Tak cuma air mawar, ini cara bikin toner untuk kencangkan wajah kendur pakai tambahan 1 jenis buah

22 November 2023 20:10 WIB

Brilio.net - Wajah kendur ditandai dengan menurunnya elastisitas dan kekencangan kulit. Kondisi ini biasanya juga disertai dengan munculnya garis halus dan kerutan di beberapa bagian wajah. Kerutan ini umumnya akan terlihat saat seseorang berekspresi, seperti memicingkan mata, mengernyitkan dahi, dan tersenyum.

Kondisi tersebut terjadi karena elastin dan kolagen yang menjadi komponen penting dalam menjaga kekencangan kulit menurun seiring bertambahnya usia. Selain faktor usia, ada banyak faktor lain yang juga berperan pada mengendurnya wajah, seperti sinar UV, polusi, stres, perubahan hormon, hingga kurangnya merawat wajah.

Wajah yang mengendur pastinya akan menurunkan kepercayaan diri seseorang. Untuk mengatasinya, tak sedikit yang melakukan perawatan di klinik kecantikan, menggunakan produk skincare khusus antiaging, hingga memanfaatkan bahan-bahan alami. Seperti unggahan akun TikTok @uswabeauty yang membagikan cara bikin toner untuk kencangkan wajah kendur pakai air mawar dan tambahan 1 jenis buah.

Air mawar merupakan produk yang berasal dari sari bunga mawar dengan berbagai manfaatnya untuk kulit. Salah satunya adalah mengatasi wajah kendur dan membuat kulit tampak awet muda. Ini karena kandungan antioksidan dan zat pelembap dalam air mawar yang diklaim dapat menghambat kerusakan kulit akibat radikal bebas dan proses penuaan.

foto: freepik.com

Sedangkan bahan tambahan yang digunakan adalah mentimun. Buah satu ini ddikenal memiliki sifat melembapkan dan menenangkan kulit. Buah yang umumnya dikonsumsi sebagai lalapan ini bisa kamu manfaatkan untuk mengencangkan wajah kendur, karena kandungan antioksidan di dalamnya bisa mencegah penuaan kulit. Selain itu, vitamin C dan asam folat pada mentimun juga dapat merangsang pertumbuhan sel kulit baru yang lebih kencang.

Kedua bahan alami tersebut dapat kamu olah menjadi toner wajah yang dipercaya mampu mengencangkan wajah kendur. Bahkan dengan pemakaian yang rutin, kamu juga akan mendapatkan wajah yang kenyal, lembap, dan cerah. Ini cara membuat dan menggunakannya, dilansir briliobeauty.net dari akun TikTok/@uswabeauty pada Rabu (22/11).

Bahan:

foto: TikTok/@uswabeauty

1. 1 buah mentimun
2. Air mawar secukupnya

Cara membuat dan menggunakan:

foto: TikTok/@uswabeauty

1. Cuci mentimun terlebih dahulu sampai bersih
2. Iris-iris menjadi bagian yang lebih kecil dan buang bijinya
3. Blender mentimun hingga benar-benar halus
4. Saring mentimun dan ambil airnya saja
5. Tambahkan air mawar kemudian aduk keduanya sampai tercampur merata
6. Tuangkan pada botol spray
7. Cuci wajah terlebih dahulu dan pastikan benar-benar bersih
8. Semprotkan toner pada wajah secara menyeluruh
9. Diamkan semalaman lalu bilas saat pagi harinya
10. Gunakan toner ini secara rutin setiap hari ini untuk mendapatkan wajah yang kencang dan awet muda
11. Simpan sisa toner pada lemari pendingin agar lebih awet.

(brl/mal)