Tak cuma jambu biji, ini cara bikin minuman kolagen cegah kulit keriput pakai tambahan 1 jenis rempah

18 Desember 2023 21:24 WIB

Brilio.net - Kulit keriput adalah kondisi yang terjadi saat seseorang mulai memasuki usia lanjut. Kondisi ini biasanya disertai dengan tanda penuaan lain, seperti garis halus, kerutan, hingga kulit yang mulai mengendur dan kehilangan elastisitasnya. Umumnya tanda-tanda penuaan ini mulai muncul di usia 30-40 tahun.

Di antara bagian tubuh lain, kulit wajah paling rentan dan lebih cepat mengalami keriput. Ini karena wajah memiliki kulit yang tipis dan paling sering terpapar radikal bebas. Radikal bebas yang dimaksud adalah paparan sinar matahari dan polusi udara. Selain itu, genetik, perubahan hormonal, gaya hidup yang tidak sehat juga menjadi pemicu kulit mudah mengalami keriput.

Ini karena radikal bebas dan faktor usia akan menurunkan produksi kolagen alami kulit. Padahal kolagen adalah komponen penting yang berperan dalam menjaga kekencangan kulit. Maka tak heran jika banyak orang yang mengonsumsi minuman kolagen sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan produksi kolagen pada tubuh.

Meski saat ini sudah banyak produk minuman kolagen instan yang dijual di pasaran, namun ternyata kamu bisa lho membuat minuman kolagen sendiri dengan memanfaatkan bahan-bahan alami.

Tak cuma jambu biji, karena pemilik akun TikTok @frutamartdemangan dalam videonya juga menambahkan 1 jenis rempah. Rempah yang dimaksud adalah serai. Ia juga memaksimalkan manfaat minuman kolagen alami buatannya dengan tambahan lemon.

"Minuman tinggi collagen," tulisnya dalam video unggahan, yang telah briliobeauty.net lansir dari akun TikTok @frutamartdemangan, Senin (18/12).

foto: freepik.com

Jambu biji adalah salah satu buah favorit banyak orang. Selain bagus untuk kesehatan tubuh, jambu biji juga memiliki segudang manfaat untuk kecantikan kulit lho. Menurut Healthline, buah jambu biji sangat kaya akan antioksidan, vitamin C, kalium, dan serat.

Berkat kandungannya tersebut, jambu biji dipercaya bisa dijadikan sebagai booster kolagen untuk mencegah penuaan dini. Vitamin C dalam jambu biji berperan dalam pembentukan kolagen dan bersifat antioksidan yang akan membuat wajahmu tetap kencang dan bebas keriput.

Sedangkan serai yang dikenal sebagai rempah untuk menguatkan rasa dan aroma masakan, juga bisa menjadi salah satu bahan untuk meningkatkan produksi kolagen pada kulit.

Ini karena serai mengandung berbagai zat seperti magnesium, potasium, fosfor, dan antioksidan. Antioksidan di dalamnya memiliki manfaat untuk melawan radikal bebas yang berbahaya. Hal tersebut dapat membantu mengurangi tanda penuaan dan berbagai penyakit yang menyerang sistem imunitas tubuh.

Tak terkecuali dengan lemon yang juga punya kandungan antioksidan dan vitamin C tinggi. Kandungan tersebut dapat menyamarkan tanda-tanda penuaan seperti kerutan, garis halus, dan flek hitam di wajah.

foto: TikTok/@frutamartdemangan

Cukup dengan ketiga bahan alami yang sudah disebutkan, kamu bisa membuat minuman kolagen yang efektif untuk mengencangkan kulit dan mengurangi sekaligus mencegah keriput. Berikut cara membuatnya.

Bahan:

1. 1 buah jambu biji matang
2. 1 tangkai serai
3. 1 sendok perasan lemon
4. Air secukupnya
5. Es batu secukupnya

foto: TikTok/@frutamartdemangan

Cara membuat:

1. Rebus serai menggunakan 1 cup air.
2. Tunggu sampai mendidih, kemudian matikan kompor dan diamkan sampai dingin.
3. Cuci jambu biji lalu potong-potong menjadi bagian yang lebih kecil.
4. Masukkan ke dalam blender kemudian tambahkan perasan lemon dan air serai.
5. Blender bahan-bahan tersebut sampai halus dan tercampur merata.
6. Iris-iris sisa lemon secara tipis dan masukkan pada gelas.
7. Tambahkan es batu dan tuangkan jambu yang sudah diblender (kamu juga bisa menambahkan madu sebagai pemanis alami).
8. Minuman kolagen alami siap dinikmati.
9. Kamu bisa mengonsumsi minuman kolagen ini setiap hari untuk mendapatkan kulit yang sehat dan bebas keriput.

(brl/jad)