Tak gunakan kopi, ini cara mengecilkan pori-pori di wajah agar terlihat mulus cuma dengan 1 ampas buah

08 / 05 / 2024 22:10 WIB

Brilio.net - Pori-pori kulit adalah bagian alami dari struktur kulit manusia yang memungkinkan keluarnya minyak dan keringat dari dalam tubuh. Namun bagi sebagian orang, pori-pori yang terlihat besar atau tersumbat dapat menjadi sumber kekhawatiran karena kulit wajah tampak tak halus dan gradakan. Mengecilkan pori-pori adalah tujuan yang sering dicari banyak orang untuk mencapai tampilan kulit yang lebih halus dan bersinar.

Pada kulit normal yang sehat, lubang pada pori-pori umumnya akan terlihat kecil dan samar. Hal inilah yang membuat kulit dengan kondisi pori-pori tersebut terkesan begitu mulus dan enak dipandang.

Akan tetapi, nyatanya ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan pori-pori jadi terlihat membesar lho. Salah satu sebab pori-pori dapat membesar adalah adanya produksi minyak berlebih di kulit. Produksi minyak kulit alias sebum ini pada dasarnya akan membuat pori-pori terbuka lebih lebar dari biasanya.

Dalam prosesnya, seringkali kotoran, sel kulit mati, dan bakteri pada kulit akan menempel dan terperangkap di area pori-pori sehingga rentan membuatnya menjadi tersumbat. Akibatnya, pori-pori yang membesar dan tersumbat itu tidak hanya membuat kulit menjadi kasar, namun juga rentan terkena komedo dan jerawat.

Eits, kamu yang menghadapi masalah ini nggak perlu bingung kok. Selain kini kamu bisa mendapatkan berbagai produk skincare yang dikhususkan untuk mengatasi masalah ini, kamu juga bisa lho mengandalkan manfaat yang dikandung oleh bahan alami yang nggak kalah efektif sebagai solusi alternatif.

Salah satunya seperti memanfaatkan ampas buah yaitu kulit pisang, sebagaimana dicontohkan oleh @theglobalistagirl di Instagram yang dilansir briliobeauty.net pada Rabu (8/5). Manfaat kulit pisang dalam mengatasi pori-pori besar dan menghaluskan tekstur kulit sejatinya terletak pada efek eksfoliasi alaminya.

foto: freepik.com

Kandungan enzim dalam kulit pisang dapat membantu mengangkat sel kulit mati dan merangsang regenerasi sel-sel baru. Hal ini membuat kulit pisang tidak hanya efektif dalam membantu membersihkan pori-pori, namun juga meratakan tekstur dan warna kulit agar tampak lebih cerah.

Selain itu, kulit pisang juga mengandung banyak senyawa berkhasiat meliputi vitamin C, vitamin E, antioksidan, dan potassium yang dapat merangsang produksi kolagen, melindungi kulit, sekaligus membantu menjaga kelembapan alaminya.

Kandungan kulit pisang bisa cegah penuaan.

Selain manfaat yang telah disebutkan, kulit pisang mempunyai manfaat lain bagi kecantikan wajah, salah satunya adalah mencegah penuaan. Kulit pisang mengandung antioksidan, termasuk lutein, zeaxanthin, dan beta-karoten, yang membantu melawan kerusakan akibat radikal bebas dan menjaga kekencangan kulit. Antioksidan ini membantu melindungi kulit dari kerusakan sinar UV dan polusi lingkungan yang dapat menyebabkan penuaan kulit.

Kulit pisang juga mengandung vitamin C yang merupakan antioksidan kuat yang membantu dalam produksi kolagen. Kolagen adalah protein struktural yang memberikan kekencangan dan elastisitas pada kulit, sehingga membantu mengurangi kemunculan garis-garis halus dan kerutan.

Senyawa antiinflamasi dalam kulit pisang dapat membantu meredakan peradangan pada kulit, seperti jerawat atau kemerahan, sehingga menjaga kulit tetap tenang dan sehat. Sementara itu, kulit pisang mengandung sejumlah air yang dapat membantu menjaga kulit terhidrasi. Kulit yang terhidrasi dengan baik cenderung terlihat lebih kenyal dan bercahaya, serta membantu mengurangi tanda-tanda penuaan seperti kulit kering dan bersisik.

Nah, cara penggunaan bahan di atas bagi kulit sendiri bisa kamu lihat pada petunjuk di bawah ini.

Alat dan bahan:

- 1 buah pisang
- Pisau bersih.

Cara membuat:

foto: Instagram/@theglobalistagirl

1. Ambil 1 buah pisang dan pisahkan kulitnya.
2. Potonglah kulit pisang tersebut menjadi 2 bagian.
3. Iris-iris bagian dalam kulit pisang tersebut menggunakan pisau.
4. Aplikasikan kulit pisang tadi ke wajah dengan cara mengusapkannya selama beberapa saat ke wajah, terutama pada bagian bermasalah.
5. Diamkan selama 15 menit.
6. Bila dirasa cukup, bilaslah dengan air hingga bersih dan lanjutkan dengan pemakaian skincare lainnya.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Akriti Bhardwaj (@theglobalistagirl)