Tak cuma pakai pisang, ini cara atasi keriput dan garis halus di tangan dengan 1 jenis rempah

6 Oktober 2023 13:10 WIB

Brilio.net - Penuaan merupakan bagian alami yang tidak bisa dihindari. Keriput dan garis halus di tangan merupakan salah satu tanda dari penuaan. Diketahui bahwa kulit area tangan adalah salah satu yang paling tipis, sehingga hilangnya kolagen dapat membuat kulit tangan rentan mengalami keriput.

Selain penuaan, keriput dan garis halus di tangan juga bisa disebabkan oleh paparan sinar matahari dan kebiasaan sehari-hari, seperti mencuci piring dan merokok. Diketahui, sinar UV ini bisa merusak kulit tangan. Tidak hanya menimbulkan kerutan, melainkan memicu timbulnya flek hitam.

Meski umumnya penyebab kulit tangan keriput dan munculnya garis halus adalah karena proses penuaan, namun hal ini bisa menimpa siapa saja, termasuk orang yang masih muda. Tak perlu khawatir, untuk memudarkan kerutan dan garis halus pada tangan ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan. Salah satunya dengan memanfaatkan bahan-bahan alami.

Tak cuma pakai pisang, pemilik akun TikTok @meenasarra justru menggunakan satu jenis rempah. Dalam video yang dibagikan pada 10 Januari 2023 tersebut, rempah yang digunakan adalah kunyit. Selain itu, ada juga bahan lain yang digunakan, yaitu petroleum jelly dan lemon.

"Remove wrinkles & get soft hand (Menghilangkan kerutan & mendapatkan tangan yang lembut)," tulisnya dalam video unggahan, dikutip briliobeauty.net dari akun TikTok @meenasarra pada Jumat (6/10).

foto: freepik.com

Kunyit merupakan salah satu jenis rempah yang umum digunakan untuk mengatasi tanda-tanda penuaan pada kulit. Kunyit memiliki kandungan kurkumin yang bersifat antioksidan yang bisa mencegah radikal bebas, seperti polusi dan sinar UV yang mempengaruhi elastisitas kulit. Selain itu, kunyit juga bisa memblokir enzim elastase yang bisa memicu kerutan pada kulit, tak terkecuali pada kulit tangan.

Begitupun dengan petroleum jelly yang bisa membantu meringankan efek penuaan pada kulit dan mengatasi kulit kasar. Sifatnya yang melembapkan dan melembutkan diklaim mampu mengatasi kulit yang kering sebagai salah satu penyebab keriput dan garis halus pada tangan.

Lemon juga bisa kamu tambahkan untuk mengatasi keriput dan garis halus di tangan. Buah berwarna kuning ini dapat membantu mengurangi penuaan dini dengan melindungi kulit dari keriput yang disebabkan oleh paparan sinar matahari. Kandungan vitamin C di dalamnya juga membantu mengurangi kerutan dini dengan merangsang pertumbuhan kolagen.

Bahan-bahan yang sudah disebutkan tersebut bisa kamu manfaatkan sebagai masker tangan yang ampuh untuk mengencangkan kulit tangan keriput. Bahkan dengan penggunaannya yang rutin, kamu akan mendapatkan tangan yang cerah dan halus. Berikut cara membuatnya.

Bahan:

foto: TikTok/@meenasarra

1. 1/2 sendok teh petroleum jelly
2. Sejumput kunyit
3. 1 sendok makan perasan lemon

Cara membuat:

foto: TikTok/@meenasarra

1. Tuangkan bahan-bahan yang sudah disebutkan pada wadah
2. Aduk ketiganya sampai tercampur merata
3. Aplikasikan pada tangan yang sudah bersih secara menyeluruh
4. Gosok-gosok dengan lembut hingga ke sela-sela jari selama 10 menit
5. Diamkan semalaman kemudian bilas menggunakan air sampai bersih saat pagi harinya
6. Gunakan masker tangan ini secara rutin 2-3 kali dalam seminggu untuk mendapatkan tangan yang lebih kencang dan bebas tanda penuaan.

(brl/mal)