Tak cuma pakai yoghurt, ini cara memutihkan wajah gelap dengan tambahan 1 jenis bahan makanan

15 Oktober 2023 21:00 WIB

Brilio.net - Sering beraktivitas di luar ruangan dan terpapar sinar matahari dapat membuat wajah tampak kusam dan menggelap. Radiasi sinar UVA dari matahari mampu menembus hingga lapisan terdalam kulit. Hal ini memicu terjadinya pigmentasi atau penggelapan kulit serta munculnya tanda-tanda penuaan dini.

Selain sinar matahari, kulit gelap juga disebabkan oleh polusi, gaya hidup, dan sel kulit mati. Polusi udara biasanya terdiri dari partikel debu dan kotoran hingga emisi asap kendaraan. Ukuran partikelnya sangat kecil, 20 kali lebih kecil dari pori-pori, sehingga bisa masuk ke lapisan kulit yang dalam. Bila terpapar polusi secara terus-menerus, warna kulit akan menjadi tidak rata dan mulai menggelap.

Gaya hidup dan tidak sehat seperti merokok, kurangnya perawatan kulit, dan jarang melakukan eksfoliasi juga akan menyebabkan kulit jadi kusam dan gelap. Hal ini karena regenerasi kulit jadi terhambat akibat faktor-faktor tersebut. Kondisi ini dapat menyebabkan siapa pun yang mengalaminya jadi kurang percaya diri.

Oleh karena itu, banyak orang mencari cara untuk memutihkan wajah yang gelap. Salah satu upaya yang bisa dilakukan adalah dengan memanfaatkan bahan-bahan alami. Tak cuma pakai yoghurt, karena pemilik akun TikTok @presuskincare juga menambahkan bahan lain dalam triknya, yaitu oatmeal dan madu.

"Skin whitening facemask (Masker pemutih kulit)," katanya dalam keterangan video unggahan yang briliobeauty.net kutip dari akun TikTok @presuskincare, Minggu (15/10).

Yoghurt merupakan produk olahan susu yang menyehatkan bagi pencernaan. Namun bahan yang satu ini juga ampuh untuk merawat kesehatan dan kecantikan kulit lho. Salah satu manfaat masker yoghurt adalah memutihkan kulit. Hal ini berkat kandungan asam laktat pada yoghurt yang bekerja dengan menghambat produksi enzim tirosinase.

Enzim itu yang bertanggung jawab memproduksi melanin, yakni pigmen yang membuat warna kulit lebih gelap. Asam laktat dalam yoghurt juga merupakan antibiotik yang berfungsi untuk mengangkat sel-sel mati pada kulit wajah penyebab wajah kusam dan gelap.

foto: freepik.com

Sementara oatmeal, merupakan bahan makanan yang umum dikonsumsi oleh orang yang sedang berdiet. Padahal, bahan ini juga bisa membantu memutihkan kulit wajah lho. Oatmeal memiliki sifat pemutih alami yang membantu mengurangi noda gelap dan hiperpigmentasi pada kulit. Kandungan asam fenolat di dalamnya membantu mengurangi produksi melanin yang berlebihan, sehingga kulit terlihat lebih cerah merata.

Tak terkecuali dengan madu yang mengandung vitamin, seperti vitamin C dan vitamin E, serta antioksidan flavonoid di dalamnya. Berkat kandungan tersebut madu bisa membantu mencerahkan dan memutihkan kulit wajah.

foto: TikTok/@presuskincare

Ketiga bahan yang sudah disebutkan itu bisa kamu olah menjadi masker pemutih wajah yang ampuh mengatasi kulit kusam dan gelap. Jika dipakai secara rutin, kamu akan memperoleh wajah yang cerah, glowing, dan antikusam. Yuk, simak cara membuatnya.

Bahan:

1. 2 sendok makan oatmeal
2. 2 sendok makan yoghurt
3. 1 sendok makan madu

foto: TikTok/@presuskincare

Cara membuat:

1. Tuangkan bahan-bahan yang sudah disebutkan pada wadah.
2. Aduk ketiganya sampai tercampur merata.
3. Aplikasikan pada wajah dan leher yang sudah bersih secara menyeluruh.
4. Diamkan selama 10-15 menit.
5. Bilas menggunakan air sampai bersih.
6. Keringkan wajah lalu aplikasikan moisturizer andalanmu.
7. Gunakan masker ini secara rutin 2-3 kali dalam seminggu untuk mendapatkan wajah yang cerah dan putih merata.

(brl/jad)