Tak pakai petroleum jelly, ini cara haluskan tangan dan tumit kasar pakai 1 jenis produk bayi

20 Desember 2023 14:10 WIB

Brilio.net - Tak hanya wajah, kesehatan dan kecantikan tangan serta kaki juga perlu diperhatikan. Pasalnya, tangan dan kaki terutama tumit rentan mengalami kulit kering dan kasar. Bukan tanpa alasan, anggota tubuh ini kerap kali digunakan untuk beraktivitas, jadi lebih sering bersentuhan dengan barang atau bahan yang mudah mengiritasi kulit.

Kulit tangan yang kering dan kasar umumnya disebabkan oleh beberapa faktor. Di antaranya adalah karena sering terpapar panas, misalnya saat memasak atau melakukan pekerjaan lain. Cuaca dingin juga bisa membuat tangan jadi kering. Jika terus dibiarkan, kulit tangan juga bisa kapalan dan berakibat pada kulitnya yang mengelupas.

Sementara tumit kaki juga rentan kasar dan berdampak pada retak-retak. Kondisi ini dapat disebabkan oleh berbagai hal, seperti penggunaan sepatu yang kurang pas, jarang menggunakan alas kaki, cuaca, hingga tidak melakukan eksfoliasi. Jika terus dibiarkan dan retakannya semakin membesar, akan rentan berdarah dan terasa menyakitkan saat berjalan. Lebih parahnya kamu bisa mengalami infeksi pada kaki.

Untuk mengatasi kedua permasalahan kulit tersebut, kamu bisa melakukan berbagai cara. Salah satunya adalah memanfaatkan bahan-bahan alami untuk melembapkan dan menghidrasi tangan dan tumit kasar. Tak pakai petroleum jelly, karena pemilik akun TikTok @aribasfoodmood pada 23 September 2022, justru memakai 1 jenis produk bayi. Produk bayi yang dimaksud adalah baby oil. Ia juga menambahkan bahan lain yaitu aloe vera gel.

"Soft Hands & Feet (Tangan & Kaki Lembut)," tulisnya dalam keterangan video, yang briliobeauty.net lansir dari akun TikTok @aribasfoodmood, Rabu (20/12).

foto: freepik.com

Baby oil adalah produk bayi yang biasanya digunakan untuk melembutkan dan melembapkan kulit bayi. Meski begitu, baby oil ternyata juga bisa digunakan untuk perawatan kulit orang dewasa lho. Dilansir dari Women’s Health, bagi orang dewasa, baby oil banyak digunakan sebagai pelembap untuk kulit tubuh. Pasalnya produk bayi ini terbuat dari minyak mineral yang dapat memberikan kelembapan dan mengatasi kulit kering. Tak terkecuali melembutkan tangan dan tumit kasar.

Sementara aloe vera gel umum digunakan sebagai bahan pelembap alami untuk mengatasi kulit kering, kasar, dan mengelupas. Ini berkat kandungan zat polisakarida dan sterol yang dapat membantu mempertahankan kelembapan kulit. Antioksidan dan vitamin E di dalamnya juga efektif melembutkan kulit yang kasar dan retak-retak.

foto: TikTok/@aribasfoodmood

Cukup dengan dua bahan tersebut kamu bisa membuat pelembap alami yang efektif untuk mengatasi tangan dan tumit kasar. Yuk, simak cara membuat dan menggunakannya.

Bahan:

1. 1 Sendok makan aloe vera gel
2. 2 Sendok makan baby oil

foto: TikTok/@aribasfoodmood

Cara membuat dan menggunakan:

1. Tuangkan bahan-bahan pada wadah
2. Aduk keduanya sampai tercampur merata dan teksturnya seperti pasta
3. Cuci tangan dan kaki terlebih dahulu dan pastikan bersih dari kotoran
4. Aplikasikan pelembap pada area telapak tangan dan tumit yang kasar secara menyeluruh
5. Pijat-pijat agar lebih meresap
6. Gunakan secara rutin setiap hari sebelum tidur untuk mendapatkan kulit tangan dan tumit yang halus dan kenyal bak kulit bayi.

(brl/far)