Tak cuma untuk bersihkan makeup, wanita ini tunjukkan fungsi lain tak terduga dari cleansing balm

6 Agustus 2024 18:11 WIB

Brilio.net - Cleansing balm menjadi produk perawatan kulit yang dirancang untuk membersihkan wajah secara mendalam. Terbuat dari campuran bahan-bahan berminyak seperti minyak nabati, butter, dan emolien lainnya, cleansing balm menawarkan metode pembersihan yang efektif dan lembut.

Ketika diaplikasikan pada kulit, balm ini akan meleleh dan mengemulsi, sehingga mampu mengangkat kotoran, minyak, dan makeup dengan mudah. Selain itu, cleansing balm juga sering kali diperkaya dengan berbagai bahan aktif seperti antioksidan dan vitamin yang memberikan manfaat tambahan bagi kulit, seperti mengurangi tanda-tanda penuaan atau menenangkan iritasi.

Penggunaan cleansing balm dalam rutinitas pembersihan wajah dapat menjaga kesehatan kulit secara keseluruhan, dengan membersihkan kulit tanpa merusak lapisan pelindung alami kulit. Dengan manfaat yang ditawarkan, tak heran jika cleansing balm menjadi pilihan utama banyak orang dalam merawat dan membersihkan kulit.

Meski begitu, ternyata cleansing balm punya manfaat lain untuk wajah selain membersihkan makeup lho. Pasalnya, bahan pembersih ini bisa mengatasi komedo di sekitar hidung. Seperti unggahan yang dibagikan oleh pengguna TikTok dengan nama akun @veetcc, yang memanfaatkan cleansing balm untuk menghilangkan komedo di hidung.

foto: TikTok/@veetcc

"selain buat bersihin makeup bisa dipake buat basmi komedo juga," kata pemilik akun dalam keterangan video unggahan, yang briliobeauty.net kutip dari akun TikTok @veetcc, Selasa (6/8).

Cara penggunaannya cukup mudah, kamu hanya perlu menyiapkan cleansing balm favoritmu. Setelah itu, cuci wajah sampai bersih dan pastikan tak ada makeup yang menempel.

Keringkan wajah, kemudian rendam kapas di air hangat, dan gunakan untuk mengompres area hidung. Ini dilakukan untuk membuka pori-pori area hidung, sehingga memudahkan proses pengangkatan komedo.

foto: TikTok/@veetcc

Aplikasikan cleansing balm pada area hidung dan pijat-pihat dengan lembut selama 3-5 menit. Lebih lanjut, bilas menggunakan air sampai bersih. Metode ini akan membuat komedo di area hidung terangkat dan bikin kulit jadi terasa lebih halus.

foto: TikTok/@veetcc

Cleansing balm mengangkat komedo di area hidung tanpa kulit iritasi.

Cleansing balm mampu mengangkat komedo di area hidung tanpa menyebabkan iritasi karena formulanya yang lembut namun efektif. Produk ini mengandung bahan-bahan berbasis minyak atau butter yang memiliki kemampuan untuk melarutkan sebum dan kotoran yang menyumbat pori-pori.

Saat balm ini diaplikasikan dan dipijat pada kulit, ia akan meleleh menjadi minyak yang dapat menembus dan melunakkan komedo, serta mengangkat sel-sel kulit mati dan kotoran lainnya dari permukaan kulit. Proses emulsifikasi ini membantu mengeluarkan komedo secara perlahan tanpa perlu menggosok dengan kasar, yang sering kali dapat menyebabkan iritasi atau peradangan pada kulit sensitif.

(brl/lea)