Tak cuma putih telur, cewek ini bagikan cara bersihkan pori-pori wajah pakai tambahan 2 bahan dapur

16 / 05 / 2024 13:11 WIB

Brilio.net - Beberapa permasalahan kulit wajah disebabkan oleh pori-pori yang kotor. Padahal pori-pori seharusnya tetap dalam kondisi bersih, agar regenerasi kulit tetap berjalan dengan baik dan terhindar dari berkembangnya bakteri penyebab jerawat.

Pori-pori sebenarnya adalah komponen kulit yang bertugas untuk menyalurkan sebum atau minyak alami kulit Ini sebagai upaya untuk menjaga kulit tetap lembap dan kenyal. Namun sayangnya, terkadang pori-pori wajah jadi tampak lebih besar dan kotor.

Bukan tanpa alasan, kondisi ini disebabkan karena penyumbatan kotoran. Kotoran yang dimaksud adalah penumpukan sel kulit mati, sisa makeup yang tak dibersihkan secara optimal, debu, dan polusi.

Berbagai kotoran tersebut akan menyumbat pori-pori dan menyebabkan berbagai permasalahan kulit. Seperti komedo, beruntusan, hingga jerawat meradang. Bahkan kulit juga jadi tampak kusam, bertekstur, dan memiliki warna yang tidak merata. Nah, kotoran tersebut juga akan menjadi tempat berkembangnya bakteri penyebab munculnya jerawat meradang.

Oleh karena itu, kamu perlu melakukan perawatan untuk membersihkan pori-pori wajah. Salah satunya yaitu dengan melakukan eksfoliasi secara rutin. Dalam metode skin cycling, eskfoliasi jadi hal penting yang bisa dilakukan dengan berbagai cara. Mulai dari eksfoliasi dengan toner dan serum, hingga menggunakan eksfoliator dari bahan alami.

Kamu juga bisa mengangkat kotoran yang terjebak di pori-pori wajah dengan menggunakan masker alami. Seperti yang diunggah oleh seorang cewek melalui akun TikTok pribadinya @_ayira_, yang memakai putih telur dengan tambahan 2 bahan dapur. Nah, bahan dapur yang dimaksud adalah bubuk kunyit dan lemon.

foto: TikTok/@_ayira_

Manfaat putih telur untuk membersihkan pori-pori wajah.

Putih telur ternyata bisa digunakan sebagai eksfoliator alami, yang mampu mengangkat sel kulit mati, minyak berlebih, debu, dan kotoran yang menyumbat di dalam pori-pori. Ini berkat kandungan protein, vitamin, karbohidrat, kalsium, kolin, fosfor, sodium, zat besi, magnesium, kalium, seng, selenium, lutein, zeaxanthin, folat dan lain sebagainya.

Kandungan bubuk kunyit untuk mengangkat kotoran penyebab wajah kusam dan pori-pori kotor.

Bubuk kunyit memiliki komponen senyawa aktif seperti kurkumin yang bersifat antiinflamasi dan antioksidan. Berkat kandungannya itu, kunyit menjadi bahan yang efektif dalam membantu mengecilkan pori-pori dengan mengurangi produksi minyak berlebih. Kunyit juga dapat meminimalisir peradangan kulit dan mencegah pertumbuhan bakteri penyebab jerawat. Sifat pembersih dan pencerah alaminya, efektif untuk membersihkan kotoran penyebab wajah kusam dan pori-pori yang tersumbat.

 

Lemon efektif untuk membersihkan pori-pori wajah secara optimal.

Selain vitamin C, lemon juga mengandung antioksidan dan asam sitrat yang baik untuk kesehatan kulit. Melansir dari Healthline, kandungan asam sitrat pada lemon dapat bertindak sebagai eksfoliator alami untuk mengangkat sel-sel kulit mati yang menyumbat pori-pori. Secara umum, asam sitrat berperan penting sebagai astringent alami yang dapat membantu membersihkan pori-pori dan mengontrol produksi minyak di kulit.

Mengandalkan tiga bahan dapur tersebut, kamu dapat membuat masker wajah peel off yang efektif untuk membersihkan pori-pori wajah agar terhindar dari masalah kulit yang lainnya. Ini cara membuat dan menggunakannya, seperti yang telah briliobeauty.net lansir dari akun TikTok @_ayira_, Kamis (16/5).

foto: TikTok/@_ayira_

Bahan:

- 1 butir putih telur
- Perasan lemon secukupnya
- 1/2 sendok teh bubuk kunyit
- Tisu kecantikan

foto: TikTok/@_ayira_

Cara membuat dan menggunakan:

1. Pecahkan telur dan ambil putihnya saja
2. Tambahkan lemon dan bubuk kunyit
3. Aduk ketiga bahan tersebut sampai tercampur merata
4. Cuci wajah terlebih dahulu dan pastikan bersih dari kotoran sebelum menggunakan masker ini
5. Aplikasikan masker pada wajah secara menyeluruh
6. Tempelkan tisu kecantikan lalu timpa kembali dengan masker
7. Pastikan tisu menempel di wajah
8. Diamkan sampai kering atau sekitar 15-20 menit
9. Lepaskan tisu dari wajah secara perlahan
10. Bilas menggunakan air sampai bersih
11. Lanjutkan dengan penggunaan pelembap
12. Lakukan cara ini dengan rutin 2 kali seminggu untuk mendapatkan wajah lebih mulus.