Tak pakai wortel, wanita ini bagikan cara bikin kolagen di rumah agar awet muda pakai 2 jenis buah

14 / 05 / 2024 08:27 WIB

Brilio.net - Setiap orang, terutama wanita pastinya ingin punya wajah awet muda yang tak menua seiring bertambahnya usia. Berbagai treatment kecantikan dilakukan demi mendapatkan kecantikan kulit yang diinginkan. Sayangnya, penuaan yang terjadi saat usia semakin bertambah menjadi penghalang bagi sejumlah orang.

Penuaan ini tidak luput dari kolagen dalam tubuh, yang mulai menurun dan menyebabkan kulit kehilangan kekenyalan, serta keremajannya secara alami. Biasanya kondisi ini dicegah dengan menggunakan berbagai cara, salah satunya mengonsumsi minuman kolagen.

Kolagen merupakan protein struktural utama yang terdapat dalam tubuh untuk memberikan kekuatan, kekenyalan, struktur pada kulit, tulang, tendon, dan jaringan ikat. Namun hal itu hanya bersifat sementara, karena produksi kolagen dalam tubuh cenderung menurun seiring dengan bertambahnya usia seseorang. Hal tersebut bisa menyebabkan kulit kehilangan kelembapan dan kekenyalannya, sehingga membuat wajah tampak tua.

Untuk meningkatkan kembali produksi kolagen, kamu bisa memulihkannya dengan mengonsumsi minuman yang berasal dari bahan-bahan alami. Biasanya minuman kolagen ini terbuat dari sayuran dan buah-buahan, seperti yang ada dalam video yang dibagikan oleh pengguna YouTube vanitarattan. Dalam video yang berdurasi beberapa menit itu, wanita tersebut menggunakan dua macam buah yaitu strawberry dan blueberry. Kedua buah tersebut kemudian dikombinasikan dengan yoghurt dan air kelapa.

Strawberry dan blueberry merupakan sumber vitamin C yang baik. Vitamin C penting dalam produksi kolagen, karena kofaktor dalam pembentukan kolagen. Kolagen memerlukan vitamin C untuk sintesisnya, sehingga asupan yang cukup dari vitamin ini dapat membantu mempertahankan dan meningkatkan produksi kolagen dalam tubuh.

Kedua buah ini juga kaya antioksidan, seperti flavonoid dan anthocyanin yang membantu melawan radikal bebas. Radikal bebas dapat merusak kolagen dalam kulit, sehingga konsumsi makanan yang kaya akan antioksidan, dapat membantu melindungi kolagen dan menjaga kekenyalan kulit.

Kulit jadi tampak halus dan awet muda dengan yoghurt.

Yoghurt mengandung protein yang termasuk bahan dasar dari kolagen. Yoghurt mengandung sejumlah vitamin dan mineral penting, termasuk vitamin B kompleks, vitamin D, kalsium, dan zinc. Vitamin dan mineral ini berperan dalam menjaga kesehatan kulit dan mempercepat proses regenerasi sel, yang dapat mendukung produksi kolagen yang optimal.

Yoghurt mengandung asam laktat, yang membantu eksfoliasi kulit secara lembut dan merangsang pertumbuhan sel-sel kulit baru. Kandungan asam laktat ini dapat meningkatkan elastisitas kulit, dan memberikan tampilan yang lebih muda dan bercahaya.

Lantas bagaimana cara membuat minuman kolagen dari bahan-bahan tersebut? Bagi kamu yang penasaran, yuk simak informasi di bawah ini, seperti dilansir briliobeauty.net dari YouTube/vanitarattan pada Sabtu (18/11).

Bahan-bahan:

foto: YouTube/vanitarattan

1. 3 hingga 4 buah strawberry
2. 2 sendok makan yoghurt
3. Air kelapa
4. 5 buah blueberry.

Cara membuat:

foto: YouTube/vanitarattan

1. Cuci bersih buah strawberry dan blueberry.
2. Masukkan ke dalam blender.
3. Tuangkan air kelapa secukupnya.
4. Campurkan dengan yogurt secukupnya.
5. Haluskan semua bahan menjadi satu.
6. Tuangkan pada gelas.
7. Minuman kolagen siap untuk dikonsumsi.