Tak hanya aloe vera, ini trik hilangkan keriput membandel agar wajah awet muda pakai 1 jenis air bekas

6 November 2023 04:00 WIB

Brilio.net - Seiring bertambahnya umur, proses penuaan akan dialami oleh semua orang. Dalam konteks kecantikan, fase yang disebut penuaan ini pada dasarnya akan berdampak pada perubahan kondisi dan tekstur kulit seseorang. Salah satu tanda yang acap muncul bersama dengan proses penuaan tersebut ialah munculnya keriput dan garis halus di kulit.

Kemunculan tanda penuaan pada dasarnya terjadi karena kulit kehilangan elastisitas dan kemampuan memproduksi kolagen seiring bertambahnya usia. Hal ini kemudian memicu berkurangnya kelembapan kulit dan susunan struktur kulit menjadi renggang.

Akibatnya, kulit wajah pun menjadi sulit mempertahankan kekencangan dan kekenyalannya. Walhasil, lambat laun kulit akan mengendur dan menampakkan kerutan seperti keriput dan garis halus tersebut.

Tapi tahu nggak sih, kalau tanda-tanda penuaan di atas bisa muncul bahkan ketika masih muda sekalipun? Ya, salah satu faktor yang paling berpengaruh terhadap masalah ini ialah sinar matahari.

Hal ini dikarenakan sinar ultraviolet dari matahari membawa efek buruk yang dapat merusak serat kolagen dan elastin yang mempertahankan struktur kulit. Dalam prosesnya, hal ini jelas akan mengganggu fungsi normal kulit sehingga berakhir mempercepat penuaan.

Tak banyak yang menyadari bahwa, alam telah menyediakan banyak sumber alami yang bisa kamu manfaatkan sebagai cara alternatif memudarkan tanda-tanda penuaan lho. Salah satunya seperti menggunakan campuran air beras, aloe vera, dan lemon sebagaimana ditunjukkan oleh @beautifulyouforever di Instagram, dilansir briliobeauty.net pada Senin (6/11).

foto: freepik.com

Air beras mengandung berbagai zat yang memiliki peran penting bagi kesehatan kulit, seperti vitamin B, vitamin E, asam amino, dan mineral. Vitamin B membantu menjaga kelembaban kulit dan merangsang regenerasi sel kulit. Di sisi lain, vitamin E bertindak sebagai pelindung kulit terhadap bahaya radikal bebas.

Asam amino berperan dalam memperbaiki dan menguatkan jaringan kulit, sementara mineral membantu menjaga keseimbangan pH kulit. Gabungan semua komponen ini menjadikan air beras sebagai solusi efektif untuk memberikan kelembapan kulit dan mengurangi tanda-tanda penuaan.

foto: freepik.com

Aloe vera, sementara itu, terkenal karena kemampuannya sebagai pelembap alami. Gel yang terkandung dalam daun aloe vera mengandung senyawa aktif yang membantu menjaga kelembapan dan elastisitas kulit. Selain itu, aloe vera juga memiliki sifat antiinflamasi dan antioksidan yang efektif melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas, sehingga mampu melawan tanda-tanda penuaan dengan baik.

foto: freepik.com

Lemon merupakan buah yang kaya akan vitamin C dan antioksidan. Vitamin C memiliki peran penting dalam produksi kolagen, protein yang memberikan kekuatan dan elastisitas pada kulit.

Dengan meningkatkan produksi kolagen, ekstrak lemon membantu memberi kelembapan sekaligus menghaluskan tekstur kulit. Antioksidan dalam lemon juga membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas dan merangsang proses regenerasi kulit.

Untuk memanfaatkan ketiga bahan di atas, kamu bisa mengikuti petunjuk berikut.

Alat dan bahan:

1. 1 sendok makan gel aloe vera
2. 1/2 potong buah lemon
3. 2 sendok makan air cucian beras
4. Wadah kecil

Langkah pengerjaan:

foto: Instagram/@beautifulyouforever

1. Masukkan 1 sendok makan gel aloe vera dalam sebuah wadah kecil.
2. Peraslah ekstrak dari 1/2 potong buah lemon, dan campurkan bersama aloe vera tadi.
3. Cucilah 1-2 sendok makan beras sebanyak 2 kali, lalu diamkan beberapa saat untuk yang ketiga kalinya.
4. Gunakan air beras tersebut sebanyak 2 sendok, dan tambahkan dalam wadah sebelumnya.
5. Aduk seluruh bahan di atas hingga tercampur rata.
6. Oleskan sebagai pelembap ke wajah dan leher secara merata, lalu usap hingga menyerap sempurna.
7. Gunakan secara rutin untuk mendapatkan hasil terbaik.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by (@beautifulyouforever)

(brl/lea)