Tak hanya madu, ini trik hilangkan jerawat meradang agar kulit tak iritasi pakai tambahan 1 rempah

2 November 2023 13:45 WIB

Brilio.net - Jerawat menjadi permasalahan umum yang dialami banyak orang. Permasalahan ini kerap dialami para remaja, pasalnya ini dampak dari fluktuasi hormon di dalam tubuh. Selain itu, jerawat juga muncul akibat penyumbatan rongga pori-pori oleh minyak, sel kulit mati, dan kotoran. Dalam prosesnya, penyumbatan ini akan memicu terjadinya pembengkakan jerawat pasca bereaksi dengan bakteri dan kuman kotor di sekitar kulit.

Tidak hanya itu, masalah jerawat juga bisa menyebabkan ketidaknyamanan, terutama jika jenis jerawatnya cukup dalam, seperti pustula, nodul, dan kista. Rasa sakit yang timbul dikarenakan kulit merespons jerawat sebagai "benda asing" dengan menghasilkan zat-zat kimia seperti prostaglandin dan leukotrien. Hal ini berujung pada peradangan kulit yang merusak lapisan skin barrier di sekitar pori-pori. Akibatnya, kerusakan pada jaringan kulit bisa menjadi lebih parah dan menyebabkan peradangan serta luka dalam.

Jika kamu tengah menghadapi permasalahan ini, memanfaatkan bahan alami menjadi solusi terbaik. Pasalnya banyak sekali bahan alami yang memiliki khasiat ampuh dalam mengatasi peradangan akibat jerawat. Salah satunya cukup menggunakan campuran rempah pala, susu, dan madu sebagaimana dilansir briliobeauty.net pada Kamis (2/11) dari Instagram @stylecrazebeauty.

hilangkan jerawat meradang
freepik.com

Nutmeg, atau pala, adalah rempah-rempah yang memiliki sifat antiinflamasi dan antimikroba. Rempah-rempah satu ini ini mengandung senyawa seperti miristicin dan elemicin yang dapat membantu mengurangi peradangan pada jerawat. Nutmeg juga memiliki kemampuan eksfoliasi alami yang membantu membersihkan pori-pori dari penumpukan kotoran dan sel-sel kulit mati, sehingga mengurangi potensi terbentuknya jerawat.

hilangkan jerawat meradang
freepik.com

Susu merupakan minuman yang kaya akan kandungan asam laktat. Asam laktat dalam susu dapat membantu meluruhkan lapisan kulit mati dan kotoran mengendap di kulit yang acap memicu iritasi serta pembentukan pada kulit. Susu juga berfungsi sebagai toner alami yang dapat menyeimbangkan kadar pH di kulit dan menutrisinya, sehingga kulit menjadi lebih sehat dan tidak mudah berjerawat.

hilangkan jerawat meradang
freepik.com

Madu adalah sumber mineral, enzim, dan antioksidan yang membantu menjaga kesehatan kulit. Kelembutan alami madu membantu mengurangi peradangan pada kulit dan mempercepat proses penyembuhan, sehingga bermanfaat dalam mengatasi rasa sakit akibat jerawat. Madu juga memiliki sifat antibakteri, membantu melawan bakteri penyebab jerawat dan menjaga kebersihan kulit secara keseluruhan.

Untuk memanfaatkan ketiga bahan di atas, kamu bisa mengikuti petunjuk di bawah ini.

Alat dan bahan:

1. 1 sendok teh bubuk pala
2. 1/3 gelas susu murni
3. 2 sendok makan madu murni
4. Wadah kecil

Langkah pengerjaan:

hilangkan jerawat meradang
Instagram/@stylecrazebeauty

1. Masukkan 1 sendok teh bubuk pala dalam wadah kecil
2. Tuangkan 1/3 gelas susu murni setelahnya
3. Tambahkan 2 sendok madu murni
4. Aduk seluruh bahan hingga tercampur rata
5. Oleskan campuran ini ke wajah yang bersih secara menyeluruh
6. Diamkan selama 15 menit, lalu bilas hingga bersih dari residu
7. Gunakan secara rutin untuk mendapatkan hasil terbaik.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Stylecrazebeauty (@stylecrazebeauty)

(brl/ola)