Tak cuma pakai kunyit, emak-emak ini bagikan cara pudarkan flek hitam dengan tambahan 2 bahan dapur

14 / 05 / 2024 17:10 WIB

Brilio.net - Flek hitam adalah salah satu masalah kulit wajah yang cukup meresahkan. Bagian tubuh yang rentan mengalami flek hitam adalah wajah. Kondisi ini ditandai dengan bintik-bintik hitam atau kecokelatan di beberapa bagian wajah.

Banyak faktor yang menyebabkan munculnya flek hitam, seperti paparan sinar matahari berlebih, proses penuaan, kosmetik yang tidak cocok, genetik, hingga polusi. Semakin sering wajah terpapar sinar matahari tanpa perlindungan tabir surya, maka risiko munculnya flek hitam juga semakin besar.

Flek hitam timbul ketika kulit membentuk perlindungan alami dari bahaya sinar matahari, dengan memproduksi melanin berlebihan. Melanin yang berlebih ini lah yang kemudian memunculkan bercak atau flek kehitaman di permukaan kulit wajah. Kondisi ini juga sering disebut dengan hiperpigmentasi.

Ada banyak metode yang bisa dilakukan untuk memudarkan atau menghilangkan flek hitam. Mulai dari metode medis hingga penggunaan bahan alami. Meski menggunakan bahan alami, namun jika dilakukan secara rutin maka hasilnya tak kalah efektif dengan perawatan di dokter kecantikan, lho.

Nah, kamu bisa menyimak cara yang dibagikan oleh emak-emak melalui akun TikTok pribadinya @aurelabullari. Dalam video itu, emak-emak ini menggunakan kunyit dicampur 2 tambahan bahan dapur untuk memudarkan flek hitam di wajah. Bahan tambahan yang dimaksud adalah madu dan yoghurt.

Emak-emak pudarkan flek hitam
© 2024 TikTok/@aurelabullari

Kandungan kunyit untuk memudarkan flek hitam di wajah.

Kunyit adalah rempah yang dikenal tinggi kandungan antioksidan yang tak hanya bermanfaat untuk kesehatan, tetapi juga untuk kecantikan kulit. Beberapa manfaatnya yaitu dapat mencerahkan wajah dan memudarkan tampilan flek hitam di wajah.

Dilansir dari laman Healthline, manfaat kunyit untuk kecantikan ini berkat komponen bioaktif kurkumin yang terkandung di dalamnya. Kurkumin memiliki sifat antiinflamasi dan antioksidan, sehingga menangkal radikal bebas penyebab munculnya flek hitam yang sulit dihilangkan.

Manfaat madu untuk mengatasi penampilan flek hitam.

Madu berperan sebagai eksfoliator kulit. Tak hanya itu saja, pemanis alami ini juga memiliki senyawa yang bersifat antioksidan, sehingga mengatasi berbagai macam masalah kulit. Salah satunya adalah mengurangi tampilan flek hitam di wajah. Dilansir dari Healthline, madu murni memiliki kandungan yang mampu merawat kulit, terutama jika kamu memiliki masalah jerawat, flek hitam, serta kondisi kulit kering.

Yoghurt efektif untuk mencerahkan wajah kusam dan belang akibat flek hitam.

Salah satu manfaat yogurt untuk kesehatan kulit adalah mengatasi hiperpigmentasi atau flek hitam di wajah. Yoghurt juga mengandung asam laktat, yang merupakan agen pencerah alami. Asam laktat membantu mengelupas sel-sel kulit mati dan mendorong regenerasi sel kulit baru, sehingga kulit tampak lebih cerah dan merata.

Yoghurt mengandung vitamin dan mineral, termasuk vitamin B dan zink, yang berperan sebagai antioksidan. Antioksidan membantu melawan kerusakan kulit akibat radikal bebas dan mendukung proses perbaikan kulit. Kandungan probiotik dalam yoghurt dapat membantu menyeimbangkan mikrobioma kulit, yang berkontribusi pada kesehatan kulit secara keseluruhan dan mempercepat proses penyembuhan.

Mengandalkan ketiga bahan tersebut kamu bisa membuat masker wajah yang dipercaya mampu memudarkan tampilan flek hitam. Tak hanya itu saja, wajah juga jadi tampak cerah merata. Berikut cara membuat dan menggunakannya, seperti yang telah briliobeauty.net lansir dari akun TikTok @aurelabullari, Selasa (14/5).

Bahan:

Emak-emak pudarkan flek hitam
TikTok/@aurelabullari

- 2 sendok teh madu
- 1/4 sendok teh bubuk kunyit
- 1 sendok teh yoghurt plain

Cara membuat dan menggunakan:

Emak-emak pudarkan flek hitam
TikTok/@aurelabullari

1. Tuangkan bahan-bahan pada wadah.
2. Aduk ketiga bahan tersebut sampai tercampur merata.
3. Cuci wajah terlebih dahulu sampai sampai bersih dari kotoran serta sisa makeup.
4. Aplikasikan masker pada wajah secara menyeluruh.
5. Diamkan selama 15 menit.
6. Bilas menggunakan air sampai bersih.
7. Lanjutkan dengan penggunaan moisturizer.
8. Lakukan cara ini dengan rutin 2-3 kali seminggu untuk mendapatkan wajah yang cerah merata bebas flek hitam.