Tak pakai obat kumur, ini cara hilangkan bau mulut ala rekomendasi dokter cuma pakai 1 alat dapur

13 / 05 / 2024 15:45 WIB

Brilio.net - Bau mulut tak sedap sering menyebabkan seseorang merasa tidak percaya diri. Pasalnya bau mulut yang kamu sebarkan ini bisa mengganggu kenyaman orang lain. Bagi sebagian orang mungkin bisa menahan aroma bau mulut yang tak sedap. Namun bagi mereka yang tak tahan bisa, langsung menutupi hidung ataupun enggan untuk berkomunikasi secara langsung.

Kondisi seperti ini pastinya membuat kamu tak nyaman bukan? Agar bau mulut ini tak bersarang lama, kamu harus segera mengatasinya. Namun sebelum menghilangkan bau mulut, kamu perlu mengetahui penyebab utamanya terlebih dahulu. Hal ini penting kamu lakukan agar bau mulut ini tak kamu alami lagi.

Seperti yang kamu ketahui, mulut merupakan organ tubuh yang biasa digunakan untuk mengunyah makanan dan minuman. Makanan dan minuman yang masuk ke dalam mulut ini bisa meninggalkan aroma kuat, terlebih lagi jika kamu mengonsumsi bawang putih dan merah, serta kopi.

Tak hanya aroma, sisa-sisa makanan juga bisa tertinggal dan menempel pada permukaan mulut, lidah, dan gigi. Kondisi tersebut jika tidak dibersihkan secara rutin bisa meningkatkan pertumbuhan bakteri yang membuat bau mulut.

Selain disebabkan oleh sisa makanan dan minuman, bau mulut juga disebabkan oleh gigi berlubang dan karang. Selain itu, terjadinya pendarahan pada gusi saat menggosok gigi juga bisa membuat nafas tak segar.

foto: YouTube/Doktergigichannel

Untuk menghilangkan bau mulut biasanya banyak orang yang mengandalkan teknik kumur, baik menggunakan produk ataupun bahan alami. Pada teknik yang dibagikan seorang dokter di kanal YouTube Doktergigichannel tidak menggunakan teknik kumur, ia hanya memanfaatkan satu alat dapur yaitu sendok makan.

"Sendok makan ini digunakan untuk individu saja, jangan dipakai orang lain. Dan jangan digunakan untuk alat makanan lagi," ujar Doktergigichannel.

Nah, sendok makan yang berbahan stainless ini digunakan untuk membersihkan sisa makanan yang tertinggal pada lidah. Gunakan cara ini setelah menggosok gigi. Nah, caranya cukup mudah, antara lain:

foto: YouTube/Doktergigichannel

- Siapkan satu sendok makan bersih
- Julurkan lidah
- Masukkan sendok dan bersihkan dengan tarik ke arah luar
- Hindari menekan sendok terlalu keras agar lidah tidak sakit
- Lakukan trik ini setiap saat agar bau mulut hempas
- Jika saat proses pembersihan lidah keluar darah, jangan dilanjutkan dan segera periksakan ke klinik.