Tak dicampur lidah buaya, wanita ini bagikan cara mengecilkan pori-pori membesar pakai 1 jenis makanan

06 / 05 / 2024 15:11 WIB

Brilio.net - Setiap wanita mungkin mendambakan tampilan wajah dengan kulit mulus dengan tekstur halus. Wajah halus memang membuat kamu terlihat lebih cantik. Bahkan saat menggunakan riasan, produk makeup mampu menempel dengan sempurna. Terkadang masalah seperti pori-pori membesar membuat impian itu gugur. Pasalnya pori-pori membesar menjadikan kulit wajah terlihat lebih kasar dan gradakan.

Tak hanya itu, kulit dengan pori-pori membesar berisiko mengalami masalah lainnya, seperti jerawat dan komedo. Penyebabnya bisa dipicu dari produksi sebum yang berlebihan. Sebum adalah minyak alami yang diproduksi oleh kelenjar sebaceous di bawah permukaan kulit.

Produksi sebum yang berlebihan dapat menyebabkan pori-pori tersumbat dan membesar. Selain disebabkan oleh minyak, sel-sel kulit mati yang menumpuk di permukaan kulit juga berisiko menyumbat pori-pori.

Melihat faktor-faktor di atas, kamu perlu membersihkan wajah secara rutin agar pori-pori mengecil. Cara membersihkannya cukup mudah, kamu bisa menggunakan produk pembersih atau mengaplikasikan masker yang terbuat dari bahan alami.

Perawatan inilah yang juga dilakukan oleh wanita bernama Nasya. Lewat unggahan short video di kanal YouTubenya @nasyarazeta2022, ia membuat masker dari satu jenis makanan yaitu mentimun yang dikombinasikan dengan rosewater.

Mentimun mengandung sejumlah besar air, sehingga dapat memberikan efek menyegarkan pada kulit. Ini membantu menjaga kulit tetap terhidrasi dan dapat memberikan sensasi dingin yang menyegarkan. Mentimun mengandung senyawa-senyawa anti-inflamasi yang dapat membantu meredakan peradangan pada kulit.

Ini dapat bermanfaat untuk mengurangi kemerahan dan peradangan yang terkait dengan pori-pori yang membesar. Kandungan flavonoid dan antioksidan dalam mentimun dapat membantu meningkatkan elastisitas kulit dan mengencangkan pori-pori yang membesar.

Rosewater memiliki sifat yang dapat menyeimbangkan pH kulit, membantu menjaga kulit tetap sehat dan mengurangi produksi sebum berlebih. Rosewater kaya akan antioksidan yang dapat melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas dan membantu memperbaiki kerusakan sel. Rosewater memiliki sifat pembersih yang lembut, membantu membersihkan pori-pori dan mengangkat kotoran serta minyak berlebih dari permukaan kulit.

Lantas bagaimana cara membuat masker dari kedua bahan tersebut? Bagi kamu yang ingin mencoba, berikut ini tutorial yang bisa kamu gunakan sebagaimana briliobeauty.net rangkum dari kanal YouTube @nasyarazeta2022, Senin (6/5).

Bahan dan alat:

foto: YouTube/@nasyarazeta2022

- Mangkuk bersih
- Parutan
- 1/2 buah mentimun
- rosewater
- 2 buah kapas.

Cara membuat:

foto: YouTube/@nasyarazeta2022

1. Cuci bersih mentimun dan kupas kulitnya
2. Parut mentimun dengan tekstur halus
3. Masukkan ke dalam mangkuk, sembari peras hingga keluar airnya
4. Campurkan dengan rosewater secukupnya
5. Aduk hingga tercampur rata.

Cara menggunakan:

foto: YouTube/@nasyarazeta2022

1. Masukkan kapas ke dalam pembersih alami
2. Tempelkan kapas pada wajah
3. Tunggu selama 15 menit hingga bahan kandungan meresap
4. Usap-usapkan kapas secara perlahan
5. Bilas dengan air bersih
6. Gunakan cara ini untuk mengecilkan pori-pori wajah secara rutin dua atau tiga kali dalam seminggu.

Mentimun bantu hilangkan jerawat.

Mentimun adalah bahan alami yang sering digunakan dalam perawatan kulit karena kandungan nutrisinya yang kaya dan sifat-sifatnya yang dapat membantu mengatasi masalah kulit, termasuk jerawat. Dilansir dari exposedskincare.com, Senin (6/5) mentimun mengandung antiinflamasi yang dapat membantu meredakan peradangan dan kemerahan yang terkait dengan jerawat. Sifat antiinflamasi dapat membantu mengurangi ukuran jerawat.

Sementara itu, kandungan air yang tinggi dalam mentimun membuatnya memiliki efek menyegarkan pada kulit. Mentimun juga memiliki sifat menenangkan yang dapat membantu meredakan iritasi dan ketidaknyamanan yang disebabkan oleh jerawat.

Mentimun memiliki sifat astringent yang ringan, yang dapat membantu menyempitkan pori-pori dan mengurangi produksi minyak berlebih. Sehingga dapat membantu mencegah pembentukan jerawat baru dan mengurangi risiko terjadinya komedo.