Tak lagi pakai pasta gigi whitening, dokter ini bagikan cara memutihkan gigi cuma pakai 1 jenis minyak

23 / 06 / 2024 06:00 WIB

Brilio.net - Senyuman yang indah dan menawan membuat seseorang lebih menarik perhatian saat sedang bertegur sapa atau berkomunikasi dengan lawan bicara. Nah, salah satu kunci punya senyum manis adalah tampilan gigi putih dan bersih.

Meskipun senyum dengan gigi putih sangat diidamkan. Nyatanya tak semua orang punya tampilan gigi putih, justru sebagian besar dari mereka mengalami perubahan warna menjadi kuning atau kecokelatan. Hal ini bisa terjadi karena kebiasaan merawat gigi yang tak maksimal.

Penyebab gigi kuning tak cuma kurangnya kebersihan saja, namun ada faktor lain di belakang nya. Salah satunya adalah selalu rutin mengonsumsi makanan dan minuman yang memiliki warna pekat, misalnya kopi, teh, dan kecap asin.

Faktor lainnya datang dari kebiasan buruk seperti halnya merokok. Perlu kamu ketahui rokok punya kandungan nikotin pada tembakau. Nah, penggunaan tembakau yang cukup lama membuat nikotin masuk ke dalam pori-pori. Setelah terpapar dengan oksigen, nikotin secara perlahan mengalami perubahan warna dan membuat gigi jadi kuning.

Agar gigi tak berubah warna, biasanya banyak orang yang mengandalkan pasta gigi whitening. Namun tahukah kamu? Pasta gigi whitening ini punya kandungan detergen yaitu sodium chloride sulfate.

Kandungan tersebut memang tak bahaya bagi tubuh. Namun saat digunakan, pasta gigi whitening ini menimbulkan busa. Efeknya membuat rongga mulut jadi kering.

Menurut dr. Fuji seorang medical doctor dan hypnotherapist dikutip dari akun TikTok @dr.fuji.hypnotherapy, ia menjelaskan rongga mulut yang kering membuat bakteri berkembang lebih banyak. Hal tersebut yang membuat nafas kamu jadi bau.

Karena hal tersebut, dr Fuji diketahui tidak memakai produk tersebu. Mulai sejak itu, area rongga mulut jadi lebih lembap.

foto: TikTok/tukangservis_hati

Sementara itu, lewat unggahan video yang berdurasi beberapa menit dr. Fuji membagikan cara membersihkan mulut tanpa pasta gigi. Ia diketahui hanya mengandalkan minyak kelapa murni yang digunakan pada pagi hari.

"Minyak kelapa yang diproses secara cold press, ia nggak kena panas. Jadi dia diekstrak nggak panas dan menghasilkan minyak murni. Ini kaya akan lauric acid dan sifatnya tanpa bikin mulut kering," ujarnya.

foto: TikTok/tukangservis_hati

Cara menggunakannya cukup mudah, sebagai berikut:

1. Siapkan minyak kelapa murni dan sendok
2. Tuangkan pada sendok secukupnya
3. Masukkan ke dalam sendok dan kumur selama 5 hingga 10 menit4. Buang air kumuran
5. Bersihkan lidah menggunakan sikat khusus. Dengan menggunakan sikat pembersih lidah, semua kotoran yang menempel bisa dibersihkan
6. Kumur lagi menggunakan air
7. Ambil sikat gigi yang sudah dibasahi dengan air
8. Taburkan baking soda pada sikat gigi
9. Gunakan untuk sikat gigi dengan cara yang benar
10. Kumur-kumur lagi dengan mouthwash alami,

Cara membuat mouthwash alami

1. Siapkan air putih
2. Tambahkan minyak esensial lemon 3 tetes, mint 3 tetes, dan tea tree oil sebanyak dua tetes
3. Tuangkan ke dalam air dan aduk.

Sebagai informasi tambahan, minyak kelapa ini bisa kamu gunakan pada malam hari untuk melembapkan bibir. Caranya cukup dioleskan secukupnya dan diamkan saja sampai pagi hari.

"Maka dia (bibir) jadi glossy. Jadi bibirnya tambah sehat dan ini enak dan nggak lengket sama sekali. Juga bisa dipakai pada anak kecil karena kemakan pun bukan racun. Jadi lakuin tiap hari dan satu tahun sekali ke dokter gigi buat scalling," ujar dr.Fuji.