Tak cuma peel-off mask, ini trik hilangkan spot hitam di wajah pakai 2 jenis minuman

22 Agustus 2023 22:01 WIB

Brilio.net - Meskipun memiliki banyak manfaat, sinar matahari pada dasarnya merupakan salah satu biang utama munculnya masalah pada kulit manusia. Hal ini dikerenakan sinar ultraviolet (UV) dari matahari membawa sinar UVA dan UVB.

Berdasarkan dampaknya, sinar UVA bertanggung jawab atas munculnya masalah penuaan kulit seperti garis-garis halus, keriput, hingga kulit kering. Sementara itu, sinar UVB menjadi pemicu munculnya pigmentasi pada kulit seperti flek atau spot hitam.

Sebagaimana namanya, flek atau spot hitam merupakan sebuah kondisi di mana beberapa bagian wajah dipenuhi oleh titik-titik pigmentasi yang menyebabkan warna kulit di bagian tersebut lebih gelap dibandingkan bagian lainnya. Proses munculnya flek hitam ini sendiri didasari oleh paparan sinar UV –terutama UVB– yang merangsang sel melanosit dalam kulit untuk memproduksi melanin, pigmen yang memberi warna kulit, menjadi lebih cepat. Akibatnya, penumpukan pigmen warna akan memberi warna gelap pada kulit dan memunculkan flek hitam tersebut.

Akan tetapi, kamu nggak usah khawatir kok. Selain kamu harus rajin menggunakan sunscreen untuk sebagai pelindung kulit dari matahari, kamu juga bisa memanfaatkan bahan alami sebagai solusi alternatif. Caranya bisa kamu lakukan dengan meniru trik sederhana menggunakan bubuk kopi, susu, dan tepung gram sebagaimana ditunjukkan oleh @mysha_beauty_queen melalui Instagram, dilansir briliobeauty.net pada Selasa (22/8).

foto: freepik.com

Bubuk kopi mengandung antioksidan, seperti asam klorogenat, yang membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas. Antioksidan ini juga dapat merangsang produksi kolagen, protein yang membantu menjaga elastisitas dan kekencangan kulit. Selain itu, bubuk kopi juga memiliki sifat eksfoliasi alami yang dapat membantu mengangkat sel-sel kulit mati dan merangsang regenerasi sel baru.

foto: freepik.com

Susu merupakan minuman bernutrisi yang memiliki banyak manfaat tidak hanya ketika diminum, namun juga sebagai perawatan kulit. Susu mengandung asam laktat, sejenis asam alpha hydroxy (AHA) yang membantu mengangkat lapisan sel kulit mati dengan lembut dan merangsang pertumbuhan sel-sel kulit baru. Kandungan ini membuat susu efektif dalam membantu proses meratakan warna kulit dan mengurangi penampilan flek hitam.

foto: freepik.com

Tepung gram, yang acap dikenal sebagai tepung kacang hijau, merupakan salah satu bahan makanan pokok yang terkenal dari India. Tepung gram memiliki kualitas eksfoliasi yang lembut sehingga membantu menghilangkan sel-sel kulit mati yang menyebabkan siku menghitam. Selain itu, tepung gram juga memiliki sifat pemutih alami yang membantu mencerahkan kulit.

Nah, ketiga bahan di atas ini bisa kamu gunakan dengan cara sebagai berikut:

Alat dan bahan:

1. 1 sendok makan tepung gram

2. 1 sendok teh bubuk kopi

3. 2 sendok teh susu murni

4. Peel-off mask jenis apapun

5. Wadah kecil

Langkah pengerjaan:

foto: Instagram/@mysha_beauty_queen

1. Masukkan 1 sendok makan tepung gram ke dalam sebuah wadah kecil.

2. Tambahkan 1 sendok teh bubuk kopi setelahnya.

3. Tuangkan 2 sendok teh susu murni bersama 2 bubuk tadi.

4. Aduk seluruh bahan hingga berbentuk pasta.

5. Tambahkan peel-off mask jenis apapun yang kamu miliki secukupnya, lalu aduk kembali hingga rata.

6. Aplikasikan ke wajah yang telah dibersihkan dan tunggu hingga mengering (10-15 menit).

7. Setelahnya, angkat masker tersebut dan bersihkan residunya dengan air.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Mysha beauty queen (influencer) (@mysha_beauty_queen)

(brl/pep)