Tak kalah ampuh dari produk mahal, ini trik bikin minuman kolagen pengencang kulit pakai 3 jenis buah

5 Desember 2023 20:10 WIB

Brilio.net - Memiliki kulit kencang dan bebas kerutan di usia tua adalah sebuah mimpi yang tak mudah untuk didapatkan. Pasalnya saat seseorang memasuki usia 30 tahun ke atas, biasanya tanda-tanda penuaan akan mulai muncul. Tak cuma uban, kulit juga akan muncul kerutan, garis halus, hingga mengendur dan kehilangan elastisitasnya.

Selain penuaan, kulit yang kendur dan mulai mengalami kerutan juga disebabkan oleh banyak faktor lain. Seperti paparan sinar matahari yang berlebih, polusi, kurang nutrisi, membiarkan kulit kering, stres, hingga gaya hidup yang kurang sehat. Beberapa faktor tersebut dapat mengakibatkan penurunan kolagen dan elastin yang membuat regenerasi kulit terhambat. Sehingga jaringan kulit mudah rusak dan mengendur.

Untuk mengatasinya, solusi awal yang perlu kamu lakukan adalah rutin mengonsumsi minuman kolagen. Manfaat dari minuman kolagen adalah meningkatkan produksi kolagen alami kulit dan elastin, mengurangi kerutan dan garis halus, meningkatkan kelembapan, serta memperbaiki tekstur kulit.

Sudah ada banyak minuman kolagen dijual dengan berbagai kandungan dan klaimnya di pasaran. Bahkan dengan harga yang murah hingga relatif mahal. Namun ternyata kamu bisa lho membuat minuman kolagen sendiri dengan memanfaatkan bahan-bahan alami.

Seperti unggahan dari akun TikTok @asia_serbaguna pada 30 Agustus 2023, yang membagikan trik bikin minuman kolagen pengencang kulit pakai 3 jenis buah. Buah yang digunakan adalah tomat, apel, dan stroberi.

"Buat jus kolagen sendiri," katanya dalam video unggahan, yang briliobeauty.net kutip dari akun TikTok @asia_serbaguna, Selasa (5/12).

foto: freepik.com

Tomat banyak dikonsumsi karena punya manfaat untuk kesehatan dan kecantikan kulit. Terutama mencerahkan dan bikin kulit kencang serta awet muda. Ini karena kandungan likopen di dalam tomat yang ampuh mengatasi berbagai permasalahan tentang penuaan kulit. Melansir dari jurnal Annual Review of Food Science and Technology, kandungan likopen dalam tomat dipercaya dapat mencegah perubahan warna kulit, perubahan tekstur, dan garis-garis halus serta kerutan.

Apel juga banyak dipercaya memiliki manfaat untuk bikin kulit halus dan tetap kencang. Ini berkat kandungan vitamin C yang diklaim dapat merangsang pembentukan kolagen di kulit. Tak terkecuali dengan stroberi yang juga mampu merangsang pembentukan kolagen. Pasalnya buah ini memiliki kandungan vitamin C dan asam elagik yang baik untuk kesehatan kulit, terutama untuk mencegah penuaan dini.

foto: TikTok/@asia_serbaguna

Dengan ketiga bahan tersebut, kamu dapat membuat minuman kolagen yang efektif untuk mengurangi tanda-tanda penuaan kulit, seperti kerutan, garis halus, dan kulit kendur. Sebagai bonusnya, kamu juga akan mendapatkan kulit yang cerah, halus, dan glowing alami. Ini cara membuatnya.

Bahan:

1. 1 buah apel
2. 1 buah tomat
3. 3 buah stroberi
4. Air secukupnya
5. Es batu (opsional)

foto: TikTok/@asia_serbaguna

Cara membuat:

1. Cuci buah-buahan yang sudah disebutkan.
2. Potong-potong menjadi bagian yang lebih kecil.
3. Masukkan ke dalam blender lalu tambahkan air dan es batu.
4. Blender bahan-bahan tersebut sampai benar-benar halus.
5. Tuangkan pada gelas dan minuman kolagen alami siap dikonsumsi.
6. Kamu bisa mengonsumsinya setiap hari untuk mendapatkan kulit yang halus, cerah, dan tetap kencang. Selamat mencoba!

(brl/jad)