Tak cuma pisang, wanita ini bagikan cara bikin wajah kencang antikeriput pakai tambahan 2 bahan alami

29 / 05 / 2024 11:13 WIB

Brilio.net - Berbagai tanda penuaan akan mulai muncul saat seseorang memasuki usia senja. Meski begitu, tanda-tandanya akan mulai terlihat di usia 30 tahun ke atas.

Beberapa tanda penuaan yang dimaksud adalah keriput, kerutan, garis halus, dan wajah yang mulai mengendur. Ini terjadi sebagai efek menurunnya kadar kolagen dan elastin pada jaringan kulit.

Seiring bertambahnya usia produksi kolagen dan elastin pada kulit akan mengalami penurunan, sehingga kulit akan kehilangan kekencangan dan elastisitasnya. Selain karena faktor penuaan, wajah kendur dan keriput juga disebabkan oleh faktor lain, seperti paparan sinar matahari yang berlebih, polusi, perubahan cuaca, kulit kering atau dehidrasi, dan gaya hidup yang tidak sehat.

Kondisi ini cukup mengganggu penampilan dan menurunkan kepercayaan diri. Tak heran banyak orang mencari cara untuk mengencangkan wajah dan membuatnya bebas dari tanda penuaan. Salah satu cara yang paling banyak dilakukan adalah dengan memanfaatkan bahan-bahan alami.

Bukan tanpa alasan, bahan-bahan alami banyak dipilih karena memiliki harga yang relatif ramah di kantong, minim risiko, dan tak kalah efektif dari penggunaan skincare atau perawatan mahal di salon kecantikan. Seperti unggahan yang dibagikan oleh seorang wanita melalui akun TikTok pribadinya @suzu_pari, yang memakai pisang dan menambahkan 2 bahan alami. Bahan alami yang dimaksud adalah madu dan susu murni.

foto: TikTok/@suzu_pari

Kandungan pisang untuk menjaga kekencangan kulit dan mencegah keriput.

Pisang menjadi salah satu buah yng bisa membantu menunda dan mencegah penuaan kulit. Ini berkat kandungan potasium dan antioksidan dalam pisang yang dipercaya dapat menghidrasi kulit kering dan membuatnya lebih kenyal. Kandungan antioksidan pada pisang juga efektif mencegah munculnya garis-garis halus dan tanda penuaan kulit lainnya.

Manfaat madu untuk mengatasi wajah kendur dan keriput.

Madu adalah salah satu bahan alami yang berfungsi sebagai antiaging. Kandungan vitamin dan mineral yang sangat kaya di dalamnya bisa menenangkan kulit yang mengalami peradangan, menghilangkan garis halus, mengencangkan kulit, serta memudarkan noda dan flek hitam pada kulit wajah. Seperti yang dilansir dari Healthline, kandungan vitamin dan antioksidan dalam madu ampuh mengatasi berbagai permasalahan kulit.

Susu murni dapat menunda penuaan kulit wajah.

Tak hanya baik untuk kesehatan tubuh, susu juga memiliki beragam manfaat untuk kecantikan kulit. Pasalnya, bahan alami ini mengandung protein tinggi serta memiliki sifat antibakteri, antijamur, dan antioksidan. Karena itulah, susu dipercaya dapat mengencangkan sekaligus menjadi pelembap alami kulit. Bahkan kandungan antioksidan di dalamnya juga efektif untuk memperbaiki kondisi kulit, sehingga membuatnya terlihat awet muda.

Mengandalkan tiga bahan alami tersebut, kamu bisa membuat masker wajah yang diklaim efektif untuk mengencangkan wajah kendur dan mencegah munculnya keriput. Yuk, simak cara membuat dan menggunakannya berikut ini, seperti yang telah briliobeauty.net lansir dari akun TikTok @suzu_pari, Rabu (29/5).

foto: TikTok/@suzu_pari

Bahan:

- 1 buah pisang matang
- 1 sendok makan susu murni
- 1 sendok makan madu

Cara membuat dan menggunakan:

1. Kupas pisang lalu potong-potong menjadi bagian yang lebih kecil
2. Tambahkan susu dan madu lalu haluskan hingga teksturnya seperti pasta
3. Cuci wajah terlebih dahulu sampai bersih
4. Gosokkan bagian dalam kulit pisang pada wajah secara menyeluruh (kulit pisang juga mengandung vitamin serta zat potasium yang mampu menghidrasi kulit)

foto: TikTok/@suzu_pari

5. Lanjutkan dengan mengaplikasikan masker pada wajah
6. Diamkan selama 20 menit lalu bilas menggunakan air sampai bersih
7. Keringkan kemudian aplikasikan moisturizer
8. Lakukan cara ini dengan rutin 2-3 kali seminggu untuk mendapatkan wajah yang kencang dan bebas keriput.