty.net lansir dari akun TikTok @iampuputri, Senin (5/8).

Caranya cukup mudah, kamu hanya perlu menyiapkan micellar water yang sudah hampir habis dan puff makeup yang kotor. Setelah itu, siapkan wadah tertutup atau kamu juga bisa menggunakan botol micellar water. Masukkan puff makeup kedalam botol micellar water atau wadah tertutup yang berisi micellar water hampir habis.

Fungsi lain micellar water selain membersihkan makeup di wajah
TikTok/@iampuputri

Tutup botol lalu kocok-kocok sampai seluruh sisa makeup yang menempel pada puff luruh. Lebih lanjut, tuangkan puff makeup pada wadah, lalu buang micellar water yang sudah kotor. Setelah itu, bilas puff makeup menggunakan air mengalir sampai bersih.

Fungsi lain micellar water selain membersihkan makeup di wajah
TikTok/@iampuputri

Micellar water bisa membersihkan puff makeup yang kotor.

Micellar water efektif dalam membersihkan puff makeup yang kotor karena kemampuannya mengangkat kotoran dan residu makeup dengan cara yang efisien. Produk ini mengandung micelles, yaitu molekul-molekul kecil yang memiliki struktur unik dengan bagian yang menarik minyak dan kotoran.

Ketika micellar water diterapkan pada puff makeup, micelles berfungsi seperti magnet, menarik dan mengikat partikel-partikel minyak, kotoran, dan sisa makeup dari permukaan puff. Proses ini memungkinkan micellar water untuk membersihkan puff secara efektif tanpa merusaknya atau meninggalkan residu.

(brl/ola)