Tak hanya kunyit dan kopi, ini trik cerahkan siku yang menghitam pakai 1 jenis pembersih gigi

7 Agustus 2023 14:10 WIB

Brilio.net - Sebagian orang pastinya memiliki sisi anggota tubuh yang gelap, seperti leher, lutut, dan siku. Kondisi ini sangat wajar dan umum terjadi pada setiap orang. Walaupun begitu, siku yang menghitam ini cukup mengganggu penampilan. Terlebih lagi, jika kamu mengenakan pakaian dengan lengan pendek.

Siku yang menghitam ini bisa terjadi karena beberapa hal. Penyebab utamanya terletak pada zat melanin dalam kulit yang semakin bertambah. Melanin ini merupakan zat yang bertanggung jawab untuk memberikan warna pada kulit.

Namun selain faktor tersebut, terdapat pengaruh lain yang menyebabkan perubahan warna pada siku. Salah satunya adalah terjadinya gesekan pada permukaan kulit tangan dengan benda kasar atau pakaian. Kondisi ini bisa menyebabkan kulit menjadi iritasi dan mengalami pengelupasan yang pada akhirnya membuat kulit berubah warna.

Kurangnya kelembapan pada area siku juga dapat mempengaruhi perubahan warna. Bukan tanpa sebab, kulit siku tangan ini cenderung lebih kering karena mempunyai kelenjar minyak sedikit, jika dibandingkan dengan bagian tubuh lainnya. Akibatnya, bagian tubuh ini bisa dengan mudah mengalami penggelapan.

Untuk mencerahkan bagian siku, banyak orang yang menggunakan bahan alami seperti kunyit dan kopi. Bahan rempah, seperti kunyit mengandung senyawa berupa kurkumin yang dapat mencerahkan dan mengurangi produksi melanin dalam kulit. Tidak hanya itu, sifat antiinflamasi dalam bahan masakan ini juga bisa menjadi pelembap alami dan mengatasi peradangan karena iritasi.

Sementara itu, kopi bubuk berperan sebagai eksfoliasi alami yang berguna mengangkat sel-sel kulit mati. Adanya kandungan antioksidan di dalam bahan minuman ini mampu melawan radikal bebas dan mengatasi kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari.

Namun selain menggunakan kedua bahan tersebut, kamu bisa memakai pembersih mulut yaitu pasta gigi. Pembersih mulut ini mengandung bahan-bahan seperti baking soda, hydrogen peroxide, dan fluoride, yang dapat membantu mengangkat noda dan mengurangi pigmentasi pada kulit. Sementara itu, sifat abrasif ringan dalam pasta gigi dapat berfungsi sebagai eksfolian yang bisa mengangkat sel-sel kulit mati.

Bahan tambahan berupa garam dan lemon sama-sama bisa mengangkat sel-sel kulit mati. Garam memiliki sifat antimikroba yang bisa mencegah infeksi. Sementara lemon mengandung asam sitrat yang mampu memutihkan kulit secara alami. Namun sebelum menggunakan bahan-bahan tersebut, alangkah baiknya melakukan tes terlebih dahulu pada bagian kulit lain. Hal ini dilakukan agar kulit tidak mengalami iritasi.

Lantas bagaimana cara menggunakan bahan-bahan tersebut untuk mencerahkan siku yang menghitam? Berikut ini tutorial yang dibagikan oleh pengguna YouTube naturalrecipesforyout seperti dilansir briliobeauty.net, Senin (7/8).

Bahan-bahan:

foto: YouTube/natural recipes for you.official

1. 1 sendok teh pasta gigi
2. 1 sendok makan garam
3. 1/2 perasan jus lemon

Cara membuat:

foto: YouTube/natural recipes for you.official

1. Masukkan pasta gigi ke dalam mangkuk.
2. Tambahkan garam.
3. Campurkan dengan perasan jus lemon.
4. Aduk semua bahan hingga tercampur rata.

Cara mengaplikasikannya:

foto: YouTube/natural recipes for you.official

1. Aplikasikan pada siku yang gelap.
2. Gosok-gosok secara perlahan.
3. Diamkan kurang lebih lima menit.
4. Bilas dengan menggunakan air biasa.

(brl/jad)