Tak kalah efektif dari krim retinol, ini trik samarkan keriput pada wajah pakai kulit 1 jenis buah

29 Januari 2024 09:00 WIB

Brilio.net - Tubuh manusia sejatinya terus mengalami pertumbuhan dan perkembangan menjadi lebih baik di saat usia muda, termasuk pada kulit. Namun, pada tahap tertentu, proses transformasi ini akan berubah menjadi proses penurunan fungsi keseluruhan organ tubuh secara bertahap, termasuk diantaranya adalah perubahan pada struktur kulit. Nah, siklus inilah yang sering disebut banyak orang sebagai fase penuaan.

Salah satu kondisi utama yang terjadi pada kulit yang mengalami proses penuaan adalah kulit yang mengendur. Hal ini disebabkan oleh kulit yang secara perlahan kehilangan kemampuan alaminya untuk mempertahankan kelembapan dan kekenyalan melalui produksi kolagen dan elastin dalam kulit. Penurunan kedua komponen ini membuat kulit lama-kelamaan sulit mempertahankan kekencangan dan elastisitasnya. Dalam prosesnya, hal ini akan berbuah menjadi kerutan pada kulit seperti munculnya keriput dan garis-garis halus.

Selain itu, akumulasi kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari dalam waktu yang lama pada akhirnya akan menyebabkan kulit mengalami keriput lebih cepat. Pasalnya, sinar matahari dapat membuat kulit kering akibat menguapnya cairan di dalam tubuh yang menjaga kelembapan kulit dan mendukung pembentukan kolagen dalam kulit. Makanya nggak mengherankan bila tanda-tanda penuaan dapat muncul bahkan di umur yang masih muda sekalipun.

Tahu nggak sih kalau kamu bisa mengatasi permasalahan di atas tanpa harus menggunakan produk retinol? Soalnya, kamu bisa mengandalkan berbagai bahan alami untuk dimanfaatkan kandungannya sebagai solusi alternatif mengatasi masalah penuaan tersebut. Salah satunya dengan memanfaatkan campuran kulit jeruk dan minyak kelapa, sebagaimana dilansir briliobeauty.net dari @v.beauty12 di Instagram pada Minggu (28/1).

foto: freepik.com

Kulit dari buah jeruk pada dasarnya memiliki banyak kandungan vitamin C (asam askorbat) dan asam sitrat. Komponen vitamin C secara aktif membantu merangsang produksi kolagen yang membantu melawan tanda-tanda penuaan kulit. Sementara itu, asam sitrat berperan dalam membantu proses eksfoliasi alami sehingga mengurangi tampilan kerutan kasar dan menghaluskan kulit dalam prosesnya. Buah jeruk juga kaya dengan sifat antioksidan yang membantu melindungi kulit dari kerusakan kulit yang diakibatkan radikal bebas dan sinar UV, 2 hal utama yang dapat mempercepat proses penuaan kulit.

foto: freepik.com

Minyak kelapa memiliki beragam kandungan asam lemak, termasuk asam laurat, asam kaprilat, dan asam kaprat sebagai antioksidan yang dapat mengurangi efek buruk radikal bebas di kulit. Selain itu, minyak kelapa juga mengandung vitamin E, K, dan mineral esensial seperti zat besi yang dapat menyediakan hidrasi alami dan menjaga kelembapan kulit sehingga dalam prosesnya akan meningkatkan elastisitas dan kekenyalan kulit pula.

Kedua bahan di atas bisa kamu gunakan dengan cara sebagai berikut.

Alat dan bahan:

1. 1 Buah jeruk segar
2. 1 Sendok makan minyak kelapa
3. Wadah/jar kecil
4. Blender
5. Alat penyaring

Langkah pengerjaan:

foto: Instagram/@v.beauty12

1. Kupaslah 1 buah jeruk segar dan pisahkan kulitnya.
2. Haluskan kulit jeruk nipis tersebut hingga membentuk bubuk menggunakan blender, lalu pisahkan dalam sebuah wadah.
3. Panaskan sedikit minyak kelapa di atas api kecil, lalu masukkan bubuk kulit jeruk tadi.
4. Biarkan selama lebih kurang 5 menit, lalu dinginkan dan saring minyaknya dalam jar kecil.
5. Aplikasikan sedikit racikan ini sebagai face oil ke area wajah yang bersih sembari dipijat lembut.
6. Biarkan menyerap sempurna, dan gunakan secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Vibha Gupta (@v.beauty12)

(brl/far)