Tak cuma tepung beras, ini trik pudarkan noda hitam agar wajah glowing pakai 1 produk fermentasi

28 November 2023 18:10 WIB

Brilio.net - Baik generasi remaja maupun dewasa sejatinya sering terlibat pada aktivitas padat yang harus dikerjakan di luar ruangan. Hal ini membuat mereka lebih sering terpapar sinar matahari yang bercampur dengan polusi di sekitar. Kondisi ini kemudian sering memicu terjadinya proses penggelapan pada kulit, salah satunya melalui kemunculan bercak flek hitam yang membuat warna kulit menjadi belang dan terkesan kotor.

Mengapa paparan sinar matahari dan polusi dapat memunculkan masalah kulit tersebut? Baik sinar matahari maupun polusi sejatinya dapat memicu kerusakan sel-sel kulit. Kondisi ini kemudian memicu percepatan produksi melanin (pigmen warna) di dalam kulit untuk kembali memperbaiki kerusakan tersebut. Nah, penumpukan melanin di lapisan atas kulit inilah yang nanti memunculkan noda bercak gelap yang disebut flek hitam tadi.

Tak hanya itu, noda hitam di wajah juga bisa muncul akibat permasalahan bekas jerawat. Salah satu dari bekas jerawat memang bisa meninggalkan noda hitam, yang dikenal dengan istilah Post inflammatory Hyperpigmentation (PIH). Bekas jerawat ini muncul sebagai respons terhadap kerusakan kulit akibat jerawat, di mana sel-sel kulit baru yang tumbuh untuk memperbaiki kulit akan membawa melanin berlebih. Akibatnya, jerawat yang sudah sembuh itu kemudian perlahan meninggalkan bekas kehitaman.

Eits walau begitu, kamu nggak usah panik jika dihadapkan pada kondisi tersebut. Soalnya, kamu bisa mencoba membuat racikan dari bahan alami sebagai solusi alternatif mengatasi masalah kulit satu ini.

Salah satu triknya adalah dengan memanfaatkan campuran yoghurt, tepung beras, dan kunyit, sebagaimana diperagakan oleh pemilik akun Instagram @judith_haris yang dilansir briliobeauty.net pada Selasa (28/11).

foto: freepik.com

Yoghurt merupakan produk hasil fermentasi susu yang dikenal kaya akan senyawa berkhasiat seperti asam laktat, probiotik, vitamin B, kalsium, dan zinc. Asam laktat memberikan manfaat besar dengan bertindak sebagai agen pencerah alami yang membantu mengurangi hiperpigmentasi dan merangsang pembentukan sel-sel kulit baru. Sementara itu, probiotik membantu memperkuat lapisan pelindung alami kulit sehingga kulit pun menjadi lebih sehat dan tidak gampang terkena masalah lainnya.

foto: freepik.com

Tepung beras juga memiliki manfaat besar dalam perawatan kulit. Tepung beras mengandung sifat eksfoliasi alami yang membantu menghilangkan lapisan sel kulit mati dan membersihkan pori-pori. Sifat ini membantu mencerahkan kulit wajah dan mengurangi munculnya noda hitam. Tepung beras juga memiliki sifat menyerap minyak, sehingga cocok untuk mengontrol produksi sebum yang bisa memicu jerawat.

foto: freepik.com

Kunyit adalah rempah dapur yang dikenal mengandung zat antioksidan dan antiinflamasi yang tinggi, seperti kurkumin. Senyawa kurkumin memiliki kemampuan yang dapat membantu mengurangi produksi melanin berlebih, sehingga bisa mencerahkan kulit. Selain itu, kunyit juga memiliki sifat antibakteri yang secara aktif dapat mengurangi potensi munculnya bekas jerawat di kulit.

Untuk menggunakan ketiga bahan ini, kamu cukup mengikuti beberapa langkah di bawah berikut.

Alat dan bahan:

1. 1 sendok makan tepung beras
2. 1/2 sendok makan bubuk kunyit
3. Yoghurt murni secukupnya
4. 1 kapsul vitamin E (opsional)
5. Wadah kecil

Langkah pengerjaan:

foto: Instagram/@judith_haris

1. Masukkan 1 sendok makan tepung beras dalam wadah kecil.
2. Tambahkan 1,2 sendok makan kunyit setelahnya.
3. Tuangkan sedikit yoghurt murni bersama seluruh bahan tadi.
4. Bila ada, campurkan 1 kapsul vitamin E ke dalam campuran tersebut (opsional).
5. Aduk seluruh bahan hingga konsistensinya tercampur rata.
6. Oleskan secara merata sebagai masker di wajah sembari dipijat lembut beberapa saat.
7. Diamkan selama 10-15 menit sebelum dibilas dengan air hingga bersih dari residu.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Icrea_te_foru (@judith_haris)

(brl/jad)