Tak pakai acne patch, YouTuber ini atasi kulit berjerawat gunakan madu dicampur 1 bahan rempah

24 / 05 / 2024 17:45 WIB

Brilio.net - Bagi sebagian orang, munculnya jerawat di wajah menjadi hal biasa. Namun tidak untuk beberapa orang lainnya. Mereka khawatir dan gelisah ketika jerawat muncul ke permukaan kulit wajahnya. Menurut sebagian orang, wajah berjerawat dapat mengganggu penampilan. Terlebih jika jerawat tersebut muncul dengan warna merah meradang dan menimbulkan rasa nyeri. Belum lagi bekasnya yang sulit dihilangkan.

Selepas dari rasa tidak nyaman, munculnya jerawat disebabkan oleh kelenjar sebaceous yang menghasilkan minyak alami (sebum). Sebum memang berfungsi untuk menjaga kelembapan kulit. Namun, produksi sebum berlebihan dapat menyebabkan pori-pori tersumbat.

Tak hanya oleh minyak, sel-sel kulit mati dan kotoran juga membuat pori-pori tersumbat. Ketika pori-pori tersumbat, bakteri Propionibacterium acnes (P. acnes) dapat berkembang biak sehingga menyebabkan peradangan dan pembentukan jerawat. Bakteri P. acnes merupakan bakteri yang secara alami hidup di kulit. Bakteri ini berkembang biak dengan cepat, sehingga menyebabkan peradangan yang berujung pada pembentukan jerawat.

Agar jerawat tidak semakin parah, banyak orang yang menggunakan acne patch. Produk kecantikan ini mampu menyerap cairan seperti nanah dan minyak berlebih saat jerawat meradang. Walaupun acne patch ini punya beberapa manfaat, penggunaan produk kecantikan ini bisa menyebabkan iritasi, terlebih lagi bagi pemilik kulit sensitif.

Sebagai gantinya kamu bisa merawat wajah berjerawat pakai bahan topikal, seperti madu yang dikombinasi kayu manis dan bubuk kunyit. Ketiga bahan alami tersebut punya manfaatnya masing-masing untuk atasi wajah berjerawat.

Madu memiliki sifat antibakteri alami yang membantu melawan bakteri penyebab jerawat, seperti Propionibacterium acnes (P. acnes). Madu dapat mengurangi peradangan dan kemerahan yang disebabkan oleh jerawat. Madu adalah humektan alami, yang berarti membantu menjaga kelembapan kulit tanpa membuatnya berminyak. Madu dapat membantu mempercepat penyembuhan luka dan memperbaiki kulit yang rusak akibat jerawat.

Kayu manis merupakan salah satu jenis rempah yang memiliki sifat antimikroba. Kandungan antimikroba membantu melawan bakteri dan mikroba penyebab jerawat. Selain itu, kayu manis juga dapat mengurangi peradangan dan pembengkakan pada kulit yang berjerawat. Kayu manis dipercaya meningkatkan sirkulasi darah ke kulit, sehingga membantu proses penyembuhan dan regenerasi.

Kemudian bahan lainnya seperti kunyit memiliki sifat antibakteri dan antiseptik yang membantu melawan bakteri penyebab jerawat. Melansir dari healthline.com, Jumat (24/5) kurkumin dalam kunyit memiliki sifat antiinflamasi yang kuat, sehingga dapat mengurangi kemerahan dan peradangan. Tak hanya itu, kunyit diklaim mengurangi bekas jerawat dan hiperpigmentasi. Oleh karena itu, bisa membuat wajah tampak cerah. Kandungan lainnya yaitu antioksidan mampu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas.

Manfaat kunyit untuk cegah penuaan pada wajah.

Kunyit memang dikenal sebagai bahan rempah yang punya manfaat bagi kecantikan wajah. Tak hanya digunakan atasi jerawat saja, kunyit juga mampu mencegah penuaan. Pasalnya, kunyit punya kandungan antioksidan yang melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas penyebab penuaan dini. Penggunaan kunyit dapat membantu mengurangi munculnya garis halus dan kerutan.

Itulah manfaat yang perlu kamu ketahui dari masing-masing bahan. Lantas bagaimana cara membuat masker alami untuk atasi jerawat? Bagi kamu yang ingin mencoba masker ini yuk simak langkah-langkah di bawah, sebagaimana briliobeauty.net himpun dari kanal YouTube @selfglowiegurl, Jumat (24/5).

Bahan:

cara atasi kulit wajah berjerawat.
YouTube/@selfglowiegurl

- 1 sendok makan madu
- 1 sendok makan kayu manis
- 1 sendok teh bubuk kunyit.

Cara membuat:

cara atasi kulit wajah berjerawat.
YouTube/@selfglowiegurl

1. Tuangkan madu ke dalam wadah bersih
2. Tambahkan bubuk kayu manis
3. Campurkan bubuk kunyit
4. Aduk semua bahan hingga tercampur rata
5. Masker siap digunakan.

Cara menggunakan:

cara atasi kulit wajah berjerawat.
YouTube/@selfglowiegurl

1. Bersihkan wajah terlebih dahulu
2. Oleskan masker pada wajah secara merata
3. Tunggu selama 15 hingga 20 menit
4. Bersihkan masker menggunakan air biasa dan face wash
5. Ulangi penggunaan masker dua hingga tiga kali dalam seminggu agar jerawat hilang.