Tak pakai petroleum jelly, ini trik melembapkan kulit kering di wajah pakai 1 jenis tanaman

1 November 2023 17:10 WIB

Brilio.net - Kulit kering merupakan kondisi dimana kulit kehilangan kelembapan alaminya dan memberikan tampilan kasar dan bersisik. Masalah satu ini umum terjadi dan bisa dialami oleh siapapun. Ada beberapa faktor yang menyebabkan kulit kering. Namun yang paling sering terjadi karena cuaca di sekitar yang terlalu dingin. Udara dingin dan angin kencang bisa menghilangkan kelembapan alami pada kulit sehingga menyebabkan kering dan pecah-pecah.

Kondisi ini menjadi semakin parah, jika kulit terkena paparan sinar matahari tanpa perlindungan. Adanya sinar UV pada matahari ini mampu merusak lapisan perlindungan pada kulit. Hal ini juga memberikan dampak berupa produksi melanin yang semakin meningkat. Tak hanya menyebabkan kulit kering, namun wajah tampak kusam.

Agar kulit kembali lembap dan halus, kamu bisa mengatasinya dengan menggunakan produk skincare, seperti sunscreen. Produk skincare ini berguna untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari dan radikal bebas. Tak cuma itu, kamu juga bisa melembapkan kulit dengan menggunakan krim yang terbuat dari bahan alami.

Sama seperti yang dilakukan pengguna YouTube sahiba makeover, dia memanfaatkan gel lidah buaya sebagai bahan utamanya. Gel lidah buaya merupakan pelembap alami yang membantu menjaga kulit wajah tetap lembap. Sementara itu, sifat antiinflamasi di dalam bahan ini membantu meredakan peradangan akibat kulit kering.

Tak jauh berbeda dengan lidah buaya, kapsul vitamin E juga mampu melembapkan. Kapsul vitamin E ini juga bisa mengatasi radikal bebas dan paparan sinar matahari. Vitamin E juga mampu mencegah penuaan dini dan kerusakan kulit.

Bahan tambahan yakni minyak almond mengandung vitamin A, dan D. Kandungan itu membantu meningkatkan kesehatan, menghaluskan, dan mencegah tanda penuaan.

Lantas bagaimana cara membuat krim dari bahan-bahan di atas? Nah, bagi kamu yang ingin coba membuat, bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini.

Bahan-bahan:

trik melembapkan kulit kering
YouTube/sahiba makeover

1. 2 sendok makan gel lidah buaya
2. 6 buah kapsul vitamin E
3. 3 hingga 4 sendok teh minyak almond.

Cara membuat:

trik melembapkan kulit kering
YouTube/sahiba makeover

1. Masukkan lidah buaya ke dalam mangkuk bersih
2. Campurkan dengan vitamin E
3. Tuangkan almond oil
4. Aduk-aduk semua bahan hingga tercampur rata dan memiliki tekstur krim
5. Aplikasikan pada wajah.

Cara menggunakan:

trik melembapkan kulit kering
YouTube/sahibamakeover

1. Bersihkan wajah dan leher terlebih dahulu
2. Oleskan krim tersebut hingga merata
3. Diamkan selama satu malam
4. Bilas krim di pagi harinya menggunakan face wash.

(brl/ola)