Tak hanya kunyit, ini cara hilangkan bekas pigmentasi kehitaman di wajah pakai 1 topping makanan

29 November 2023 21:10 WIB

Brilio.net - Hiperpigmentasi merupakan sebutan bagi masalah kulit yang ditandai oleh penumpukan melanin di area kulit tertentu. Kondisi ini dalam prosesnya akan menyebabkan munculnya penggelapan pada area kulit, sehingga warna kulit pun menjadi belang. Jenis hiperpigmentasi pada wajah, dapat muncul dalam beberapa bentuk, umumnya dalam bentuk flek hitam atau bekas jerawat.

Flek hitam muncul akibat wajah kerap terpapar sinar matahari. Seperti yang diketahui, sinar matahari mengandung gelombang ultraviolet yang dapat merusak skin barrier pelindung sel-sel kulit. Kemudian akan memicu peningkatan produksi melanin sebagai pigmen yang memberi warna kulit. Peningkatan yang berujung penumpukan pigmen inilah yang kemudian menggelapkan warna kulit dan memunculkan bercak flek hitam.

Sementara itu, noda hitam yang diakibatkan jerawat muncul sebagai bagian dari proses penyembuhan. Bekas jerawat yang dikenal dengan istilah PIH (post-inflammatory hyperpigmentation) ini timbul sebagai respon tumbuhnya sel-sel kulit baru untuk memperbaiki kerusakan kulit akibat jerawat. Akan tetapi, proses regenerasi ini terkadang membawa pula melanin berlebih sehingga menyebabkan munculnya bekas gelap pada titik jerawat sebelumnya.

Kamu nggak perlu bingung kok untuk mengatasi masalah di atas. Pasalnya, kamu bisa banget mencoba memanfaatkan bahan-bahan alami sebagai solusi alternatif selain kebanyakan skincare komersil di luar sana.

Salah satunya adalah dengan menggunakan campuran biji wijen dengan kunyit dan madu, seperti yang ditunjukkan akun Instagram @iam_grincy, dilansir briliobeauty.net pada Rabu (29/11).

bekas pigmentasi kehitaman
freepik.com

Biji wijen merupakan biji yang kaya akan nutrisi, termasuk vitamin E dan asam lemak omega-3. Vitamin E dalam biji wijen dapat membantu meremajakan kulit dan mengurangi kerusakan akibat paparan sinar UV, sehingga membantu mengatasi noda hitam yang muncul. Selain itu, asam lemak omega-3 dapat meningkatkan regenerasi sel-sel kulit, sehingga meningkatkan tekstur kulit dan mengurangi tampilan noda hitam.

bekas pigmentasi kehitaman
freepik.com

Kunyit merupakan bumbu dapur yang dikenal memiliki sifat anti-inflamasi dan antioksidan yang kuat. Senyawa aktif dalam kunyit, seperti kurkumin, dapat membantu mengurangi peradangan pada kulit dan menghambat produksi melanin berlebih. Dengan demikian, kunyit dapat membantu mencerahkan dan meratakan warna kulit, termasuk diantaranya noda hitam akibat jerawat dan flek.

bekas pigmentasi kehitaman
freepik.com

Madu memiliki khasiat antimikroba dan anti-inflamasi yang dapat membantu mengurangi peradangan pada kulit. Selain itu, madu juga mengandung enzim dan asam alpha-hydroxy (AHA) alami yang membantu mengangkat sel-sel kulit mati dan merangsang pertumbuhan sel kulit baru. Hal ini membuat madu menjadi bahan yang efektif dalam mencerahkan kulit yang mengalami hiperpigmentasi.

Untuk menggunakan ketiga bahan di atas, kamu bisa memakai cara sebagai berikut.

Alat dan bahan:

1. 1/2 sendok teh bubuk kunyit
2. 1 sendok teh bji wijen
3. 1 sendok makan madu murni
4. Wadah kecil

Langkah pengerjaan:

bekas pigmentasi kehitaman
Instagram/@iam_grincy

1. Masukkan 1/2 sendok teh bubuk kunyit dalam sebuah wadah kecil
2. Tambahkan 1 sendok teh biji wijen
3. Tuangkan pula 1 sendok makan madu murni dalam wadah
4. Aduk semua bahan hingga tercampur rata
5. Oleskan campuran ini wajah secara merata sembari dipijat lembut
6. Diamkan selama 10-15 menit sebelum dibilas hingga bersih dari residunya
7. Gunakan secara rutin untuk mendapatkan hasil terbaik.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Grincy Gandhi (@iam_grincy)

(brl/ola)