Tak kalah efektif dari serum pencerah, begini trik atasi wajah kusam pakai 1 jenis produk olahan susu

15 Agustus 2023 16:10 WIB

Brilio.net - Seperti yang diketahui bahwa ciri kulit yang sehat adalah terasa lembap, cerah, dan bercahaya walaupun tanpa pulasan makeup. Jika wajah kamu terlihat kusam dan tidak bercahaya, sudah saatnya kamu merawat wajahmu lebih ekstra. Wajah kusam bisa terjadi karena banyak faktor yang menghilangkan cahaya alami kulit dan membuat kulit tampak lebih tua. 

Selain itu, warna dan tekstur kulit wajah juga tampak tidak merata, kulit cenderung menggelap, serta muncul noda hitam, garis halus, dan kerutan. Mengenal penyebabnya akan mempermudah kamu menemukan cara mengatasi wajah kusam. Kulit kusam bisa disebabkan oleh berbagai hal. Mulai dari faktor usia, perawatan kulit yang salah, polusi udara, kelelahan, kurang olahraga, kurang tidur, dan pengaruh pola hidup yang tidak sehat. 

Faktor-faktor ini membuat regenerasi sel-sel kulit melambat, sehingga terjadi penumpukan sel kulit mati. Akibatnya, kulit tampak kusam, kering, dan tanda-tanda penuaan kulit terlihat jelas. Selain karena melambatnya regenerasi sel-sel kulit, dehidrasi juga dapat membuat kulit muka kusam dan berminyak. 

Kulit wajah menjadi dehidrasi saat kekurangan cairan atau kehilangan banyak cairan. Penyebabnya karena kurang asupan air atau karena skin barrier yang rusak sehingga kandungan air di kulit mudah menguap lewat pori-pori. Setelah mengetahui penyebab dari kulit wajah kusam, kamu bisa mencari tahu cara mengatasi wajah kusam dan mengembalikan cahaya alaminya. Untuk mengatasinya, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan.

Salah satunya adalah dengan memanfaatkan bahan-bahan alami. Tak perlu membeli produk skincare pasaran dengan kandungan pencerah didalamnya. Karena bahan-bahan alami jika digunakan secara rutin, hasilnya tak kalah efektif dari produk pasaran lho. 

Seperti video yang dibagikan oleh akun TikTok @zedmasry pada 2 Januari 2022. 

Unggahan tersebut berisi tentang trik atasi wajah kusam pakai 1 jenis produk olahan susu. Produk olahan susu yang dimaksud adalah yoghurt. Selain yoghurt, pemilik akun juga menambahkan bahan lain yaitu madu dan kunyit.

"3 ingredients face brightening mask (Masker pencerah wajah 3 bahan)," katanya dalam video yang briliobeauty.net lansir dari akun TikTok @zedmasry, Selasa (15/8).

foto: freepik.com

Seperti bahan bakunya, yoghurt kaya akan kalsium, fosfor, kalium, vitamin A, dan vitamin B kompleks. Jenis vitamin yang tidak terdapat secara alami pada yoghurt yakni vitamin D. Tingginya kadar air dalam yoghurt dapat membantu kamu melembapkan kembali kulit kering dan kusam. Hasilnya yaitu kulit wajah yang kenyal, elastis, dan lebih cerah. 

Hal ini juga diperkuat dengan sebuah penelitian yang dimuat dalam Journal of Cosmetic Science. Kandungan asam laktat pada yogurt dapat membantu melembapkan sekaligus membuat kulit tampak lebih segar. Kandungan vitamin B2 atau riboflavin di dalamnya juga dapat menjaga hidrasi kulit.

Begitupun dengan madu yang juga kerap digunakan sebagai masker untuk perawatan kulit wajah. Manfaatnya ini berasal dari kandungan vitamin, seperti vitamin C dan vitamin E, serta antioksidan flavonoid di dalamnya. Bagi kamu pemilik wajah kusam, kamu dianjurkan untuk menggunakan madu sebagai masker wajah. 

Adanya antibakteri pada madu juga dapat menenangkan peradangan kulit wajah dan mengangkat bakteri dan kuman dari kulit. Selain dapat mencerahkan kulit, masker madu juga dapat membantu untuk meratakan warna kulit yang tidak merata. 

Tak terkecuali dengan kunyit yang merupakan salah satu jenis rempah dengan berbagai manfaat untuk kulit. Manfaat tersebut berasal dari kandungan kurkumin yang bersifat antioksidan dan antiradang, sehingga dipercaya dapat mencegah dan bahkan mengobati berbagai masalah kulit wajah. 

Penggunaan masker kunyit secara rutin bisa membuat kulit wajah tampak lebih cerah. Hal ini karena kandungan antioksidan dalam kunyit mampu melawan radikal bebas sebagai salah satu penyebab kulit kusam. Kandungan kurkumin dalam kunyit juga dianggap mampu mengurangi efek buruk dari sinar matahari melalui sifat antiradang dan antioksidan.

Dengan ketiga bahan tersebut kamu dapat membuat masker wajah yang apabila digunakan secara rutin, akan membuat wajahmu cerah dan awet muda. Yuk, simak cara membuatnya:

foto: TikTok/@zedmasry

Bahan:

1. 1 sendok makan plain yoghurt

2. 1/2 sendok makan madu

3. 1 sendok teh bubuk kunyit

foto: TikTok/@zedmasry

Cara membuat:

1. Tuangkan bahan-bahan yang sudah disebutkan pada wadah

2. Aduk ketiganya sampai tercampur merata

3. Bersihkan wajah terlebih dahulu dari kotoran dan sisa makeup

4. Aplikasikan masker pada wajah secara menyeluruh

5. Diamkan selama 20-30 menit lalu bilas menggunakan air sampai bersih

6. Lanjutkan dengan penggunaan moisturizer andalanmu

7. Gunakan masker ini secara rutin 2-3 kali seminggu untuk mendapatkan wajah yang cerah merata.

(brl/pep)