Tak hanya ampas kopi, ini trik kurangi keriput dan garis halus akibat penuaan pakai 1 bahan kue

24 November 2023 11:10 WIB

Brilio.net - Tubuh manusia sejatinya terus mengalami pertumbuhan, termasuk pada bagian kulit. Namun pada tahap tertentu, proses tumbuh kembang ini akan berhenti dan mulai masuk ke proses penurunan fungsi organ tubuh. Hal itu juga berdampak pada perubahan struktur kulit. Nah, fase inilah yang sering disebut banyak orang sebagai fase penuaan.

Salah satu tanda-tanda kulit telah mengalami penuaan adalah munculnya keriput serta garis-garis halus pada area wajah. Munculnya tanda penuaan diakibatkan karena hilangnya kemampuan kulit dalam memproduksi kolagen dan elastin, seiring bertambahnya usia. Akibatnya, struktur kulit lama-kelamaan melemah, menjadi kendur, dan timbul kerutan.

Selain itu, sering dan terlalu lama terkena paparan sinar matahari bisa membuat kulit jadi keriput lebih cepat. Sinar matahari membuat cairan yang menjaga kelembapan kulit dan kolagen menguap. Karena itu pula kulit jadi cepat kering.

Namun begitu, tidak perlu khawatir. Karena kamu dapat mengatasi masalah ini dengan bahan alami sebagai alternatifnya. Salah satu cara yang dapat kamu coba adalah dengan mencampurkan bubuk cokelat dengan ampas kopi dan minyak kelapa, sebagaimana yang diunggah oleh @_beauty__hackss di Instagram, dilansir oleh briliobeauty.net pada Kamis (23/11).

foto: freepik.com

Bubuk cokelat mengandung senyawa antioksidan seperti flavonoid dan polifenol yang dapat melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas serta paparan sinar matahari. Bubuk cokelat juga mengandung teobromin, senyawa yang dapat membantu meremajakan kulit. Selain itu, kandungan magnesium dalam cokelat dapat memperbaiki tekstur dan mempercepat proses perbaikan kulit. Dengan begitu, kerutan pun akan memudar.

foto: freepik.com

Sedangkan bubuk kopi mengandung antioksidan, seperti asam klorogenat, yang membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas. Antioksidan ini juga dapat merangsang produksi kolagen, protein yang membantu menjaga elastisitas dan kekencangan kulit. Selain itu, bubuk kopi juga memiliki sifat eksfoliasi alami yang dapat membantu mengangkat sel-sel kulit mati dan merangsang regenerasi sel baru.

foto: freepik.com

Nah, kalau minyak kelapa memiliki beragam kandungan asam lemak, nih. Di antaranya ada asam laurat, asam kaprilat, dan asam kaprat sebagai antioksidan yang dapat mengurangi efek buruk radikal bebas di kulit. Selain itu, minyak kelapa juga mengandung vitamin E, K, dan mineral esensial seperti zat besi. Kandungan tersebut dapat menghidrasi kulit supaya lembap, kenyal, dan kian elastis.

Ketiga bahan di atas bisa kamu manfaatkan dengan cara sebagai berikut.

Alat dan bahan:

1. 2 sendok makan ampas kopi
2. 1 sendok makan bubuk cokelat
3. 2 sendok makan minyak kelapa
4. Wadah kecil

Langkah pengerjaan:

foto: Instagram/@_beauty__hackss

1. Masukkan 2 sendok makan ampas kopi dalam sebuah wadah.
2. Tambahkan 1 sendok makan bubuk cokelat setelahnya.
3. Tuangkan 2 sendok makan minyak kelapa setelahnya.
4. Aduk seluruh bahan hingga konsistensinya menjadi lembut dan tercampur rata.
5. Aplikasikan racikan ini ke seluruh wajah sembari diusap lembut dengan gerakan melingkar.
6. Diamkan selama 20-25 menit sebelum dibilas dengan air hingga bersih.
7. Lakukan secara rutin untuk mendapatkan hasil terbaik.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Beauty hacks (@_beauty__hackss)

(brl/lut)