Tak dicampur gula, ini trik hilangkan bulu halus di wajah bikin kulit auto mulus pakai 1 bahan makanan

12 / 11 / 2023 04:00 WIB

Brilio.net - Sebagian besar orang mungkin ada yang memiliki bulu halus di permukaan kulit wajah. Tumbuhnya bulu halus ini ada yang samar-samar terlihat atau bahkan tampak jelas. Nah, bulu halus yang terlihat inilah mungkin membuat orang merasa tidak nyaman. Selain mengganggu penampilan, bulu halus ini membuat pengaplikasian makeup cukup sulit.

Penyebab dari adanya bulu halus ini dipengaruhi oleh beberapa faktor. Pertama yaitu faktor genetik, perlu kamu ketahui kebanyakan orang memiliki bulu halus di wajah sebagai hasil dari genetik. Jika orangtua kamu memiliki bulu halus di wajah, kemungkinan kamu mempunyai hal yang sama. Dan faktor kedua yaitu perubahan hormon dalam tubuh. Kondisi ini terjadi ketika masa pubertas atau kehamilan terjadi. Perubahan hormon bisa meningkatkan pertumbuhan bulu halus.

Meskipun dianggap mengganggu, adanya bulu halus di wajah ini memiliki beberapa fungsi yaitu perlindungan bagi kulit, mengatur suhu tubuh, dan membantu penyebaran minyak pada kulit. Namun bagi kamu yang merasa terganggu dengan adanya bulu halus, masalah ini bisa kamu atasi dengan berbagai cara. Banyak orang yang menggunakan cara shaving (mencukur) dan waxing, kemungkinan bisa memberikan rasa nyeri ketika dilakukan.

Tak perlu khawatir, kini kamu bisa menghilangkan bulu halus di wajah dengan menggunakan masker dari bahan alami. Dalam masker ini tidak butuh gula sebagai bahan eksfoliator. Sebagai gantinya, kamu bisa menggunakan tepung gram dalam proses eksfoliasi wajah.

Tepung gram memiliki tekstur yang lembut dan bisa digunakan sebagai bahan eksfoliasi alami. Ini membantu mengangkat sel-sel kulit mati dan kotoran dari permukaan kulit, yang dapat membuat kulit wajah tampak lebih cerah dan halus. Adanya proses eksfoliasi juga bisa membantu menghambat pertumbuhan bulu halus.

Sementara itu, minyak kelapa menjadi pelembap alami karena mengandung asam lemak. Tidak hanya itu, kandungan tersebut juga mampu menghidrasi kulit sehingga tampak halus dan lembut.

Lantas bagaimana cara membuat dan menggunakan masker dari bahan-bahan di atas? Bagi kamu yang ingin mencoba bisa mengikuti trik di bawah ini.

foto: YouTube/glowybeauty

Bahan-bahan:

1. 1 sendok makan tepung gram
2. 1 sendok makan minyak kelapa.

foto: YouTube/glowybeauty

Cara membuat:

1. Masukkan tepung gram pada mangkuk
2. Campurkan minyak kelapa
3. Aduk-aduk semua bahan hingga tercampur rata.

foto: YouTube/glowybeauty

Cara menggunakan:

1. Pastikan wajah bersih terlebih dahulu
2. Aplikasikan masker tersebut pada wajah dan leher
3. Diamkan kurang lebih 15 menit
4. Bersihkan menggunakan air bersih
5. Keringkan wajah dengan handuk bersih.