Tak kalah efektif dari putih telur, ini cara hempas kerutan dan kulit kusam pakai 1 jenis umbi-umbian

12 Agustus 2023 12:01 WIB

Brilio.net - Kulit yang terlalu sering terpapar sinar matahari berisiko mengalami berbagai permasalahan, seperti kulit kusam, flek hitam, hingga tanda-tanda penuaan dini. Tanda penuaan dini yang kerap kali muncul adalah munculnya kerutan, garis halus, dan wajah yang mulai mengendur. Seiring bertambahnya usia, elastisitas alami kulit akan berkurang.

Tidak hanya disebabkan faktor usia, kerutan juga bisa dipicu karena kurangnya kelembapan, paparan sinar matahari yang berlebihan, serta kebiasaan merokok. Selain kerutan, masalah umum yang kerap kali menjadi keresahan banyak orang adalah kulit kusam. Kulit kusam merupakan kondisi yang bisa disebabkan oleh banyak hal, mulai dari dehidrasi, polusi udara, hingga penumpukan sel kulit mati di wajah.

Masalah ini akan membuat kondisi wajah jadi kurang bercahaya dan tak menarik. Oleh karenanya, banyak orang mencari cara untuk mengatasi kedua permasalahan wajah tersebut. Untuk memperbaiki kerusakan kulit tersebut, tidak sedikit orang yang menggunakan berbagai produk dengan kandungan kimiawi di dalamnya.

Meski terbilang cepat, namun cara tersebut berpotensi memperburuk kesehatan kulit, karena bahan kimia dapat menimbulkan efek samping. Padahal ada bahan alami yang lebih aman dan efektif apabila digunakan secara rutin. Bukan pakai putih telur, ada bahan alami lain yang bisa kamu gunakan untuk menghempas kerutan dan kulit kusam pada wajahmu.

Salah satunya seperti video yang diunggah oleh akun TikTok @maryyam32 pada 21 Juli 2023. Unggahan tersebut berisi tentang cara menghilangkan kerutan dan kulit kusam pakai satu jenis umbi-umbian. Umbi-umbian yang dimaksud adalah kentang. Selain kentang, ia juga menambahkan bahan lain yaitu susu cair, bubuk kopi, dan bubuk gelatin.

"Mask to lighten the skin and remove wrinkles and dark spots (Masker untuk mencerahkan kulit dan menghilangkan kerutan dan bintik hitam)," katanya sebagai keterangan video unggahan, seperti briliobeauty.net lansir dari akun TikTok @maryyam32, Sabtu (12/8).

Kentang mengandung protein, serat, gula, vitamin C, vitamin B6, vitamin K dan potasium yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh, termasuk kulit. Selain dikonsumsi, kentang juga bisa diolah menjadi masker wajah. Kentang mengandung enzim katekolase yang dapat mencerahkan kulit dan menyamarkan bintik hitam akibat paparan sinar matahari.

foto: freepik.com

Kentang juga mengandung vitamin C, vitamin B6, seng, potasium, dan fosfor yang berfungsi untuk meningkatkan produksi kolagen pada kulit. Sementara susu, banyak dikenal manfaatnya untuk mencerahkan dan meratakan warna kulit. Pasalnya, susu mengandung berbagai zat yang bermanfaat bagi kulit, seperti vitamin A, vitamin D, dan asam laktat.

Kandungan asam laktat pada susu juga diyakini memiliki manfaat untuk mencerahkan kulit dan menyamarkan noda hitam. Susu juga mengandung enzim, protein, mineral dan vitamin yang membantu mengurangi kerutan-kerutan dan garis halus pada kulit yang terbentuk akibat penuaan.

Kopi juga dimanfaatkan untuk mengatasi kerutan dan kulit kusam. Kopi memiliki butiran yang berfungsi sebagai scrub yang melakukan eksfoliasi dengan mengangkat sel-sel kulit mati serta membuka pori-pori yang tersumbat. Kandungan asam dalam kopi juga bisa membantu mengangkat lapisan kulit mati lebih jauh lagi seperti halnya eksfoliator kimiawi.

Dengan begitu, warna kulit jadi tampak lebih cerah dan merata. Kandungan kafein dalam kopi bubuk sangat bagus untuk membantu mengencangkan dan menghilangkan lemak dalam kulit wajah. Antioksidan di dalamnya juga dapat membantu menghambat proses penuaan. Sedangkan bubuk gelatin, merupakan protein yang diperoleh dari ekstrak bagian tubuh hewan yang mengandung kolagen, misalnya kulit, tulang, dan tulang rawan. Protein ini memiliki tekstur yang kenyal seperti jeli dan warnanya transparan.

Gelatin juga mengandung asam amino, seperti prolin, glisin, hidroksiprolin, hidroksilisin, alanin, dan asam glutamat. Semua kandungan inilah yang nantinya dapat memberikan manfaat untuk kulit. Masker gelatin dapat digunakan untuk mengencangkan kulit dan menyamarkan keriput dan kerutan pada wajah. Manfaat ini bisa diperoleh dari kandungan asam amino yang ada di dalamnya.

Hanya dengan bahan-bahan yang sudah disebutkan tersebut, kamu dapat membuat masker wajah yang memiliki beragam manfaat. Masker ini bisa kamu gunakan secara rutin untuk mendapatkan wajah yang kencang dan cerah secara alami. Ini cara membuatnya.

Bahan:

foto: TikTok/@maryyam32

1. 1 butir kentang
2. 1 sendok makan susu cair
3. 1 sendok makan penuh bubuk kopi
4. 2 sendok makan bubuk gelatin

Cara membuat:

foto: TikTok/@maryyam32

1. Cuci kentang sampai bersih
2. Parut kentang lalu saring dan ambil sarinya
3. Tambahkan susu, bubuk kopi, dan gelatin kedalam sari kentang
4. Aduk keempat bahan tersebut sampai tercampur merata
5. Aplikasikan pada wajah yang sudah bersih secara menyeluruh
6. Diamkan selama 30 menit atau sampai kering
7. Kamu bisa mengelupasnya dengan perlahan
8. Bilas menggunakan air untuk menghilangkan sisa masker yang masih menempel
9. Lanjutkan dengan penggunaan moisturizer
10. Gunakan masker ini secara rutin 2 kali seminggu untuk hasil optimal.

(brl/mal)