Tak gunakan scrub lemon, cewek ini cerahkan kulit ketiak menghitam pakai 1 bubuk minuman

15 / 05 / 2024 16:11 WIB

Brilio.net - Perawatan kulit tidak hanya diperuntukkan pada wajah, namun bagian tubuh lain seperti kulit ketiak juga membutuhkan perawatan rutin. Layaknya wajah, kulit ketiak juga bisa mengalami hiperpigmentasi atau perubahan warna menjadi hitam. Bagi kebanyakan orang ketiak menghitam akan mengganggu penampilan mereka. Terlebih, bagi yang suka menggunakan baju dengan model sleeveless (tanpa lengan). Tentunya kulit ketiak menghitam bikin kamu tak percaya diri.

Untuk memulihkan rasa percaya diri, kamu perlu merawat kulit ketiak agar tampak cerah dan wangi. Namun sebelum mengetahui informasi cara mencerahkan kulit ketiak hitam, lebih baik simak penyebabnya terlebih dahulu.

Salah satu penyebab kulit ketiak menghitam berasal dari penggunaan deodoran dan antiperspirant. Kedua produk ini mengandung bahan kimia yang bisa menyebabkan iritasi pada kulit sensitif di ketiak. Iritasi ini dapat memicu hiperpigmentasi yaitu produksi melanin berlebih yang membuat kulit tampak lebih gelap.

Selain itu, mencukur ketiak secara rutin dapat menyebabkan kulit menjadi kasar dan iritasi. Proses mencukur juga dapat menyebabkan trauma berulang pada kulit, yang akhirnya mengarah pada penggelapan kulit. Di sisi lain, adanya sisa rambut yang tidak terpotong sempurna dapat memberikan kesan ketiak yang lebih gelap.

Penyebab lain yaitu sel kulit mati yang menumpuk di permukaan ketiak dapat membuatnya terlihat lebih gelap. Jika tidak dibersihkan secara rutin, penumpukan ini bisa menyebabkan ketiak menghitam.

Nah, kamu bisa membersihkan kulit ketiak dengan metode eksfoliasi. Selain mampu membersihkan, juga eksfoliasi juga membuat kulit ketiak jadi cerah. Kamu bisa memanfaatkan bahan-bahan alami untuk mengeksfoliasi kulit. Seperti dilakukan seorang cewek pemilik akun Instagram @manisfaceyoga. Dalam unggahan short video di Instagram, ia tak pakai scrub lemon melainkan bubuk kopi yang dikombinasikan kapsul vitamin E.

Kegunaan lemon digantikan dengan bubuk kopi, lantaran bahan minuman ini punya sifat eksfoliasi yang bisa membantu mengangkat sel-sel kulit mati dan kotoran dari ketiak. Dilansir dari shopequo.com, Rabu (15/5) adanya kandungan kafein dalam bubuk kopi meningkatkan sirkulasi darah yang bisa meregenerasi sel kulit dan mencerahkan tampilan. Kandungan antioksidan dalam kopi juga bisa melawan kerusakan kulit akibat radikal bebas dan meremajakannya.

Kulit ketiak jadi cerah dengan kapsul vitamin E.

Bahan berikutnya pada perawatan kulit ketiak ini adalah kapsul vitamin E. Terkenal karena sifat pelembapnya, kapsul vitamin E menjaga kulit tetap lembut dan kenyal. Sifat pelembap ini membantu mempercepat penyembuhan kulit yang teriritasi. Perlu diketahui, kapsul vitamin E merupakan antioksidan kuat yang melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas dan membantu memperbaiki kulit yang rusak. Selain itu, kapsul vitamin E diklaim bisa mengurangi bintik hitam dan hiperpigmentasi dengan mempercepat regenerasi sel kulit baru.

Lantas bagaimana cara menggunakan dan membuat scrub dari bahan-bahan di atas? Yuk simak informasi di bawah ini sebagaimana briliobeauty.net rangkum dari akun Instagram @manisfaceyoga, Rabu (15/5).

Bahan:


foto: Instagram/@manisfaceyoga

- 2 kapsul vitamin E
- 2 sendok makan bubuk kopi

Cara membuat:

foto: Instagram/@manisfaceyoga

1. Siapkan mangkuk bersih.
2. Masukkan bubuk kopi.
3. Campurkan dengan kapsul vitamin E.
4. Aduk semua bahan hingga tercampur rata.
5. Scrub ketiak siap kamu gunakan.

Cara menggunakan:

foto: Instagram/@manisfaceyoga

1. Pastikan kulit ketiak kering.
2. Olekan scrub pada kulit ketiak.
3. Diamkan selama 15 menit.
4. Gosok-gosokkan secara perlahan.
5. Bilas menggunakan air biasa.
6. Ulangi penggunaan trik ini secara rutin agar mendapatkan hasil yang kamu inginkan.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Manasvani Yoga (@mansifaceyoga)